Jenis Penyakit Tulang Bengkok Pada Manusia

Setiap jenis penyakit bisa menimpa setiap individu dan menyerang bagian organ tubuh yang penting dari manusia. Penyakit tulang juga merupakan salah satunya walaupun banyak orang yang tidak menyadari atau peduli karena hanya dianggap sebagai penyakit biasa yang bisa disembuhkan, namun jika dibiarkan, resiko fatal bisa terjadi pada diri Anda.


Penyakit tulang pada manusia - Shutterstock

Penyakit tulang pada manusia – Shutterstock

5 Jenis Penyakit Tulang Yang Umum Terjadi Pada Manusia

Faktanya, penyakit tulang pada manusia memiliki berbagai macam jenis dan juga faktor penyebabnya yang perlu Anda ketahui sehingga bisa mengambil tindakan pencegahan diantarannya:

Osteoporosis

Penyakit ini menyerang tulang sehingga membuatnya menjadi keropos, rapuh dan juga mudah patah. Penderita dari penyakit ini biasanya adalah orang tua yang sudah mulai kehilangan enzin dari kekuatan tulang, namun memungkinkan pula menyarang orang dewasa yang kekurangan Vitamin D ataupun kalsium untuk memperkuat tulang.

Kifosis

Kifosis merupakan penyakit kelainan pada tulang belakang di mana bagian tulang tersebut akan melengkung ke arah depan sehingga membuat penderita dari penyakit ini menjadi bungkuk dan pertumbuhan tulang juga akan terganggu. Hampir semua orang bisa menderita penyakit ini bahkan anak-anak juga rawan terkena serangan kifosis.

Terlalu sering memanggul tas yang berisi buku pelajaran berat, belajar dengan membungkuk bahkan bermain game atau menonton TV di lantai juga merupakan penyebab dari kifosis dan bisa menganggu pertumbuhan anak-anak.

Osteoporosis - Fotolia

Osteoporosis – Fotolia

Osteoarthritis

Penyakit ini sedikit berbeda dengan osteoporosis; jika penyakit tersebut menyerang tulang, maka osteoarthritis menyerang sendi-sendi pada setiap tulang namun tidak menimbulkan peradangan pada penderitannya. Sendi-sendi yang diserang biasanya adalah bagian lengan, pergelangan kaki, lutut, bahu, pinggul dan sendi-sendi pergerakan yang lainnya.

Penyebab utama dari penyakit ini adalah penuaan atau faktor usia dimana penyakit ini sering dialami oleh orang tua yang sudah kehilangan kekuatan persendian untuk melakukan aktivitas.

Rakitis

Rakitis merupakan gangguan pada tulang kaki yang bisa mmepengaruhi bentuk tulang sehingga kaki bisa menjadi bengkok dan mmebentuk seperti huruf O atau X. Semua kalangan usia bisa menderita penyakit ini karena disebabkan oleh kekurangan Vitamin D dan kalsium pada tubuh yang diperlukan untuk kekuatan tulang. Kurangnya mengonsumsi susu yang banyak mengandung kalsium, sinar matahari di pagi hari, serta makanan sehat yang memiliki sumber vitamin D terbesar juga menyebabkan gangguan tulang Rakitis.

Penyakit tulang umumnya disebabkan oleh kekurangan vitamin D - Fotolia

Penyakit tulang umumnya disebabkan oleh kekurangan vitamin D – Fotolia

Skoliosis

Skoliosis juga merupakan penyakit gangguan tulang belakang yang menyebabkan bentuk serta tekstur tulang menjadi bengkok ke kanan dan kiri sperti bentuk huruf S. Penyakit tulang ini bisa terbilang cukup langka namun bisa terjadi pada siapa saja. Faktor genetik ataupun salah posisi pada saat duduk bisa menjadi penyebab dari penyakit ini.

Semoga beberapa jenis penyakit tulang yang sering terjadi pada manusia ini bisa menambah referensi serta pengetahuan Anda tentang kesehatan serta bisa mengambil tindakan pencegahan dengan cara rajin berolahraga serta mengonsumsi makanan yang menjadi sumber Vitamin D dan kalsium.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

tulang akan mudah bengkok apabila terserang penyakit; penyakit tulang bengkok; kaki bengkok pada orang dewasa; Penyakit yang terserang pada tulang bengkok; kifosis akibat osteoporosis; tulang telapak kaki bengkok pada orangtua; kaki bengkok dewasa; gangguan tulang yang sering dialami manusia; cara mengurangi tulang kaki bengkok di usia senja; Bagian yg diserang oleh penyakit kaki bengkok adalah;

Content Protection by DMCA.com