Efek Samping Pil KB Bagi Kesehatan Dalam Jangka Panjang

Pil KB menjadi salah satu alternatif alat kontrasepsi andalan. Yang menjadi masalah jika dikonsumsi terus menerus apakah akan berdampak pada kesehatan wanita? Efek samping pil KB bagi kesehatan dalam jangka panjang perlu anda pikirkan setelah membaca penjelasan di bawah ini.

Pil KB disusun dari komponen estrogen dan progesteron, atau salah satunya. Hormon yang terdapat dalam pil KB harus dapat mempengaruhi proses internal tubuh supaya pembuahan tidak terjadi sehingga tidak ada kehamilan setelah berhubungan suami istri.

Karena cara kerja pil KB yang dapat mempengaruhi proses internal tubuh inilah maka sebagian wanita merasakan ada efek samping pil KB bagi kesehatan wanita dalam jangka panjang. Efek Samping Pil KB terjadi karena dampak kelebihan estrogen maupun kelebihan progesteron. yaitu antara lain:

  • Efek samping karena kelebihan estrogen, antara lain mual yang dapat disertai muntah, retensi atau penumpukan cairan, berat badan bertambah, sakit kepala, nyeri payudara, keputihan, dan tekanan darah tinggi.
  • Efek karena kelebihan progesteron, antara lain perdarahan yang tidak teratur, nafsu makan bertambah, kegemukan, jerawat, rambut rontok bahkan hingga botak, keputihan, dan haid sedikit.
  • Efek samping pil KB yang serius tetapi masih menjadi perdebatan para ahli antara lain emboli paru, trombosis otak dan tromboflebitis.

Demikian efek samping pil KB bagi kesehatan dalam jangka panjang. Jadi sebaiknya jika anda minum pil KB jangan diminum secara terus-menerus karena dampaknya tidak baik untuk kesehatan wanita.


Source :Efek minum pil kb jangka panjang;