Gejala Kanker Serviks Yang Tidak Boleh Diabaikan – Bagian 2

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas bahwa beberapa gejala kanker serviks antara lain pendarahan yang tidak normal, keputihan dengan gejala yang tidak normal, serta nyeri saat berhubungan intim. Selain tiga gejala tersebut, ada beberapa gejala lain yang harus diantisipasi sejak dini. Dengan demikian, penderita bisa mengambil langkah pengobatan sebelum kanker mencapai stadium yang lebih tinggi.


Gejala kanker serviks pada wanita (Fotolia)

Gejala kanker serviks pada wanita (Fotolia)

Gejala Kanker Serviks – Bagian 2

Berikut adalah gejala kanker serviks berikutnya yang perlu anda perhatikan:

Nyeri Rongga Panggul

Nyeri pada rongga panggul biasa terjadi pada wanita. Kram sering terjadi menjelang atau selama siklus menstruasi dan biasanya tidak menunjukkan adanya kanker atau kondisi serius lainnya. Namun, nyeri yang berlangsung lama dan terjadi lebih sering dari biasanya, maka harus diwaspadai karena bisa jadi merupakan salah satu gejala terjadinya kanker servis.

Pada penderita kanker serviks, rasa nyeri biasanya terjadi pada waktu-waktu yang tidak biasa. Namun, nyeri semacam ini hanya terjadi pada kanker yang sudah mencapai tahap lanjut. Jadi, jika anda mengalami nyeri atau rasa tertekan pada pelvis, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Tidak Nyaman Saat Buang Air Kecil

Kanker serviks juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat buang air kecil. Sebenarnya, ini adalah salah satu gejala paling kentara dari penyakit mematikan ini. Rasa tidak nyaman yang dirasakan bisa berupa rasa panas dan kaku. Gejala semacam ini terjadi saat kanker telah menyebar ke jaringan di sekitarnya. Jika demikian, penderita harus mendapatkan pemantauan secara medis untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Meski demikian, rasa tidak nyaman saat buang air kecil juga bisa terjadi karena masalah lain, seperti infeksi saluran urin, masalah di kantng kemih, infeksi jamur, atau penyakit menular seksual. Jadi, untuk memastikan penyebabnua, mintalah dokter melakukan pemeriksaan sehingga diagnosis dan pengobatannya lebih tepat.

Menstruasi Lebih Banyak dan Lebih Lama

Menstruasi lebih banyak dan lebih lama dari biasanya adalah gejala lain yang harus diantisipasi dari kanker serviks. Iritasi serviks yang terjadi karena penyebaran kanker bisa menjadi penyebab masalah ini. Pendarahan dianggap berat jika anda harus mengganti pembalut sekali dua jam. Selain kanker, pendarahan hebat sebenarnya juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, polip, penyakit radang pelbis, tiroid, penyakit ginjal dan hati.

Kondisi ini bahkan bisa disebabkan oleh obat-obatan tertentu. Jadi, jika anda mengalami perubahan pola menstruasi secara signifikan, maka pilihan terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter.

Hilangnya Kendali Buang Air Kecil

Kondisi ini umumnya terjadi pada wanita hamil dan orang yang mengkonsumsi banyak cairan. Namun, jika anda sering buang air kecil tanpa alasan yang jelas, maka hal itu perlu diperhatikan. Kontrol buang air kecil merupakan salah satu masalah utama yang dihadapi penderita kanker. Hal ini terjadi ketika penyakit telah menyebar ke area sekitarnya, sehingga mempengaruhi kantung kemih. Pada penderita kanker serviks, urine bisa juga bercampur dengan darah.

Penurunan Berat Badan Tanpa Alasan Yang Jelas

Sama halnya dengan jenis kanker lainnya, penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas bisa juga mengindikasikan kanker serviks. Ketika seseorang menderita kanker, sistem imun tubuh bekerja lebih berat untuk melawannya. Akibatnya, tubuh memproduksi protein-protein kecil bernama sitokin, yang memecah lemak lebih cepat daripada biasanya. Inilah yang menyebabkan penurunan berat badan meski anda tidak sedang berdiet.

Sebenarnya, masih ada beberapa gejala kanker serviks lain yang harus anda antisipasi sejak dini, seperti rasa lelah berkepanjangan dan nyeri pada kaki. Jadi, jika anda wanita usia 20 hingga 30 tahun, sebaiknya lakukan skrining setiap 3 tahun, dan setiap 3 hingga 5 tahun pada wanita usia 30 hingga 65 tahun. Ingat! Pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

sering kencing dan keputihan; Cara herbal mengobati mulut rahim; 2 hal gejala kanker rahim yg sering di abaikan;

Content Protection by DMCA.com