Kenali Penyebab Kanker Kulit dan Cara Pencegahannya

Kanker kulit seringkali terabaikan karena ciri ciri awalnya hampir tidak seperti penyakit berbahaya yang patut diwaspadai. Adapun penyebab kanker kulit beraneka ragam dan bisa menyebar ke organ lainnya di mana awal mula kanker tersebut berkembang. Kanker kulit adalah penyakit yang paling sering diderita dan dapat memicu penyakit berbahaya lainnya pada tubuh.

penyebab kanker kulit

penyebab kanker kulit (Laents)

Penyebab Kanker Kulit Berdasarkan Tempatnya

Karena kulit menyelimuti hampir seluruh tubuh manusia, maka kanker kulit bisa terjadi di mana pun tanpa jika tidak dilakukan pengendalian dengan teoat, terutama bagian kulit yang sering terpapar sinar matahari yang berbahaya. Berikut adalah beberapa tempat terjadinya kanker kulit yang perlu diwaspadai oleh semua orang.

  • Basal Cell Carcinoma; Kanker yang terjadi pada bagian lapisan terendah dari epidermis disebut kanker karsinoma sel basal dan menjadi paling umum terjadi di bagian kepala dan leher. Adanya benjolan merah muda dengan lapisan lilin menjadi ciri utamanya kemudian akan terus menyebar ke bagian lainnya.
  • Actinis Keratosis; Jika kulit berubah merah atau merah muda dengan luka kasar di daerah yang terkena sinar matahari maka bisa jadi hal tersebut merupakan awal kanker yang bisa berkembang menjadi karsinoma sel basal.
  • Melanoma; ini adalah tipe kanker kulit yang paling berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Melanoma terjadi pada sel sel kulit yang memproduksi pigmen dan menciptakan tahi lalat atau lesi yang mengikuti pola ABCDE (asimetris, penyimpangan batas, warna, diameter, dan evolusi lesi)
  • Squamous Cell Carcinoma; Karsinoma sel skuamosa akan mempengaruhi lapisan tengah kulit epidermis dan akan ditandai dengan warna merah bersisik pada kulit lalu ada lesi kulit kasar dan ada di bagian tangan, kepala, leher, bibir dan juga bagian telinga.

Pencegahan Kanker Kulit Secara Dini

Dengan mengetahui penyebab kanker kulit dan pencegahannya seharusnya bisa dilakukan sedini mungkin agar kanker kulit kemudian tidak menyebar ke bagian lainnya dan semakin luas pada bagian kulit di tubuh. Penyebab kanker kulit bisa jadi dikarenakan adanya riwayat keluarga yang juga menderita kanker kulit, transplantasi organ, karena terlalu lama terkena sinar ultra violet dan ditemukan di bawah sinar matahari secara langsung.

Orang orang yang rentan terkena kanker kulit ialah mereka yang sudah berada di atas usia 40 tahun dan kurang melakukan perawatan terhadap kulitnya. Padahal meskipun kulit sudah bersih dan cantik tetap saja harus dirawat untuk mencegah penyebab kanker kulit yang akan membahayakan diri hingga sampai menyebabkan kematian. Sebaiknya, anda juga menggunakan sun block yang memiliki kadar SPF tinggi agar sinar ultra violet tidak membahayakan kulit dan tidak langsung mengenai kulit sehingga menyebabkan kulit iritasi, mengusam, dan mengubah warna kulit serta mendatangkan kanker kulit yang berbahaya.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

penyebab kanker kulit dan cara pencegahannya -apa penyebab kanker kulit dan bagaimana cara pencegahannya -penyebab kanker kulit -penyakit kanker kulit dan cara pencegahannya -Pencegahan kanker kulit -penyebab kanker kulit dan cara mengatasinya -apa penyebab kanker kulit dan bagaimana cara pencegahannya? -cara mencegah kanker kulit -jelaskan penyebab kanker kulit -penularan kanker kulit -Kenali kanker kulit -penyebab dan cara pencegahan kanker kulit -akibat kanker kulit -penyebab kanker kulit dan bagaimana pencegahan -Penyebab kanker kulit dan cara pencegahanya -penyebab kanker penanggulanginya -cara penanggulangan penyakit kanker kulit -cara mencegah/mengatasi kanker kulit -apa penyebab kankee kulit dan bagaimana cara pencegahan nya -Apa penyebab kanker dan bagaimana cara pencegahan nya -Apa penyebab kanker kulit -Apa penyebab kanker kulit dan bagai mana cara mencegahnya?? -apa penyebab kanker kulit dan bagaimana cara pencegahan nya -apa penyebab kanker kulit dan bagaimana cara pencegahannha -apa penyebab kanker kulit dan bagaimna cara mengatasinya -apa penyebab kanker kulit dan cara mencegahnya -apakah kanker kulit bisa menyebabkan kematian -apakah penyebab kanker kulit dan cara pencegahnya -cara mencegah kangker kulit pada tubuh -cara mencegah penyakit kanker kulit -penyebab&pencegahan kanker kulit -

Content Protection by DMCA.com