Jadikan Tubuh Lebih Sehat Berkat Manfaat Buah Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis buah yang termasuk dalam kelompok kentang-kentangan. Pada awalnya, tomat diduga berasal dari daratan Amerika Selatan. Penyebaran tomat ke wilayah Asia hingga ke Indonesia, diawali dengan bangsa Spanyol yang membawa buah ini ke negara Filipina. Buah tomat memiliki nama ilmiah Solanum Lycopersicum. Apabila sudah matang, biasanya tomat berbentuk bulat dan berwarna kemerahan. Tomat memiliki berbagai macam khasiat yang luar biasa. Untuk mendapatkan manfaat buah tomat secara langsung dapat dilakukan dengan cara dibuat jus atau dicampurkan dalam makanan.

manfaat buah tomat

manfaat buah tomat

Walaupun seringkali digolongkan kedalam jenis buah-buahan, tomat mengandung berbagai macam khasiat yang hampir sama persis seperti yang terdapat dalam sayuran. Buah tomat sesuai dengan warnanya yang kemerahan, memiliki kandungan vitamin A yang tinggi seperti halnya wortel. Disamping itu, kandungan vitamin C yang terdapat dalam tomat juga sangat baik sebagai penangkal radikal bebas serta berfungsi dalam menjaga daya tahan tubuh.

Manfaat buah tomat untuk ibu hamil dan janin

Buah tomat memang dipercaya memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan, namun taukah anda  jika buah berbentuk bulat yang satu ini juga memiliki manfaat khusus bagi wanita yang sedang mengandung. Manfaat buah tomat untuk ibu hamil yaitu dapat digunakan sebagai pelengkap kebutuhan gizi pada janin. Nutrisi yang terdapat dalam satu buah tomat seperti vitamin A 1500 SI, vitamin C 40 mg, protein 1 gr, kalsium 5 mg, serta karbohidrat 4,3 gr dapat membantu melengkapi kebutuhan janin dalam kandungan serta ibu hamil.

Selain sangat bermanfaat bagi ibu hamil, ternyata buah berwarna merah cerah ini juga sahabat baik bagi para wanita dalam menjaga dan merawat kecantikan. Buah tomat dengan kandungan vitamin C serta lycopene tinggi merupakan nutrisi yang sangat baik bagi kulit dalam mempertahankan kandungan kolagen sehingga tetap awet muda dan kenyal. Sebagai salah satu bahan dalam perawatan kecantikan, tomat dapat digunakan sebagai pengganti masker untuk membuat kulit tampak lebih cerah.

Manfaat buah tomat untuk diet atau terapi menurunkan berat badan

Khasiat lain dari buah tomat yang harus anda tau, yaitu manfaat buah tomat untuk diet. Siapa sangka, si kecil berwarna merah ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber makanan saat sedang melakukan terapi menurunkan berat badan. Kandungan zat dalam buah tomat dapat membantu anda mendapatkan gizi yang cukup dan menyehatkan. Tomat juga mengandung serat yang sangat baik dalam melancarkan pencernaan sehingga dapat membantu membentuk tubuh lebih langsing dan bugar.

Demikianlah beragam manfaat buah tomat yang harus anda tau. Mengkonsumsi buah berbentuk bulat ini secara teratur setiap harinya juga dapat membantu anda dalam mempertahankan vitalitas tubuh serta mencukupi kebutuhan vittamn  A dan C. Jadi, sedapat mungkin jangan lewatkan konsumsi buah-buahan dalam menu harian anda.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

1500 kandungan nutrisi jeruk -buah tomato untuk kekal muda -tomat buah -

Content Protection by DMCA.com