Hindari Gejala Penyakit Jantung dengan 4 Suplemen ini!

Penyakit kardiovaskuler alias penyakit jantung masih menjadi momok paling menakutkan dalam dunia kesehatan. Gejala penyakit jantung ditandai diawali dengan terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan gangguan pasokan darah ke otot-otot jantung. Penyakit ini semakin banyak terjadi, baik di negara-negara maju maupun negara-negara berkembang. Namun, berita baiknya adalah bahwa studi terbaru menunjukkan bahwa penyakit jantung beserta gejalanya dapat dihindari atau diminimalisir resikonya.

Suplemen pencegah Gejala penyakit jantung - Shutterstock

Suplemen pencegah Gejala penyakit jantung – Shutterstock

Supplemen untuk Menghindari Gejala Penyakit Jantung

Adalah suatu berita yang menggembirakan jika gejala penyakit jantung koroner dapat diatasi dengan supplemen. Memang, penelitian membuktikan bahwa penyakit jantung selalu berkaitan dengan dua hal, yakni: pola makan dan gaya hidup. Jadi, bukan hal asing jika makanan juga dapat digunakan untuk meminimalisir gejala penyakit ini. Berikut adalah pilihannya:

Suplemen Asam Lemak Omega-3

Kebanyakan gejala penyakit jantung berkaitan dengan kondisi inflamasi yang menyerang pembuluh darah. Nah, asam lemak omega-3 merupakan zat gizi esensial yang membantu meringankan inflamasi tersebut, sekaligus menurunkan kadar komponen lemak darah yang disebut trigliserida. Seperti diketahui, trigliserida yang tinggi sering dikaitkan dengan aterosklerosis dan diabetes mellitus, dua kondisi yang sama-sama membahayakan kesehatan.

Suplemen Omega-3 dari minyak ikan - Shutterstock

Suplemen Omega-3 dari minyak ikan – Shutterstock

Sumber asam lemak omega-3 yang paling mudah ditemukan adalah suplemen minyak ikan. Selain kaya akan Omega-3, minyak ikan juga mengandung docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA). Kedua jenis asam ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan trigliserida, dan mengurangi resiko kematian akibat gagal jantung. Konsumsi 2-4 gram minyak ikan setiap hari cukup untuk mensuplai asam lemak omega-3 harian.

Buah Delima (Punica Granatum)

Siapa sih yang tidak kenal dengan nama pomegranate ini? Jus buah delima segar telah digunakan selama berabad-abad untuk meningkatkan kesehatan jantung, seperti meringankan gejala penyakit jantung bengkak. Para ilmuwan modern juga percaya bahwa buah delima mengandung antioksidan yang dapat membantu mengatasi aterosklerosis dan menurunkan tekanan darah.

Teh Hijau (Camellia Sinensis)

Sama halnya dengan buah delima, teh hijau sangat bermanfaat untuk kesehatan. Setelah menemukan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG) yang bermanfaat untuk mencegah kanker, kini para ilmuwan modern berkonsentrasi untuk menemukan khasiat green tea untuk melindungi kesehatan jantung. Sejumlah penelitian yang telah dilakukan menemukan bahwa konsumsi 5-6 cangkir green tea setiap hari bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kini, ekstrak teh hijau juga telah tersedia dalam bentuk suplemen kapsul.

Manfaat pomegranat untuk kesehatan jantung - Shutterstock

Manfaat pomegranat untuk kesehatan jantung – Shutterstock

Coenzyme 10

Selain tiga suplemen di atas, sebenarnya masih ada sejumlah suplemen yang diyakini bermanfaat menjaga kesehatan jantung secara khusus, dan kesehatan tubuh secara umum. Di antaranya adalah Coenzyme Q10, atau yang dikenal dengan ubiqinone atau CoQ10. Pada dasarnya, enzim ini diproduksi secara alamiah oleh tubuh namun kadarnya semakin berkurang akibat usia maupun konsumsi obat-obatan. Suplemen coenzyme 10 adalah salah satu pilihan untuk mencegah gejala penyakit jantung serta menurunkan tekanan darah.

Berbeda dengan asam lemak Omega-3, teh hijau, maupun pomegranat yang tersedia dalam bentuk makanan atau minuman, Coezyme 10 hanya tersedia dalam bentuk suplemen. Namun apapun bentuknya, yang paling utama adalah manfaatnya untuk mencegah gejala penyakit jantung koroner.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

apakah penyakit liver itu berbahaya -suplemen jantung -suplemen kesehatan jantung -suplemen untuk jantung -

Content Protection by DMCA.com