Jangan Abaikan Sakit Perut dan Sembelit, Bisa Jadi Kanker Usus

Kanker atau cancer merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok bagi semua orang, baik dewasa maupun anak-anak. Karena penyakit ini tidak langsung memberikan ciri-ciri dan gejalanya, maka biasanya orang selalu menganggap sakit biasa akan akan terasa jika telah pada stadium berat, seperti halnya penyakit kanker usus yang dapat langsung menyerang siapapun. Terdapat dua jenis kanker, yaitu kanker usus halus dan kanker usus besar. Di bawah ini akan diulas mengenai kanker usus besar.

kanker usus

kanker usus

Gejala dan Ciri-Ciri Orang Mengidap Penyakit Kanker Usus :

Gejala kanker usus besar atau yang biasa disebut kanker kolorektal atau rectum terjadi karena sel kanker tumbuh dalam usus, usus buntu, dan anal. Kanker ini yang paling banyak menyerang kita, bahkan anak kecil sekalipun. Sel kanker pada usus dapat menyebar ke seluruh bagian usus dan organ tubuh lain, dan membentuk jaringan sel kanker baru.

Ciri ciri kanker usus yang kerap diabaikan oleh setiap orang karena perubahan yang ditunjukkan seperti penyakit biasa. Adapun gejala awal yang ditunjukkan pengidap penyakit ganas ini adalah terjadi perubahan pada proses buang air besar, yakni feses yang dikeluarkan kerap kali keras, berdarah, dan berlendir. Namun juga tak jarang yang susah buang air besar seperti sembelit. Perut terasa penuh dan begah seperti masuk angin, dan berat badan semakin menurun.

Jika telah pada stadium lanjut, gejala yang terjadipun akan semakin berat, antara lain berat badan akan semakin menurun dan nafsu makan semakin menurun pula. Dubur akan mengeluarkan darah jika buang air besar, terdapat benjolan pada bagian perut, perut semakin terasa begah seperti masuk angin, dan terjadi penyempitan bagian anus. Selain itu, badan biasa terasa lelah.

Penyebab Kanker Usus Yang Jangan Dianggap Remeh

Konstipasi yang berkepanjangan adalah penyebab kanker usus yang berasal dari polip adenoma dan terjadi penumpukan tinja pada usus. Dari hal tersebut terjadi perkembangan polip yang akhirnya menjadi kanker. Sel yang berkembang normal untuk menjaga tubuh berubah menjadi tidak normal karena terjadi pembelahan yang tidak normal pula. Sel-sel dalam usus terus membelah dan tubuh kelebihan sel baru sehingga sel tersebut berkembang menjadi sel baru yang tumbuh menempel seperti parasit, dan menjadi kanker.

Adanya mutasi gen bawaan yang menyebabkan resiko penyakit ini juga menjadi salah satu penyebabnya, namun ini hanya terjadi sebagian kecil saja. Penyebab yang saat ini paling besar pengaruhnya adalah pola makan yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan yang cepat saji, makanan dan minuman sachet instant yang tidak diimbangi dengan konsumsi makanan berserat. Konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan makanan berkolesterol tinggi seperti daging, hati, lemak hewan yang tidak diimbangi dengan makanan serat juga dapat memicunya.

Selain itu, gaya hidup yang mengabaikan kesehatan juga menjadi pemicunya, yakni tidak pernah berolahraga, obesitas, dan duduk terus-menerus seharian. Adanya kontak langsung dengan zat kimia seperti toksin dan logam berat juga dapat memicu.

Dengan mengetahui beberapa gejala atau ciri-ciri dan penyebab kanker usus, hendaknya lebih hati-hati dalam menjalani gaya hidup dan menjaga pola makan agar penyakit ini tidak menggerogoti tubuh kita.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

perut sakit b a b susah -sakit di ari ari itu kenapa gak bisa kentut juga -sakit dibagian perut bawah setelah BAB -sakit gigi sakit perut bab berdarah -sakit kepala dan sulit buang air besar -sakit kepala perut terasa panas rasa ingin buang air besar tp tidak penyakit apakah -sakit perut bab berlendir -Sakit perut bab tidak bisa ditahan pas kekamar mandi bab tidak keluar -sakit perut dan tidak bisa buang air besar -sakit perut ingin berak terus dan pusing panas itu sakit apa -sakit perut ketika mau bab -sakit apa bila setelah BAB dubur terasa sakit dan kepala muter-muterv -saakit perut dan dubur -rasa seperti buang air besar terus -perut sakit berkepanjangan dan sering keluar gas -perut sakit sesak buang air besar tapi tidak keluar -perut sakit susah buang air besar -perut sembelit -perut sering sakit seperti mau bab -perut tegang bikin sembelit -perut terasa keras dan sakit -perut terasa melilit seperti ada anginnya -perut terasa penuh -perut terasa sembelit -sakit perut mau buang air terus adalah -sakit perut nyeri smpai ke anus saat bab nyeri di perut bagian bawah perut sakit jika tegang -seperti apakah rasanya sembelit -Seperti mau buang air besar dan kecil tapi susah -sering kram perut karena jarang bab -setelah kentut nyeri didubur hilang -setiap habis bab perut sakit -setiap pagi suka sakit perut tapi tidak mau buang air besar ciri apa ? -susah buang angin dan perut keras gejala apa -Tanda apakah perut kembung perut kram susah BAB pinggang sakit -tidak bisa bab -tidak pernah merasa tanda buang air besar -sembelit tiap hari hari kepala pusing perut panas -sembelit terus terusan -selepas buanh air besar terasa seperti berlendir -Sakit perut pada sa\at mau bab -sakit perut rasa mau BAB udah beberApa hari -sakit perut saat akan bab -sakit perut sebelum buang air besar -sakit perut seperti mau buang air besar -sakit perut susah buang air besar -sakit perut tapi gak bisa buang air besar -sakit perut tidak bisa buang air besar -sebentar2 bab sakit apa? -selalu sakit perut selepas buang air besar -usus kecil keluar dari dubur anak kecil -

Content Protection by DMCA.com