Kenali Gejala Penyakit Berbahaya dari Warna dan Bentuk Kuku

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas bahwa perubahan rona wajah, kulit wajah, dan mata bisa jadi menunjukkan gejala penyakit berbahaya di dalam tubuh anda. Namun sebenarnya, bukan hanya perubahan wajah yang harus anda perhatikan. Penyakit berbahaya juga bisa termanifestasi pada tampilan kuku anda. Siapa sangka jika kuku anda ternyata juga menunjukkan kelainan yang sedang terjadi pada organ tubuh bagian dalam.


Gejala penyakit berbahaya melalui kuku (Fotolia)

Gejala penyakit berbahaya melalui kuku (Fotolia)

Kenali Gejala Penyakit Berbahaya Melalui Warna Kuku

Kuku yang tampak pucat, kebiruan, keriput, atau pecah-pecah tidak hanya kehilangan rona dan kecantikannya, namun juga bisa menjadi petunjuk adanya gejala penyakit berbahaya pada organ tertentu di dalam tubuh anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang hubungan tampilan kuku dengan kesehatan anda.

  • Kuku Pucat; Apakah kuku anda berwarna pucat? Jangan menganggap remeh kondisi ini. Kuku yang tampak pucat bisa jadi menunjukkan kalau anda mengalami anemia kekurangan zat besi maupun malnutrisi. Pada kondisi yang lebih parah, kuku yang tampak sangat pucat bisa menunjukkan gejala penyakit berbahaya dan serius, seperti gagal jantung kongestif maupun penyakit hati.
  • Kuku Berwarna Putih; Jika kuku anda berwarna putih dan dikelilingi pinggiran berwarna lebih gelap, bisa jadi anda mengalami masalah pada hati, seperti hepatitis.
  • Kuku berwarna kuning; salah satu penyebab utama perubahan warna kuku menjadi kekuningan adalah infeksi jamur. Saat infeksi semakin memburuk dan meluas, maka kuku akan tampak menyusut, menebal, dan pada akhirnya bisa lepas. Pada kasus yang langka, kuku berwarna kuning juga bisa menunjukkan gejala penyakit berbahaya, seperti penyakit tiroid yang parah, penyakit paru-paru, diabetes, maupun psoriasis.
Kuku kekuningan menunjukkan infeksi jamur (Fotolia)

Kuku kekuningan menunjukkan infeksi jamur (Fotolia)

  • Kuku Berwarna Kebiruan; Jika kuku anda menunjukkan perubahan warna menjadi kebiruan, bisa jadi tubuh anda tidak mendapatkan oksigen yang memadai. Artinya, ada kemungkinan kalau anda mengalami penyakit paru-paru seperti emfisema. Kuku kebiruan juga kerap dikaitkan dengan masalah jantung.

Kenali Gejala Penyakit Berbahaya Berdasarkan Bentuk Kuku

Selain perubahan warna kuku, anda juga harus mengantisipasi gejala pernyakit berbahaya dari perubahan bentuk kuku secara fisik, di antaranya:

  • Kuku Keriting; jika permukaan kuku tampak tidak rata dan berbintik-bintik, ini bisa jadi merupakan gejala awal psoriasis atau artritis inflamasi. Biasanya, gejala ini diikuti perubahan warna kulit di bawah kuku menjadi coklat kemerahan.
  • Kuku retak atau terbelah; kuku yang kering dan bahkan pecah-pecah sering dikaitkan dengan penyakit tiroid. Namun, bentuk kuku yang retak diserai perubahan warna menjadi kekuningan bisa jadi menunjukkan adanya infeksi jamur.
  • Bengkak pada lipatan kuku; jika kulit di sekitar kuku anda tampak kemerahan dan bengkak, berarti terjadi peradangan. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh penyakit lupus atau gangguan lainnya pada jaringan ikat. Peradangan kulit di sekitar kuku serta perubahan warna menjadi kemerahan juga bisa terjadi karena infeksi.
Bengkak pada kuku dapat menunjukkan penyakit  lupus (Fotolia)

Bengkak pada kuku dapat menunjukkan penyakit lupus (Fotolia)

  • Garis hitam di bawah kuku; Jika anda menemukan garis-garis berwarna gelap di bawah kuku, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan sesegera mungkin. Pasalnya, kondisi ini bisa disebabkan oleh melanoma yang merupakan jenis penyakit kanker kulit paling berbahaya.
  • Kuku berkerut; Menggigit kuku merupakan suatu kebiasaan lama. Namun, adakalanya seseorang menggigit kuku sebagai reaksi terhadap rasa cemas. Jika kebiasaan ini terus berlanjut, bisa saja anda sedang mengalami penyakit obsesif-kompulsif. Jika anda tidak bisa menghentikannya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Memang, perubahan warna maupun bentuk kuku bisa terjadi karena berbagai kondisi. Banyak gejala penyakit berbahaya  yang bisa diantisipasi melalui kuku, namun sebagian di antaranya tidak berbahaya. Hal terbaik yang bisa anda lakukan anda memeriksakan diri ke dokter.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

penyakit kuku; jenis penyakit berdasarkan warna kuku; kenali gejala sakit dari kuku; kenali penyakit dari jenis kuku; kuku keriting; obat herbal alami untuk penyakit jantung;

Content Protection by DMCA.com