Inilah Ciri Penyakit Jantung yang Wajib Anda Ketahui!

Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang terpenting. Bagaimana tidak? Hidup atau tidaknya seorang manusia ditentukan oleh berdetak atau tidaknya jantung manusia tersebut. Telah tercatat pula bahwasanya angka kematian yang dikarenakan oleh penyakit jantung semakin bertambah. Hal ini bisa jadi dikarenakan ketidaktahuan seseorang terhadap penyakit jantung yang dideritanya. Memang, ciri penyakit jantung seringkali disepelekan dan dianggap seperti penyakit ringan lainnya. Alhasil, penyakit jantung semakin menggerogoti jantung kita karena kita abaikan tanda-tandanya.


Ciri penyakit jantung - Shutterstock

Ciri penyakit jantung – Shutterstock

Penyakit jantung yang sering menjangkiti manusia di antaranya yaitu penyakit jantung lemah dan jantung koroner. Kedua penyakit tersebut berbeda satu sama lain meskipun sama-sama menyerang organ jantung. Namun keduanya sama berbahayanya jika terus didiamkan. Untuk itu, kita perlu mengetahui tanda-tanda penyakit jantung lemah dan jantung koroner sebelum terlanjur akut.

3 Ciri Penyakit Jantung Lemah

Jantung lemah merupakan penyakit jantung yang biasanya disebabkan oleh kelainan irama jantung, kontraksi otot jantung, dan kelainan arus jantung. Berikut adalah beberapa ciri penyakit jantung lemah yang perlu anda waspadai:

  • Mudah lelah; Kelelahan sering dikira sebagai hal yang biasa dan hanya membutuhkan istirahat. Namun jika kelelahan tersebut datang terlalu sering dan secara tiba-tiba, kita patut mencurigainya. Sebab mudah mengalami kelelahan adalah salah satu tanda penyakit jantung lemah.
  • Sakit di Punggung, Dada, dan Tangan; Jika sering mengalami nyeri pada pada punggung, dada terutama dada bagian kiri, dan tangan, sebaiknya kita perlu waspada sebab beberapa hal tersebut ialah tanda penyakit jantung lelah.
  • Sakit di Rahang dan Gigi; Tanda penyakit jantung lemah lainnya yaitu sering merasakan sakit pada rahang dan gigi. Jangan anggap sakit rahang dan gigi itu sebagai sakit biasa. Kita perlu mengetahui lebih dalam sakit apa yang kita derita karena bisa saja itu tanda penyakit jantung.

2 Ciri Penyakit Jantung Koroner

Jantung koroner ialah penyakit yang diakibatkan oleh penyakit kencing manis, infeksi, kadar kolesterol yang tidak normal, dan gumpalan yang berada di pembuluh darah arteri conoria. Beberapa ciri dari penyakit jantung koroner yaitu:

  • Nafas Pendek; Sering ngos-ngosan di saat tidak terlalu lelah? Mungkin itu pertanda bahwa Anda memiliki nafas yang pendek. Nafas pendek adalah salah satu ciri penderita jantung koroner yang paling nampak.
  • Sakit Perut dan Muntah; Penderita jantung koroner biasanya mengalami mual yang berkepanjangan diakhiri dengan muntah-muntah. Perlu diketahui bahwa mual dan muntah tidak melulu merupakan ciri masuk angin. Berhati-hatilah karena bisa saja itu pertanda jantung koroner.

Itulah ciri penyakit jantung yang wajib kita ketahui. Jika Anda sudah merasakan salah satu atau beberapa tanda di atas, segeralah menghubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Ayo bersama-sama menjaga kesehatan jantung kita!



Permasalahan yang ada dalam artikel :

herbal jantung ngos ngosan; nafas ngos2an tnd penyakit apa; penyakit jantung muntah muntah; sering sakit punggung dan nafas ngos ngosan;

Content Protection by DMCA.com