Gejala Penyakit Ginjal dan Cara Mengatasinya

Sepertinya semua orang sudah mengetahui bahwa ginjal merupakan salah satu organ vital bagi tubuh kita. Ginjal berfungsi dalam tubuh kita sebagai penyaring racun dan kotoran dalam makanan yang kita konsumsi untuk kemudian dibuang melalui air seni. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan ginjal semenjak dini agar organ yang satu ini tetap dapat bekerja secara maksimal. Berikut ini adalah gejala penyakit ginjal yang patut Anda waspadai.


Gejala penyakit ginjal yang patut diwaspadai

Gejala penyakit ginjal yang patut diwaspadai (Sumber: Penyakitpedia)

Gejala Penyakit Ginjal Yang Umum Terjadi

Pada umumnya orang yang mengalami gangguan pada ginjalnya akan merasa sakit pada daerah di sekitar pinggang bahkan menyebar hingga ke pangkal paha dan seluruh tubuh. Perhatikan warna urine Anda, jika warnanya kemerahan atau coklat pekat maka kemungkinan Anda sedang mengalami masalah pada organ penyaring racun tersebut.

Warna air seni yang kuning pucat atau hampir transparan adalah petunjuk bahwa ginjal berada dalam kondisi sehat. Selain itu, penderita mungkin akan mengalami mual, muntah atau demam tinggi saat ginjal mengalami peradangan. Sangat penting bagi kita untuk mengetahui gejala penyakit ginjal dan pengobatannya untuk menjaga organ penting ini tetap sehat.

Resiko dan cara mengatasi penyakit ginjal

Gejala penyakit ginjal dan cara mengatasinya haruslah menjadi informasi yang patut diketahui walaupun kita adalah orang awam di bidang kesehatan. Dengan demikian, sejak awal kita akan dapat melakukan pencegahan sebelum penyakit benar-benar menyerang tubuh kita. Penyakit ginjal yang menjadi sangat parah akan berakhir dengan hilangnya fungsi organ penyaring ini atau yang sering disebut dengan gagal ginjal.

Penanganan Penyakit ginjal

Bila hal ini terjadi maka ginjal tak dapat lagi menyaring darah sebagaiman normalnya terjadi. Oleh sebab itu, beberapa langkah intervensi yang dapat dilakukan antara lain:

  • Penderita yang mengalami gagal ginjal harus menjalani cuci darah atau dialisis dengan mesin yang menggantikan fungsi ginjal.
  • Dokter juga bisa melakukan prosedur untuk memperbaiki aliran darah ke ginjal, mengangkat sumbatan pada saluran kemih
  • Menghentikan penggunaan obat-obatan yang memperberat kerja ginjal.
Obat-obatan dapat memperberat kerja ginjal

Obat-obatan dapat memperberat kerja ginjal (Sumber: Vemale)

Pencegahan penyakit ginjal

Selain mengetahui gejala dan pengobatannya, sebaiknya kita juga mempunyai pengetahuan yang memadai tentang gejala penyakit ginjal dan pencegahannya. Dengan demikian, kita bisa menghindari penyakit ginjal tersebut menimpa organ berharga kita. Untuk melindungi ginjal, sebaiknya lakukan hal-hal berikut:

  • Rajin mengecek tekanan darah kita. Penyakit ginjal dapat terjadi karena komplikasi penyakit tekanan darah tinggi yang kronis.
  • Suplemen dari ekstrak bawang putih memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah, tetapi berkonsultasilah dulu dengan dokter Anda untuk mengonsumsi suplemen ini karena mungkin ada efek samping bagi kesehatan Anda.
  • Menghilangkan kebiasan merokok dan minum alkohol karena kedua bahan tersebut membuat ginjal harus bekerja keras untuk menetralisir bahan itu

Demikianlah gejala penyakit ginjal yang harus Anda waspadai.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

cara mengobati penyakit ginjal; cara menyembuhkan penyakit ginjal; cara mengatasi penyakit ginjal; Cara mencegah penyakit ginjal; cara mengobati ginjal; cara mengatasi sakit ginjal; cara mengobati sakit ginjal; mengatasi penyakit ginjal; gejala penyakit ginjal dan cara mengatasinya; mencegah penyakit ginjal;

Content Protection by DMCA.com