Kenali Manfaat Jengkol Di Balik Aromanya Yang Khas

Siapa yang tidak kenal jengkol? Jengkol adalah buah yang cukup diminati di Indonesia. Rasa dagingnya kenyal dan enak. Namun, hati-hati dengan baunya karena bisa membuat semua orang menutup hidung. Jengkol adalah makanan yang kontradiktif namun bernilai gizi tinggi. Mau tau manfaat jengkol? Berikut adalah khasiat jengkol bagi kesehatan.

Manfaat Jengkol

Manfaat Jengkol

Manfaat Jengkol dan Kandungannya

Ternyata jengkol tidak hanya memberi dampak buruk karena baunya. Manfaat jengkol sangat banyak bagi kesehatan tubuh karena mengandung banyak nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, Vitamin C, fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, steroid dan saponin. Hebatnya jengkol ini bisa mengalahkan tempe karena kadar proteinnya lebih tinggi.

Di balik baunya, ternyata manfaat jengkol bagi kesehatan bisa didapat jika mengkonsumsinya secukupnya. Karena mengkonsumsi jengkol dalam jumlah yang banyak akan menganggu kesehatan terutama kesehatan ginjal. Jika ingin menikmati kelezatan jengkol, bisa langsung atau di olah menjadi masakan yang lezat.  Meskipun banyak orang menganggap remeh, ternyata di balik baunya yang menyengat tersimpan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil

Jengkol mengandung zat-zat penting yang diperlukan tubuh dan bisa mengatASI berbagai macam penyakit. Diantara penyakit yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi jengkol adalah  penyakit diabetes dan jantung. Kedua penyakit ini menjadi momok pada sebagian orang karena sangat berbahaya. Manfaat jengkol untuk diabetes dipeoleh dari kandungan zat yang ada di dalamnya. Zat tersebut membuat gula dalam darah menjadi turun. Jika dikonsumsi sesuai dengan kebutuhannya, penyakit diabetes bisa sembuh. Namun pola makan dan olahraga juga harus dijaga.

Manfaat jengkol untuk jantung juga bisa dinikmati. Biasanya penyakit jantung yang bisa diobati dengan jengkol adalah penyakit jantung koroner. Penyebab penyakit jantung koroner ini karena terjadi penyempitan pembuluh darah sehingga berakibat aliran darah tidak lancar. Kandungan anti oksidan yang terdapat dalam jengkol akan mengeluarkan zat berbahaya seperti toxin. Dengan mengkonsumsi jengkol akan mengolah jantung bekerja lebih baik karena toxin-toxin akan keluar.

Selain untuk jantung dan diabetes, manfaat jengkol untuk ibu hamil juga bagus. Kenapa demikian? Karena jengkol bisa mengurangi sembelit.  Khasiat diuretic membantu kelancaran pembuangan urin dan juga tinggi serat yang memudahkan buang air besar. Namun jangan dimakan dekat melahirkan karena baunya akan menganggu tenaga medis yang membantu saat melahirkan. Selain diuretic, kandungan di dalam jengkol lainnya adalah zat besi. Ini sangat bagus untuk ibu hamil agar terhindar dari kekurangan zat besi.

Nah, siapa sangka buah yang berbau ini tidak bermanfaat. Ternyata banyak sekali manfaat jengkol. Meskipun tidak semua orang nyaman dengan aromanya, namun jengkol tetap menjadi idola bagi banyak orang. Apalagi dengan manfaatnya yang sangat berguna bagi tubuh.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

jengkol buat jantung -khasiat jengkol untuk jantung -sakit paru makan jengkol gimana ?? -

Content Protection by DMCA.com