Hindari Bahaya Penyakit Campak dengan Cara Alami Berikut

Banyak yang mengatakan bahwa setiap orang pasti pernah mengalami penyakit campak, setidaknya sekali seumur hidupnya. Benar atau tidaknya itu urusan lain; yang pasti, kapanpun campak menyerang, anda (terutama para ibu) harus siap dengan penanganannya. Meski tampanya sepele, penyakit ini sebenarnya berbahaya dan dapat mengancam jiwa, jika tidak ditangani dengan baik.


Penyakit campak pada anak - Fotolia

Penyakit campak pada anak – Fotolia

Campak disebabkan oleh virus rubeola, dan termasuk kategori yang mudah menular. Itulah sebabnya campak juga sering disebut rubeola. Jika anda atau salah seorang anak anda mengalami campak, sebaiknya jauhkan dari anak-anak yang lain karena penularan virus rubeola sangat cepat.

Penyakit Campak dan Pengobatannya

Penyakit campak pada anak maupun dewasa biasanya ditandai dengan beberapa fase, mulai dari fase inkubasi yang tidak menunjukkan gejala apapun. Fase berikutnya adalah munculnya gejala awal, seperti batuk, demam, dan flu. Tahap puncaknya ditandai dengan munculnya bercak-bercak merah pada seluruh tubuh dan demam tinggi hingga 38 derjat. Terakhir, fase penyembuhan ditandai dengan mengelupasnya bercak merah.

Pada dasarnya, penanganan campak dilakukan dengan memberikan obat untuk mengatasi gejala demam, flu dan batuk. Obat penurun demam yang biasanya digunakan adalah parasetamol atau ibuprofen. Keduanya cukup efektif untuk menurunkan demam serta mengurangi nyeri. Sementara itu, pengobatan alami umumnya hanya untuk mengatasi bercak-bercak pada kulit agar tidak menyisakan noda kehitaman.

Ubi kayu untuk mengobati campak - Fotolia

Ubi kayu untuk mengobati campak – Fotolia

Cara Alami Untuk Mengatasi Campak

Berikut adalah beberapa cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengatasi penyakit campak pada orang dewasa maupun anak-anak:

  • Parut ubi singkong dan peras sarinya. Kemudian, balurkan ke seluruh tubuh seperti mengenakan masker.
  • Konsumen perasan jeruk lebih banyak dari biasanya. Kandungan Vitamin C yang kaya di dalam buah jeruk akan membantu proses penyembuhan.
  • Minum air kelapa hijau untuk mempercepat penyembuhan. Alternatif lainnya adalah dengan memanaskan air kelapa hijau (yang masih di dalam tempurungnya) menggunakan api kayu. Kemudian, campurkan dengan kuning telur bebek, dan minum.
  • Hindari asap tembakau, karena asap dapat menurunkan sistem imun penderita campak
  • Jika anak yang mengalami campak menunjukkan gejala batuk, anda bisa memberikan campuran 1 sendok teh jus lemon dengan 2 sendok teh madu.
  • Pastikan penderita minum lebih baik air, karena penderita demam lebih rentan terhadap dehidrasi
  • Berkan suplemen untuk memperkuat sistem imun tubuh. Di antaranya adalah suplemen vitamin A, khususnya untuk penderita yang masih anak-anak.
Manfaat kelapa hijau untuk menangani campak - Fotolia

Manfaat kelapa hijau untuk menangani campak – Fotolia

Pada dasarnya, beberapa cara alami di atas bukanlah untuk memerangi virus rubeola yang menjadi penyebab campak, melainkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh penderita. Sistem imun tubuh yang kuat akan mempercepat proses pemulihan dari campak serta mencegah terjadinya komplikasi. Perlu diingat bahwa penyakit campak bisa mematikan. Penanganan yang tepat adalah kunci untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

bahaya penyakit campak; bayi tampek; madu campak; khasiat sari kurma untuk campak; kelapa ijo untuk campak; kelapa ijo untuk anak penderita campak; kelapa ijo buat tampek; cara mengobati campak dan bahayanya; buah uahammyg bagus untuk sakit gabakan; telur dara madu untuk campak;

Content Protection by DMCA.com