Hidup Bersih Menjadi Cara Mencegah Kanker Serviks Yang Ampuh

Di jaman sekarang, kita sebaiknya berhati-hati dengan adanya berbagai macam penyakit akhir-akhir ini. Khususnya  bagi perempuan, dimana penyakit kanker serviks terus membayangi. Berdasarkan data WHO, badan kesehatan PBB, hampir 1 wanita menderita kanker leher rahim dalam setiap menit. Meskipun kanker ini memakan waktu 10 sampai 20 tahun mulai dari infeksi HPV hingga menjadi kanker rahim, tetap saja jarang ada wanita yang waspada terhadapa penyakit ini. Untuk itu, perlu disadari betapa pentingnya untuk mengetahui cara mencegah kanker serviks.

Cara mencegah kanker serviks dengan ubah pola hidup (family.seru)

Cara mencegah kanker serviks dengan ubah pola hidup (family.seru)

Cara mencegah kanker serviks dengan ubah pola hidup

Ada banyak cara mencegah datangnya kanker leher rahim. Diantaranya adalah melakukan vaksinasi pada leher rahim dan deteksi kanker secara dini melalui Pap Smear. Kedua cara ini diyakini ampuh sekali dalam melakukan pencegahan terhadap datangnya kanker serviks, tapi harga perawatan ini sangatlah mahal, sehingga jarang sekali perempuan mau melakukannya. Lantas, adalah cara lainnya yang lebih mudah dan terjangkau?

Cara mencegah kanker serviks yang mudah dan terjangkau adalah dengan berlaku hidup sehat. Hidup sehat merupakan hidup dimana segala tindakan mengacu pada prinsip-prinsip kebersihan dan kesehatan. Beberapa poin-poin hidup sehat dalam upaya mencegah datangnya penyakit kanker ini, adalah :

  • Melakukan kebersihan diri seperti : mencuci Miss V dengan air yang bersih dan rajin mengganti pakaian dalam jika sudah terasa lembab. Termasuk juga berhati-hati jika buang air di perjalanan dengan tidak mencuci kemalauan dengan sembarang air.
  • Hindari merokok
  • Hindari terlalu sering memakan makanan yang mengandung pengawet dan mulai mengkonsumsi makanan bergizi dan penuh nutrisi agar hormon tubuh tetap seimbang. Bahan makanan berpengawet dan mengandung MSG diyakini menjadi pemicu berkembangnya sel-sel kanker.
  • Jika Anda sudah menikah, bersikap setia lah pada pasangan. Jangan sering gonta-ganti pasangan yang bisa mendatangkan berbagai macam virus termasuk HPV, virus utama penyebab kanker serviks.
  • Hindari melakukan hubungan intim saat usia dini.
  • Memperbanyak mengkonsumsi sayuran yang banyak mengandung beta karoten dan buah yang banyak mengandung vitamin C dan E.

Konsumsi sayur dan buah sebagai salah satu bentuk hidup sehat

Ada beberapa sayuran yang diyakini mampu mencegah muncul dan berkembangnya berbagai jenis penyakit. Sayuran tersebut adalah brokoli dan wortel. Brokoli memiliki kandungan vitamin B dan asam folat  yang mampu menurunkan pertumbuhan sel kanker leher rahim. Selain itu kandungan glucoraphanin dan indole 3-carbinal merupakan senyawa anti oksidan yang merupakan senyawa anti kanker. Wortel dapat memperkuat imunitas tubuh sehingga mampu menaikkan stamina penderita untuk melawan penyakit kanker dan juga dapat membersihkan darah dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Selain wortel dan brokoli, beberapa sayur dan buah-buahan yang baik untuk mencegah kanker serviks adalah kubis, alpukat, raspberry, blueberry, blackberry, teh hijau, coklat, tomat, dan minyak zaitun. Dengan rajin mengkonsumsi sayur dan buah-buahan tersebut secara rutin dapat menjadi cara mencegah kanker serviks yang sehat, non kimia, dan yang pasti murah. Hal ini merupakan cara paling sederhana dan mudah dalam melakukan tindakan pencegahan.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

buah pencegah kanker serviks -buah untuk kanker serviks -foto kanker rahim -makanan dan buah buahan yang mencegah kanker servik -mencegah kanker serviks dengan hidup sehat rajin memakan sayur hijau -mencegah mencegah -

Content Protection by DMCA.com