Kenali Resiko dan Gejala Penyakit Ginjal

Gejala penyakit ginjal hampir tidak dapat dikenali. Kebanyakan penderita penyakit ginjal tidak menyadari masalah yang terjadi pada sistem metabolisme tersebut. Itulah sebabnya penderita penyakit ginjal baru mengetahui setelah sampai pada tahap yang parah. Akibatnya, tak jarang penderita penyakit ginjal berakhir pada kematian.

Gejala penyakit ginjal - Shutterstock

Gejala penyakit ginjal – Shutterstock

Kenali Gejala Penyakit Ginjal pada Diri Anda

Untuk kebutuhan aktivitas sehari-hari, manusia masih bisa hidup hanya dengan satu ginjal saja. Kemungkinan inilah yang menyebabkan banyak orang yang tidak menyadari adanya kerusakan pada ginjal. Hingga pada akhirnya memiliki satu ginjal yang berfungsi baik, akan mendatangkan berbagai penyakit. Hal ini disebabkan zat-zat sisa metabolisme yang seharusnya dibuang melalui saluran kencing menumpuk di dalam tubuh

Karena itu, pentingnya bagi kita untuk mengenal gejala penyakit ginjal dan pengobatannya. Berikut adalah gejala yang perlu anda waspadai:

  • Anda akan sering merasa lelah dan sulit berkonsentrasi? Tidak maksimalnya sisa pembuangan menyebabkan terjadinya penumpukan kotoran di dalam tubuh. Akibatnya akan akan lebih cepat lelah.
  • Apakah Anda Mengalami Insomnia (susah tidur)? Menyimpan racun dalam tubuh untuk waktu yang lama, praktis akan menganggu kinerja tubuh, Gangguan tersebut akan menimbulkan rasa gelisah dan membuat anda susah tidur.
Kondisi ginjal yang sakit - Shutterstock

Kondisi ginjal yang sakit – Shutterstock

  • Apakah kulit Anda kering dan pecah-pecah? Ginjal yang berfungsi baik bisa mempertahankan jumlah mineral dalam tubuh. Namun, pada ginjal yang rusak tidak bisa membedakan mana zat penting yang akan dipertahankan, mana yang harus dibuang. Kekurangan mineral dalam tubuh akan membuat kulit menjadi kering.
  • Apakah anda sering buang air kecil? Waspadailah jika anda sering buang air kecil. Hal ini bisa diindikasikan rusaknya filter penyaringan pada ginjal, sehingga membuang cairan tubuh lebih banyak.
  • Apakah urin anda berbusa dan berdarah? Jika urin anda berbusa, bisa jadi itu adalah gelembung protein tubuh yang ikut terbuang melalui saluran kencing. Sedangkan bila urin anda berdarah, itu pertanda ada sel-sel darah yang bocor dan keluar melalui saluran kencing.
  • Apakah mata anda bengkak? Kebocoran protein juga menyebabkan bengkak pada mata.
  • Apakah nafsu makan anda menurun? Ini merupakan gejala yang umum terjadi. Hal itu bisa jadi karena penumpukan racun dalam tubuh
Pemeriksaan fisik untk menemukan penyakit ginjal – Shutterstock

Pemeriksaan fisik untk menemukan penyakit ginjal – Shutterstock

Mengenali gejala penyakit ginjal dan cara mengatasinya bisa dilakukan dengan menggunakan pengobatan alami. Sejumlah pakar herbal menyarankan penggunaan daun sirsak. Cara penggunaannya adalah dengan mengambil beberapa helai daun sirsak dan merebusnya hingga mendidih. Air rebusan tersebut diminum selagi hangat. Lakukan 2-3 kali dalam sehari.

Sebagaimana petuah lawas, mencegah lebih baik daripada mengobati. Kalimat ini sangat tepat sekali agar kita mewaspadai berbagai macam penyakit. Pengobatan penyakit ginjal yang sangat mahal dan berlangsung lama, bisa dicegah hanya dengan rutin minum air putih dan mengurangi konsumsi makanan yang bisa mempengaruhi kinerja ginjal seperti jeroan, cabe dan kacang-kacangan.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

apa resiko penyakit ginjal -resiko penyakit ginjal -

Content Protection by DMCA.com