Diet Golongan Darah B dan Bahaya Makanan Kaya Lektin

Diet golongan darah adalah satu cara yang dinilai cukup efektif untuk menurunkan berat badan sekaligus menghindari resiko penyakit kronis maupun gangguan metabolisme tubuh. Setiap golongan darah tentunya memiliki ciri khas tersendiri. Diet golongan darah B, misalnya, dinilai relatif lebih fleksibel dibanding diet golongan darah A, atau golongan darah lainnya. Pasalnya, pemilik golongan darah B relatif bisa mentolerir hampir segala jenis makanan, kecuali makanan kaya lektin.

Diet sehat golongan darah B - Shutterstock

Diet sehat golongan darah B – Shutterstock

Bahaya Lektin pada Diet Golongan Darah B

Pemilik golongan darah B direkomendasikan menghindari makanan kaya lektin. Mengapa? Anda cukup beruntung karena tubuh anda relatif tahan terhadap penyakit kronis seperti kanker atau serangan jantung. Namun, tubuh anda tidak begitu tahan dengan penyakit yang menyerang sistem kekebalan, seperti lupus atau sklerosis. Penyakit seperti ini sering dikaitkan dengan makanan kaya lektin.

Lektin adalah sejenis protein pengikat sel tubuh; jika kadarnya tinggi di dalam tubuh pemilik golongan darah B, lektin dapat mengganggu sirkulasi darah dan pada akhirnya menurunkan sistem kekebalan tubuh. Secara rinci, ada beberapa bahaya lektin (jika kadarnya tinggi) pada tubuh anda, yakni:

  • Mengganggu proses pembakaran lemak
  • Dapat memicu kelainan darah, jika tertimbun di dalam sistem pembuluh darah
  • Dapat memicu stroke akibat timbunan lektin dalam aliran darah
  • Dapat memicu kenaikan berat badan, karena sistem metabolisme melambat
  • Mengganggu produksi insulin
  • Memicu retensi cairan, dan
  • Memicu iritasi lambung
  • Memicu kelelahan
Ayam tidak dianjurkan untuk diet Golongan Darah B - Shutterstock

Ayam tidak dianjurkan untuk diet Golongan Darah B – Shutterstock

Dengan berbagai resiko di atas, maka cara diet golongan darah B adalah dengan menghindari berbagai jenis makanan yang diketahui kaya akan kandungan lektin. Apa sajakah makanan tersebut?

Diet Sehat Golongan Darah B: Kurangi Konsumsi Lektin

Untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan dan meminimalisir resiko penyakit akibat gangguan sistem kekebalan tubuh, maka menu diet sehat golongan darah B sebaiknya tidak memuat (atau meminimalisir) makanan-makanan berikut:

  • Gandum seperti gandum hitam atau gandum utuh; kaya akan lektin yang dapat mengganggu efisiensi pembakaran lemak
  • Jagung; dapat memicu penambahan berat badan, karena sistem metabolisme melambat dan dapat memicu retensi cairan
  • Daging ayam dan kerang-kerangan; kaya akan lektin yang mengganggu aliran darah
  • Biji wijen dan kacang-kacangan; dapat menimbulkan kelelahan dan gangguan produksi hormon insulin
  • Tomat; mengandung lektin yang dapat menyebabkan iritasi lambung
Jagung dapat mengganggu metabolisme pemilik Golongan Darah B - Shutterstock

Jagung dapat mengganggu metabolisme pemilik Golongan Darah B – Shutterstock

Berita baiknya adalah bahwa pemilik golongan darah B bisa mentolerir semua jenis produk olahan susu (asalkan tidak berasal dari kacang-kacangan). Oleh sebab itu, sumber protein yang dianjurkan dalam diet golongan darah B adalah susu sapi, daging sapi, atau ikan laut. Sementara itu, sumber karbohidrat yang dianjurkan cukup bervariasi, selain jagung, gandum utuh dan produk olahannya.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

gol darah b dilarang makan ayam -makanan paling berbahaya untuk berat badan si pemilik golda b -golongan darah b -kandungan jagung yang tidak baik untuk golongan darah b -Lektin daftar makanan -makanan mengandung lektin -makanan yg mengandung lektin -

Content Protection by DMCA.com