Kenali Tanda-Tanda Penyakit Alzheimer Sejak Dini

Sering sekali kita mendengar istilah penyakit Alzheimer. Apa sebenarnya penyakit ini? Bagaimana gejalanya? Alzheimer merupakan penyakit yang menyerang otak manusia. Otak yang terserang penyakit ini akan mengecil dan mengerut. Penyakit ini sering dihubungkan dengan penyakit dimensia atau pikun. Nama penyakit ini berasal dari nama dr. Alois Alzheimer. Dokter tersebut menemukan penyakit ini pada tahun 1906 pada jaringan otak seorang wanita yang telah meninggal akibat gangguan mental yang belum pernah ditemui sebelumnya.

Kerusakan Otak pada Penderita penyakit Alzheimer

Kerusakan Otak pada Penderita penyakit Alzheimer

Gejala Penyakit Alzheimer

Penyakit yang sejenis dengan penyakit pikun ini memiliki tanda-tanda khusus. Mengenali gejalanya di awal akan membantu melakukan pengobatan sejak dini. Adapun gejala penyakit ini adalah :

  • Gangguan daya ingat seperti sering lupa akan kejadian yang baru terjadi, menanyakan dan menceritakan hal yang sama berulang kali atau kelupaan dalam frekuensi yang tinggi.
  • Sulit fokus terhadap pekerjaan yang sudah menjadi aktivitas rutin, seperti lupa memasak, menggunakan telepon, dan bekerja dengan waktu yang lebih lama dari biasanya.
  • Sulit melakukan kegiatan yang familiar.
  • Disorientasi seperti bingung akan waktu (hari,tanggal, bulan, tahun), tidak tahu jalan pulang, bingung berada di
  • Kesulitan memahami visuospasial seperti sulit membaca, menentukan jarak, membedakan warna, dan menuang air di gelas namun tidak tepat menuangnya sehingga tumpah.
  • Gangguan berkomunikasi seperti kesulitan mencari kata-kata yang tepat saat bicara, dan seringkali berhenti di tengah pembicaraan dan tidak tahu harus melanjutkannya.
  • Menaruh barang tidak pada tempatnya.
  • Salah membuat keputusan seperti salah memakai warna kaos kaki antara kaki kanan dan kiri tidak mengenakan warna yang sama.
  • Menarik diri dari pergaulan.
  • Perubahan perilaku dan kepribadian seperti emosi berubah dengan cepat, sering marah, depresi dan sangat tergantung pada orang lain.

Penyakit alzheimer dapat dihindari dengan upaya pencegahan seperti mengkontrol kadar kolesterol dan tekanan darah, hidup sehat dengan berolah raga dan makan makanan sehat seimbang.

Perbedaan Penyakit Alzheimer dan Parkinson

Alzheimer bisa menyerang siapa saja. Namun penyakit yang satu ini sering sekali dihubungkan dengan orang tua. Umumnya penyakit ini menyerang seseorang pada usia 65 tahun ke atas. Dan menurut sebuah studi, penyakit ini akan bertambah parah di setiap usia bertambah 5 tahun. Penyakit ini tidak mematikan namun bersifat seperti mematikan karena akan menurunkan kinerja otak secara perlahan hingga akhirnya si penderita meninggal.

Penyakit ini ternyata juga mampu menyerang usia muda. Penyakit Alzheimer pada usia muda terjadi karena faktor penyebabnya yang bisa diderita semua usia, baik muda maupun tua. Jadi sebenarnya penyakit ini tidak memandang usia, apalagi hanya menyerang orang tua. Beberapa faktor penyebab alzheimer adalah tingginya kadar kolesterol dan tekanan darah dan rendahnya kadar vitamin folat. Selain  itu juga bisa dikarenakan akibat dari penyakit stroke  dan jantung.

 

Penyakit alzheimer dan parkinson adalah dua penyakit yang berbeda. Parkinson memang penyakit yang sama-sama menyerang otak. Namun Parkinson tidak menyebabkan kelupaan akut seperti pada Alzheimer. Parkinson menyebabkan gangguan fungsi gerak. Penderita penyakit parkinson akan sulit mengontrol kendali gerak otot, sehingga cenderung terus bergetar pada  satu sisi badan saat tubuh beristrahat.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

penyakit pikun -alzheimer penyakit -penyakit alzhaeimer -penyakit alzhaimer -penyakit alzheimer pada usia muda -penyakit demensia alzheimer -penyakit mudah lupa di usia muda -penyakit pikun dini -penyakit sering lupa pada usia muda -Penyakit tanda-tanda kelupaan -penyakit yg sering lupa di usia muda -penyebab penyakit alzheimer -pikun usia muda -sakit pikun -tanda orang sering lupa -tanda pikun -penyakit alzeimer di masa muda -penyakit alzaimer -pengertian Parkinson dan Alzeimer -apa pengidap alzaimer akan mati -apakah pikun bisa menyerang usia muda -arzeimer dini -cara agar tidak lupa di usia muda -ciri tanda orang pikun -demensia pada usia muda -demensia usia muda -gejala alzheimer adanya lung -gejala awal penyakit alzheimer -gejala penyakit alzheimer -gejala pikun -mudah lupa di usia 32 tahun apakah sebuah gejala penyakit -mudah lupa di usia muda -nama-nama penyakit pikun -obat panas alami untuk anak -tanda-tanda sakit Alzheimers -

Content Protection by DMCA.com