Kanker Getah Bening Stadium 4 dan Ciri Khasnya

Indonesia telah kehilangan satu orang artis yang cukup humoris, Olga Syahputra  akibat serangan kanker getah bening stadium 4 yang terlambat dalam penanganannya. Getah bening merupakan bagian kelenjar dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk memproduksi sel darah putih (leukosit) sebagai bentuk pertahanan tubuh dari serangan penyakit. Jika getah bening dimakan sel jahat sejenis tumor atau kanker maka saat itu tubuh mengalami penurunan daya tahan tubuh.


kanker getah bening stadium 4

kanker getah bening stadium 4 (Wisegeek)

Saat tubuh sudah kehilangan daya tahan maka kelenjar getah bening menjadi rentan dan leukosit berubah menjadi penyerang, saat itulah muncul benjolan pada bagian tubuh tertentu. Kebiasaan yang tidak baik seperti makan makanan yang banyak mengandung zat aditif bisa menjadi pemicu munculnya sel kanker.

Perjalanan Sel Kanker Menuju Stadium 4

Stadium untuk istilah tingkat keparahan suatu penyakit. Jika kanker getah bening pada stadium 1 atau 2 masih memiliki banyak peluang untuk sembuh dengan pengobatan tertentu. Namun jika Anda sudah telat dalam penanganan kanker getah bening dan sudah mencapai stadium 4 akan sulit disembuhkan. Jika pun harus dilakukan tindak operasi sangat membahayakan.

  • Stadium 1; tahapan pertama kanker getah bening dinamakan stadium 1. Pada tahap ini sel-sel ganas belum menyerang bagian jaringan tubuh atau kelenjar getah bening namun baru sampai di bagian tubuh. Contohnya di paru-paru.
  • Stadium 2; pada tingkatan ini, sel abnormal menyerang minimal 2 bagian kelenjar getah bening. Atau menyerang satu jaringan kelenjar getah bening dan satu organ tubuh.
  • Stadium 3; sel ganas atau abnormal berada dalam bagian diafragma tubuh baik bagian atas dan bawah, serta terdapat pada satu organ tubuh lainnya di area kelenjar getah bening.
  • Stadium 4; sel ganas bisa mengenai satu organ di hati atau sumsum tulang, dan jaringan pada kelenjar getah bening atau jaringan lainnya.
Anatomi kanker getah bening

Anatomi kanker getah bening (Physio-pedia)

Perkembangan Sel Kanker Getah Bening Stadium 4

Perkembangan sel kanker tergolong lebih cepat jika dibandingkan dengan pertumbuhan sel tumor. Sel kanker antara stadium 1 ke stadium 2 tidak terlalu bisa dibedakan atau dilihat secara kasat mata. Jika sel kanker sudah sampai pada stadium 4 dapat menyerang organ tubuh lainnya dan bisa sampai menyerang bagian sel syaraf otak seperti yang merenggut nyawa artis Olga Syahputra.

Gejala yang nampak pada kanker getah bening stadium 4 adalah jika muntah sampai mengeluarkan cairan kemerahan seperti darah. Cairan ini berasal dari kelenjar limfa. Rambut kepala mulai rontok dan akhirnya bisa berakibat gundul. Pada tahap akhir yang sudah sangat parah penderita kenker getah bening stadium 4 dapat mengalami koma.

Kanker getah bening stadium 4 merupakan tahap lanjutan kanker yang terbilang sudah parah karena hampir menyerang sebagian besar tubuh seperti paru-paru, hati, perut, sampai menggerogoti seluruh kelenjar getah bening. Pada tahap yang sudah parah dapat menyerang bagian otak.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

kanker kelenjar getah bening stadium 4; kanker getah bening stadium 4; stadium 4; kanker getah bening stadium 4 bisa sembuh; apakah kelenjar getah bening bisa sembuh; ciri kanker kelenjar getah bening stadium 4; kanker kelenjar getah bening menular; kanker stadium 4; kelenjar getah bening stadium 1; kanker kelenjar getah bening stadium 3;

Content Protection by DMCA.com