Kenali Anatomi Jantung Manusia Untuk Hindari Komplikasi

Anda yang tidak belajar ilmu kedokteran tentu juga pasti mengenal anatomi jantung manusia dengan benar pada saat mengeyam pendidikan sekolah bukan? Jantung memang mempunyai beberapa bagian, dimana setiap bagian akan mempunyai tugasnya masing-masing. Dimana fungsinya memang untuk memompa darah ke seluruh tubuh, di mana darah terdiri dari darah dengan oksigen dan penuh dengan CO2 atau karbon dioksida. Oksigen yang dihirup manusia akan bercampur dengan darah, sehingga fungsi jantung juga mengantarkan oksigen ke paru-paru agar terjadi pertukaran dan karbon di oksida.

anatomi jantung manusia

anatomi jantung manusia (Caramembuatresepcantik)

Lebih Lanjut Tentang Anatomi Jantung Manusia

Tak lengkap rasanya jika belum membedah, apa saja yang terdapat dalam jantung? Organ yang memompa darah ini mempunyai 4 bilik, terdiri dari 2 bilik atrium dan 2 bilik Vertikel. Dua bilik inilah yang bertugas untuk memompa darah ke paru-paru dan juga ke seleruh tubuh. Terdapat sekat pemisah kedua bilik, antara bilik kanan dan kiri yang dinamakan dengan septum dan juga terdapat sebuah katup yang memisahkan antara atrium dan vertikel. Inilah anatomi fisiologi jantung manusia yang selalu berfungsi setiap harinya, bahkan tak berhenti setiap detiknya.

Anatomi Jantung Manusia dan Fungsinya

Jantung yang mempunyai beratt sekitar 200 hingga 300 gram, atau jika diperhatikan adalah sekepalan orang tersebut mempunyai tugas yang cukup komplek. Berikut adalah anatomi jantung manusia dan fungsinya pada antrium dan juga ventrikel.

  • Antrium kanan tugasnya sebagai penampung atau reservoir. Bagian ini merupakan darah rendah oksigen yang berasal dari seluruh bagian tubuh. Berasal dari vena kava superior dan akan dipompa kembali ke jantung dan paru-paru.
  • Atrium kiri. Fungsinya untuk menerima darah yang kaya akan oksigen, melalui 4 vena pulmonalis. Kemudian akan diteruskan ke arah ventrikel kiri dan di hubungan ke seluruh darah di bagian tubuh.
  • Ventrikel kanan. Fungsinya sebagai penerima darah dari atrium kanan, kemudian akan diteruskan pada paru-paru melalui arteri pulmonalis. Dimana darah inilah yang rendah akan oksigen sehingga akan diperbarui di paru-paru.
  • Ventrikel kiri. Fungsinya sebagai penerima darah dari atrium kiri kemudian diteruskan pada seluruh tubuh. Ini merupakan darah yang kaya akan oksigen, sehingga langsung di aliran ke seluruh tubuh.

Setelah anda tahu betapa banyaknya tugas dari benda kecil yang menjadi pusat manusia, sangatlah tidak pantas jika mensia siakan hidup, apalagi untuk anda para generasi muda. Sebaiknya baca kembali anatomi jantung manusia dan sadari bahwa kita itu mahluk yang sangat kecil. Jika terjadi sesuatu hal kecil, misalkan komplikasi pada sekat atau katup salah satu bilik terbuka, maka bisa jadi kita akan mati keracunan darah yang terkadung oksigen dari karbon dioksida.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

agar darah yang kaya oksigen tidak bercampur dengan darah yang kaya karbondioksida jantung memiliki -agar oksigen tdk tercampur karbondioksida jantung memiliki? -oksigen tidak bercampur dengan darah yg kaya karbondioksida jantung memiliki -

Content Protection by DMCA.com