Ibu dan Anak Sehat Bersemangat dengan Manfaat Buah Semangka

Semangka merupakan salah satu jenis tanaman yang hidup dengan cara merambat dan masih sekelompok dengan jenis labu-labuan. Beberapa tanaman yang sekerabat dengan semangka yaitu melon dan ketimun. Buah semangka pada umumnya memiliki kulit tebal berwarna kehijauan dengan garis-garis yang lebih pekat serta daging buah berwarna merah. Meskipun demikian, buah yang memiliki banyak biji ini juga memiliki variasi daging buah lain yang berwarna kuning muda. Jika anda ingin mengetahui manfaat buah semangka, simak pembahasannya di artikel ini.


manfaat buah semangka (makeitaffordable)

manfaat buah semangka (makeitaffordable)

Buah semangka memiliki nama ilmiah Citrullus lanatus. Konon, buah berbentuk bulat dan berukuran besar ini berasal dari daerah semi gurun di negara bagian Afrika Selatan. Salah satu keunikan dari buah ini yaitu bijinya dapat dijadikan sebagai makanan camilan dalam bentuk kuaci. Sama halnya dengan biji labu atau biji bunga matahari. Kandungan yang terdapat pada buah semangka tentu saja sangat banyak. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, ternyata semangka juga baik bagi ibu hamil dan anak-anak.

Manfaat semangka untuk Ibu hamil muda

Semangka memiliki rasa yang khas berupa rasa manis dan segar serta memiliki banyak kandungan air. Selain kandungan airnya yang nyaris 90%, di dalam 100 gram buah semangka, terdapat berbagai macam zat penting lain seperti 28 Kkal energi, 6,9 gram  karbohidrat, 0,5 gram protein, 0,2 gram lemak, 7 miligram kalsium, serta 12 miligram fosfor. Beberapa zat yang terbukti sangat baik bagi ibu hamil yaitu diantaranya 590 IU vitamin A, 0,05 miligram vitamin B1, serta 6 miligram kandungan vitamin C.

Beragam kandungan zat penting yang terdapat dalam buah semangka tersebut, berperan sangat baik pada tubuh ibu hamil. Diantara manfaat buah semangka untuk ibu hamil yaitu sebagai penambah cairan tubuh dan mencegah dehidrasi, membantu ibu hamil dalam mengurangi gejala morning sickness terutama pada kehamilan trimester pertama, meringankan gejala heartburn, menurunkan resiko terjadinya preclampsia, mencegah kram otot pada ibu hamil, serta sangat baik bagi perkembangan otak, otot, penglihatan dan sistem kekebalan atau imunitas ibu dan janin.

Disamping itu, ternyata semangka juga memiliki khasiat penting bagi kesehatan dan kecantikan. Manfaat buah semangka lainnya yang tidak boleh dilupakan yaitu, khasiatnya dalam menjaga elastisitas kulit yang memang sangat dibutuhkan oleh wanita hamil. Semangka juga memiliki kandungan lycopene yang cukup tinggi sehingga sangat baik sebagai antioksidan dan mencegah dari penuaan dini. Untuk kesehatan, semangka berperan dalam mencegah dehidrasi dan melancarkan pencernaan, serta dapat melindungi tubuh dari bahaya stroke.

Manfaat buah semangkat untuk anak-anak

Buah semangka tidak hanya baik bagi orang dewasa, namun juga sangat bermanfaat dan tidak berbahaya bagi bayi dan anak-anak. Diantara manfaat buah semangka untuk anak yaitu dapat digunakan sebagai obat demam pada balita dengan usia satu tahun keatas. Semangka yang berwarna merah, mengandung pigmen flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan berbagai macam penyakit serta meningkatkan imunitas tubuh.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

bolehkah ibu menyusui makan semangka; apakah semangka baik untuk ibu menyusui; bolehkah bayi 1 tahun makan semangka; semangka untuk ibu menyusui; manfaat buah semangka untuk ibu menyusui; ibu menyusui makan semangka; buah semangka; boleh kah anak usia 2 tahun makan semangka; manfaat buah semangka untuk anak; buah semangka untuk ibu menyusui;

Content Protection by DMCA.com