Ini Dia Gejala Kanker Paru Sejak Yang Kerap Diabaikan

Batuk batuk sering kali dianggap penyakit remeh, namun tahukan anda jika ini bisa jadi merupakan gejala kanker paru? Batuk tentu sering kali kita alami; penyebab utamanya bervariasi, bisa jadi karena asap atau bau yang menyengat, apalagi jika berdekatan dengan para perokok aktif. Kerugian yang timbul antara perokok aktif dan pasif lebih besar pada perokok pasif. Meski demikian, jumlah penderita kanker paru dari perokok aktif tidak kalah banyaknya.

Gejala kanker paru

Gejala kanker paru (Productive-cough)

Menurut sebuah penelitian, lebih dari 80 persen pasien kanker paru erat hubungannya dengan perokok, entah itu perokok aktif maupun pasif. Anda perlu khawatir jika beberapa hal remeh ini terjadi terus menerus.

Gejala Kanker Paru yang Sering Terabaikan

Batuk dan sakit kepala berkepanjangan

Sering kali orang menganggap remeh batuk dan sakit kepala, karena hal ini dinilai normal terjadi pada setiap orang. Namun bagaimana jika batuk dalam range waktu cukup lama, 3 bulan? Hal ini bukan sesuatu yang wajar bukan? Bisa jadi ini merupakan gejala kanker paru paru stadium awal. Memang gejala pada kanker paru tidak langsung menyebabkan anda tidak bisa bernafas, namun lambat laut membuat kinerja paru melemah, salah satunya karena batuk dan sakit kepala ini.

Batuk biasa umumnya akan reda dalam hitungan ahri saja. Namun setelah seminggu tidak juga reda dan semakin parah ketika cuaca dingin, alangkah baiknya untuk bertanya dengan dokter dan mencari tahu apa penyakit yang tengah mengintai kesehatan anda.

Kehilangan selera makan dan mudah lelah

Bekerja memang sering kali membuat orang lupa makan dan akibatnya akan mengalami kelelahan, namun jika anda sudah makan teratur, bekerja pada porsinya tapi masih mengalami kelelahan yang tidak bisa dijelaskan, lebih baik konsultasi ke dokter dan bertanya apakah ini gejala kanker paru paru. Bertanya dan membuat spekulasi memang tidak salah, toh ini menyangkut diri anda.

Kehabisan nafas

Bukan hal aneh jika kita kehabisan nafas dan terengah-engah setelah melakukan pekerjaan berat, seperti berlari. Namun, jika hal ini terjadi tanpa alasan (saat anda tidak sedang melakukan pekerjaan berat), anda perlu waspada. Penderita kanker paru sering mengalami kehabisan nafas. Hal ini biasanya terjadi pada penderita yang merupakan perokok.

Rasa sakit pada bagian tubuh tertentu

Anda mungkin tidak pernah membayangkan jika sakit pada organ tubuh bagian dalam, seperti paru-paru, bisa berimbas pada rasa sakit pada organ lain, seperti pundak, dada, punggung, atau lengan. Namun, sakit pada organ-organ ini bisa jadi sebagai gejala kanker paru. Pasalnya, penyakit pada paru akan menimbulkan gangguan pernafasan dan tekanan pada syaraf-syaraftubuh tertentu.

Apakah pernah atau sedang mengalami gangguan seperti di atas? Jika iya, sebaiknya segela lakukan medical chek up untuk mengetahui secara detail. Identifikasi lebih dini akan membantu anda mendapatkan penanganan lebih cepat, dan potensi untuk sembuhpun akan lebih tinggi

Content Protection by DMCA.com