Kenali Resiko Penyakit Diabetes Melitus Dalam Diri Anda

Penyakit diabetes atau kencing manis adalah penyakit yang paling umum diderita masyarakat luas. Ada banyak penyebab penyakit diabetes melitus, mulai dari faktor keturunan hingga faktor gaya hidup. Penyebab penyakit ini juga bisa dilandaskan pada tipenya. Tiap jenis memiliki pemicu yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sebenarnya, ada tiga tipe diabetes mellitus, yakni DM tipe 1, DM tipe 2, dan diabetes gestasional. Namun, tipe 1 dan tipe 2 adalah yang paling sering terjadi, sedangkan tipe 3 hanya terjadi pada wanita hamil dan tidak semua wanita hamil mengalami masalah ini.


Gejala penyakit diabetes mellitus

Gejala penyakit diabetes mellitus (Dinkes.tabalongkab)

Penyebab Penyakit Diabetes Melitus Menurut Tipenya

Penyebab Penyakit Diabetes Melitus Type 1

Penyebab kencing manis tipe 1 adalah karena organ pankreas yang bertugas memproduksi hormon insulin tidak bekerja secara normal dan baik. Ketidakmampuan produksi tersebut akan menyebabkan kerusakan pada pankreas. Kondisi ini biasanya terjadi karena faktor genetis. Anak dari orangtua yang memiliki sejarah mengindap penyakit diabetes akan mempunyai kecenderungan untuk mengalami penyakit yang sama dengan enam kali lipat lebih beresiko dibandingkan mereka yang memiliki orangtua yang lebih sehat. Diabetes mellitus tipe 1 umumnya terjadi pada anak-anak.

Pada penderita penyakit diabetes melitus 1, faktor infeksi virus juga amat berpengaruh. Adanya virus tertentu pada pankreas akan menyebabkan produksi dari insulin menjadi terbatas dan terhambat. Bahkan produksi tersebut bisa menghilang dan berhenti sama sekali. Akibatnya, ginjal tidak akan mampu mengolah gula yang masuk ke tubuh melalui makanan.

Penyebab Penyakit Diabetes Melitus Type 2

Penyakit diabetes mellitus tipe 2 terjadi karena kebiasaan buruk atau gaya hidup penderita. Pola makan yang tidak sehat seperti terlalu banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat dan juga yang mengandung gula dapat memicu kerusakan pankreas. Diabetes tipe 2 umumnya menyerang kalangan dewasa. Pola makan yang tidak sehat, gaya hidup sedenter, dan kurang berolah raga menyebabkan penimbunan kalori secara berlebih. Orang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas beresiko lebih tinggi mengalami diabetes tipe 2.

Faktor genetik juga berpengaruh besar terhadap munculnya penyakit diabetes tipe kedua. Kolesterol, obesitas, dan hipertensi juga sering dikaitkan dengan penyakit ini. Mengendalikan kebiasaan dan pola makan adalah cara termudah untuk menghindarinya. Resiko akan lebih meningkat jika seseorang mengalami kombinasi masalah seperti genetik dan juga masalah kebiasaan makan yang buruk. Jika sudah demikian, menghindari penyakit kencing manis adalah sesuatu yang berat.

Sementara itu, diabetes gestasional umumnya terjadi selama masa kehamilan dan akan hilang setelah melahirkan. Namun, penyebab penyakit diabetes melitus tipe ini juga harus dihindari, karena anak yang lahir dari ibu yang mengalami diabetes gestasional akan lebih beresiko menderita penyakit kencing manis di kemudian hari. Oleh sebab itu, ibu hamil harus menghindari konsumsi gula dan karbohidrat secara berlebihan.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

resiko diabetes; faktor resiko diabetes melitus; penyebab penyakit diabetes; gejala penyakit diabetes; resiko penyakit diabetes; penyakit diabetes melitus; risiko penyakit diabetes; penyebab diabetes; teresiko dm; faktor risiko penyebab diabetes melitus;

Content Protection by DMCA.com