Kenali Gejala Penyakit Jantung Koroner Sejak Dini

Penyakit jantung sudah menjadi masalah kesehatan yang umum dan diderita oleh banyak orang di seluruh dunia. Serangan jantung koroner atau arteri termasuk penyakit paling mematikan dan bahkan merupakan pembunuh nomor 1 di dunia. Sayangnya, gejala penyakit jantung koroner seringkali tidak terdeteksi sejak dini. Mengenal penyakit ini sejak dini sangat perlu dilakukan guna membantu menghindarinya. Tindakan penanganan bisa segera dilakukan jika gejala bisa diidentifikasi dan ditangani sedini mungkin.


Gejala penyakit jantung koroner

Gejala penyakit jantung koronerĀ (Marcellhanz)

Faktor Resiko Gejala Penyakit Jantung Koroner

Penyebab yang paling umum penyakit jantung koroner adalah plak pada arteri dengan jumlah yang berlebihan. Hal tersebut menyebabkan arteri jantung menjadi menyempit dan juga pasokan oksigen pada darah berkurang. Pasokan oksigen yang kurang dalam tubuh bisa membahayakan dan juga mengancam nyawa si penderita. Plak ini terbentuk karena tumpukan kolesterol akibat pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Makanan yang kaya kolesterol pada akhirnya tidak bisa dibakar secara maksimal oleh tubuh karena penderita tidak membantunya dengan aktivitas fisik.

Penyebab lainnya faktor keturunan, tekanan darah tinggi, sindrom metabolik, penyakit ginjal akut, dan juga sleep apnea. Tiap orang memiliki faktor resiko yang berbeda berkaitan dengan masalah sakit jantung ini. Namun penyebab yang paling umum adalah obesitas dan kebiasaan buruk seperti merokok dan terlalu banyak konsumsi alkohol. Pria maupun wanita bisa mengidap penyakit jantung koroner. Jika pada wanita, penyakit tersebut bisa lebih berbahaya.

Faktor resiko penyakit jantung koroner

Faktor resiko penyakit jantung koronerĀ (Obattradisionalpenyakitamandel)

Gejala Umum Penyakit Jantung Koroner

Gejala umum penyakit jantung koroner pada wanita adalah sebagai berikut:

  • Rasa nyeri yang amat sangat pada bagian ulu hati
  • Sesak nafas
  • Mudah lelah dan berkeringat sekalipun tidak sedang melakukan pekerjaan berat
  • Rasa sakit pada lengan kiri dan tangan kanan
  • Rasa sakit pada bagian tubuh lainnya, seperti siku, leher, punggung, maupun bahu
  • Irama jantung yang tidak teratur, serta masih banyak lainnya.
  • Susah tidur
  • Rasa mual dan penurunan nafsu makan
  • Pembengkakan di pergelangan kaki maupun perut

Namun, perlu diingat bahwa gejala penyakit jantung koroner mungkin berbeda antara penderita. Akibatnya, seringkali penderita tidak menyadari hal ini sampai akhirnya mengalami serangan mendadak ketika penyakit sudah pada tahap lanjut. Oleh sebab itu, jika anda mengalami salah satu gejala ini secara berulang, langkah paling bijak adalah memeriksakan diri ke dokter.

Oleh dokter sekalipun, tidak mudah untuk memastikan keberadaan penyakit jantung koroner. Mungkin, ada beberapa test yang harus anda lalui. Di antaranya adalah test darah, elektrokardiogram (EKG) untuk mengetahui sistem listrik jantung, rontgen toraks, katerisasi jantung, makupun test sress jantung. Namun pada akhirnya, gaya hidup dan pola makan anda akan menentukan resiko terkena penyakit jantung.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

gejala jantung koroner; tanda jantung koroner; gejala awal jantung koroner; mengatasi jantung koroner sejak dini; kenali jantung koroner; kenali gejala dini penyakit jantung; kenali bagaimana penyakit jantung; gejala jantung kroner; gejala dini jantung koroner; ciri fisik penderita jantung koroner;

Content Protection by DMCA.com