Gejala Penyakit Hati: Penyebab dan Gejala Umum

Hati adalah salah satu organ yang paling penting dalam tubuh kita yang berfungsi untuk menetralisir racun dari dalam darah, melindungi tubuh dari infeksi, dan memusnahkan bakteri atau parasit lain sehingga tubuh kita tetap terjaga kesehatannya. Oleh karena itu sebisa mungkin kita harus melindungi organ vital ini dari penyakit hati atau dalam istilah medis sering disebut sebagai hepatitis. Bila terserang oleh penyakit ini maka sel-sel hati akan mengalami peradangan sehingga akan mengalami penurunan fungsi normalnya.

Konsumsi obat-obatan berlebih dapat menimbulkan penyakit hati

Konsumsi obat-obatan berlebih dapat menimbulkan penyakit hati

Jenis-jenis penyakit hati dan gejalanya

Selain melindungi tubuh dari infeksi, organ hati juga bertanggung jawab terhadap pengaturan kadar gula, penyimpanan energi, kolesterol, enzim-enzim dalam darah serta hormon. Oleh karena itu jika sel-sel pada hati mengalami gangguan maka organ tubuh yang lain akan tercemar oleh kuman, racun, dan bakteri. Penyakit hati liver terdiri dari beberapa tipe yaitu hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis E, hepatitis F, dan yang terakhir adalah hepatitis G. Dari semua jenis penyakit liver tersebut yang lebih banyak menyerang adalah tipe pertama dan kedua yaitu hepatitis A dan B.

Gejala umum yang sering terjadi pada orang yang terserang penyakit liver ini adalah perubahan warna pada air seninya menjadi coklat kemerahan, mual, muntah, kehilangan selera makan, penurunan berat badan secara drastis, lemas dan tidak bersemangan, dan beberapa gejala lain. Penyebab timbulnya penyakit ini yang utama adalah karena pola hidup yang kurang sehat di mana tubuh melakukan aktifitas yang terlalu berat tetapi tanpa diimbangi oleh asupan makanan yang bernutrisi.

Kekurangan unsur gizi ini bisa membawa dampak negatif bagi organ hati apalagi bila ditambah dengan kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi alkohol, dan kurang istirahat. Selain karena faktor gaya hidup penyakit ini juga bisa dipicu oleh kelainan bawaan sejak bayi, terinfeksi bakteri atau virus, efek samping dari obat-obatan tertentu atau merupakan komplikasi dari penyakit yang lain.

Pola konsumsi yang tidak sehat dapat memicu penyakit hati

Pola konsumsi yang tidak sehat dapat memicu penyakit hati

Penyakit hati bengkak

Penyakit lain yang masih berhubungan dengan organ hati adalah penyakit yang disebut fatty liver atau penyakit hati bengkak yang terjadi akibat adanya penimbunan lemak pada sel-sel hati sehingga fungsi hati tidak lagi berjalan optimal. Penyakit ini dipicu oleh obesitas atau kelebihan berat badan, penderita penyakit diabetes, terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan minuman bersoda, efek samping obat-obatan, keracunan vitamin A, dan kekurangan protein.

Gangguan pada organ hati ini jika semakin parah dapat berkembang menjadi penyakit hati kronis bahkan menjadi sirosis hati. Sirosis adalah kondisi terjadinya penambahan jaringan ikat sehingga fungsi hati menjadi jauh berkurang. Efek samping lain yang tak kalah berbahaya akibat gangguan fungsi hati adalah gagal ginjal dan hati. Jika sudah sampai pada kondisi final tersebut yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan nyawa penderita hanyalah dengan donor hati. Tindakan antisipasi untuk mencegah penyakit hati adalah menerapkan pola hidup sehat termasuk pola makan sehat dan cukup istirahat.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

akibat ganguan fungsi liver -penyebab sakit hati -penyebab penyakit hati -penyebab gangguan fungsi hati -penyakit hati -pengakit hati -kerusakan fungsi hati -infeksi hati -gangguan fungsi hati -gangguan fu -Sakit fungsi hati -