Diet Menurut Golongan Darah A Untuk Hindari Asam Urat

Untuk yang telah dinyatakan mengidap asam urat, segera mengubah gaya hidup sehat. Memulai diet sangatlah penting agar tak menimbun asam urat banyak dan berbagai penyakit lainnya. Menjalankan diet menurut golongan darah bagi penderita asam urat sangat penting agar tehindar dari nyeri di tubuh anda. Kadar asam urat normal pada wanita adalah 2,4-6 mg/dl, sementara pria 3-7 mg/dl. Bagi penderita asam urat, memiliki kadar asam lebih dari itu.


Diet menurut golongan darah A - Shutterstock

Diet menurut golongan darah A – Shutterstock

Orang yang memiliki golongan darahnya A sebenarnya tidak mengalami banyak masalah kesehatan. Karakternya pun cukup bagus. Akan tetapi banyak yang menderita asam urat sebab mengkonsumsi makanan mengandung purin sangat tnggi. Maka, pola hidup sehat dan gizi seimbang sangat penting untuk pemilik golongan darah A.

Bahaya Purin pada Diet Menurut Golongan Darah A

Zat purin bagi penderita asam urat harus dihindari. Pada dasarnya, zat purin dapat menimbulkan asam urat karena metabolisme tubuh terganggu dan asupan makanan mengandung purin tinggi, sehingga kinerja pada ginjal jadi tidak maksimal. Asam urat disebabkan pengkristalan purin dalam tubuh, terjadi jika metabolisme mengalami gangguan. Zat purin bisa jadi senyawa berbahaya. Gejala akibat pengkristalan pada persendian yaitu bengkak bisa jadi lumpuh. Gejala awal di antaranya rasa nyeri, linu persendian, bengkak, dan panas.

Bila menderita asam urat yang masih tahap awal, sebaiknya jangan memaksakan diri mengkonsumsi makanan yang tinggi purin karena bisa asam urat tiba-tiba keesokan harinya. Bila anda pernah menderitanya  tetap memaksakan diri mengkonsumsi makanan yang tinggi purin, level penyakit asam urat yang tinggi dapat berakibat kelumpuhan. Karena itu, purin bisa berbahaya bagi yang pernah menderita asam urat.

Seafood, makanan kaya purin, Howickclub

Seafood, makanan kaya purin, Howickclub

Menu Diet Rendah Purin Untuk Golongan Darah A

Makanan yang dihindari adalah yang mengandung purin tinggi. Oleh sebab itu, pemilik golongan darah A sebaiknya menghindari makanan ginjal, hati, otak paru, jantung, kerang, sarden, abon, tape, dendeng, alkohol, dan alkohol. Orang dengan golongan darah A harus bisa mengontrol diri  untuk tidak mengkonsumsi seafood. Pasalnya zat purin pada seafood paling tinggi kadarnya.

Contoh menu diet bagi penderita asam urat golongan darah A adalah:

  • Makan pagi; anda bisa mengkonsumsi makanan yang berprotein. Untuk menu pagi hari yaitu nasi, telur dadar, kopi kedelai, jus buah.
  • Makan siang; menu saat siang hari, waktu istirahat dari kerja yaitu nasi, tahu yang dikukus, urab, buah pepaya, dan pepes ikan.
  • Makan malam; saat malam hari cukup dengan nasi, baceman tempe, sayur asem, dan buah pisang.
Alkohol berbahaya pada diet golongan darah A - Shutterstock

Alkohol berbahaya pada diet golongan darah A – Shutterstock

Daging tidak baik dikonsumsi untuk diet anda, tapi tidak semua daging dilarang. Daging yang dianjurkan bagi diet menurut golongan darah A yaitu ayam dan jenis unggas lain. Daging yang dihindari yaitu sapi, kambing, domba, dan kelinci. Terutama daging yang diolah dicampur dengan santan.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

agar badan tinggi menurut golongan darah A; makanan sehat golongan drh a dan penderita asam urat; mengurangi makanan tinggi purin;

Content Protection by DMCA.com