Diet Rendah Kalori dan Pentingnya Cheat Day

Siapa yang tak mau memiliki bentuk tubuh ideal dengan berat badan seimbang? Tentu saja terutama bagi wanita hal ini sangat penting karena bentuk tubuh yang ramping akan semakin menyempurnakan penampilan. Anda pun akan dapat berpartisipasi pada berbagai trend fashion yang sedang digemari terutama untuk pakaian-pakaian yang menonjolkan lekuk tubuh. Untuk itu tak heran bila banyak wanita mencoba beragam jenis diet untuk membuat berat badannya menjadi ideal termasuk dengan diet rendah kalori. Secara umum arti dari diet rendah kalori tentu adalah menjaga pola makan kita dengan asupan makanan yang rendah kalori agar berat badan tidak melonjak.

Cheat day pada diet rendah kalori - Shutterstock

Cheat day pada diet rendah kalori – Shutterstock

Mengapa Cheat Day Penting Pada Diet Rendah Kalori?

Makanan apa saja yang tergolong rendah kalori? Untuk mengatur menu diet rendah kalori sebenarnya tidak terlalu sulit karena beberapa jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari juga dapat dikatakan rendah kalori, seperti misalnya jeruk lemon, sayur bayam, selada air, lobak, asparagus, kubis, kale, bawang putih, dan minuman favorit kita di pagi hari yaitu kopi. Konsumsi jeruk lemon akan sangat membantu program diet kita karena khasiatnya yang lain adalah dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh.

Kontrol tetap penting selama cheat day – Shutterstock

Kontrol tetap penting selama cheat day – Shutterstock

Dalam melaksanakan program penurunan berat badan ini tentu tak setiap hari kita harus mengonsumsi makanan rendah kalori untuk diet. Jadi pilihlah hari di mana Anda boleh melakukan cheating dan memanjakan lidah kita sekali seminggu dengan makanan favorit kita. Ini dapat menjadi reward setelah target berat tubuh yang kita rencanakan tercapai. Tetapi ingat bahwa cheat day bukanlah ajang balas dendam sehingga Anda diperbolehkan melahap semua makanan yang Anda sukai. Jika demikian, bukannya berkurang, berat badan Anda justru akan semakin bertambah.

Tips Menjalani Cheat Day Pada Diet Rendah Kalori

Yang dibutuhkan pada saat melakukan cheat day adalah pengendalian diri agar Anda tak mengonsumsi berbagai hidangan berkalori tinggi. Keadaan ini bisa menjadi bumerang sehingga Anda harus bekerja ekstra keras untuk mengembalikan berat badan ideal Anda. Walaupun tak mengonsumsi makanan diet rendah kalori pada hari tersebut, pastikan bahwa menu makanan Anda cukup mengandung karbohidrat, lemak sehat, protein, vitamin, dan mineral. Lalu bagaimana dengan acara memanjakan lidah Anda? Jangan khawatir karena saat ini sudah banyak hidangan yang bernutrisi tetapi tetap bercitarasa lezat.

Tetap lakukan olah raga selama cheat day – Shutterstock

Tetap lakukan olah raga selama cheat day – Shutterstock

Saat sedang menjalankan cheating dan tak mengonsumsi menu diet rendah kalori sebagaimana hari biasa, imbangi dengan melakukan olahraga untuk membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Olahraga yang merupakan hobby Anda  tentu akan lebih menyenangkan untuk dilakukan. Selain tubuh akan menjadi bugar, Anda juga dapat sekaligus melakukan rekreasi untuk melepas lelah. Berolahraga diketahui juga akan membantu tubuh melepaskan hormon bahagia yang disebut endorfin sehingga membantu Anda untuk menetralisir rasa stres akibat pekerjaan atau aktifitas harian.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

cheat day adalah -

Content Protection by DMCA.com