Ketahuilah Penyebab Penyakit Polio Yang Bisa Dihindari

Polio atau Poliomyelitis adalah penyakit yang menyerang sistem saraf. Penyakit ini jika sudah parah akan menyebabkan sulit bernafas, kelumpuhan, bahkan kematian. Namun sayangnya, gejala penyakit polio seringkali tidak disadari. Pasien polio biasanya baru menyadari bahwa mereka terkena polio ketika memang polio itu sudah parah.


Penyakit polio dan penyebabnya - Shutterstock

Penyakit polio dan penyebabnya – Shutterstock

Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui penyebab penyakit ini agar kita bisa mencegah diri kita dan keluarga kita dari penyakit tersebut. Karena meski pada tahun 2014 WHO telah memunculkan data bahwa Indonesia merupakan salah satu Negara yang bebas dari polio, tapi tetap saja ada orang yang terjangkit polio di Indonesia. Itu artinya, kita tidak boleh lalai dan harus tetap waspada.

Inilah Penyakit Polio dan Penyebabnya yang Perlu Anda Ketahui

Ternyata penyakit polio dan penyebabnya bisa menjangkit diri kita dan keluarga kita bahkan dari hal-hal sederhana yang kadang luput dari perhatian. Sebaiknya Anda mengetahui beberapa penyebab polio di bawah ini:

Tidak Imunisasi Vaksin Polio

Manusia yang saat kecilnya tida diberikan imunisasi khusus polio kemungkinan besar akan mudah terserang polio. Jika seorang manusia tidak diberikan vaksin, itu tandanya sistem kekebalan tubuhnya akan lebih berkurang daripada mereka yang diberikan imunisasi.

Terdapat Luka

Seseorang yang bagian mulut, tenggorokan, dan hidungnya terdapat luka, maka kemungkian untuk terinfeksi virus polionya sangatlah besar. Karena virus polio menginfeksi saluran pencernaan pada usus dan tenggorokan.

Kontak Melalui Feses

Jika makanan atau minuman yang kita konsumsi terkontaminasi dengan feses yang telah mengandung cairan virus polio, atau kita hanya berkontak dengan feses tersebut melalui udara, maka kemungkinan besar virus polio akan masuk pula ke tubuh kita.

Stress Berlebihan

Penyakit polio disebabkan oleh stress? Mungkin saja! Orang yang sedang frustasi atau stress daya tahan tubuhnya berkurang drastis. Jika daya tahan tubuh berkurang, otomatis virus polio akan cepat masuk ke tubuh kita.

Gizi Buruk

Gizi buruk dan kekurangan protein dapat memperlambat pembentukan sistem imun. Jika sistem imun lemah, antibody pun tidak terlalu banyak diproduksi. Akhirnya setelah itu tubuh pun jadi mudah terserang virus polio.

Terkena Bersin

Jika berada di dekat orang yang sedang flu, sebaiknya kita mengenakan masker atau apapun yang bisa digunakan untuk menutup hidung dan mulut kita. Karena bisa saja bersin tersebut mengandung virus polio yang akan menjangkit kesehatan kita.

Setelah mengenali penyebab penyakit polio di atas, diharapkan kesadaran kita semua akan pentingnya imunisasi semakin meningkat. Tidak hanya itu, semoga dengan membaca artikel ini pula, kita dapat bersama-sama lebih menjaga kesehatan diri kita sendiri dan juga lingkungan sekitar. Cegah polio sebelum terlambat, jagalah keluarga Anda agar selalu sehat!



Permasalahan yang ada dalam artikel :

penyebab penyakit polio;

Content Protection by DMCA.com