Di Manakah Letak Perbedaan Tumor dan Kanker?

Selama ini banyak sekali masyarakat yang menyamakan definisi atau pengertian dari tumor dan kanker. Padahal sebenarnya kedua penyakit berbahaya tersebut memiliki perbedaan dan dengan mudah bisa difahami jika ingin mengetahuinya. Perbedaan tumor dan kanker sebenarnya ada pada jenis sel yang membawanya lalu penyebab terjadinya kanker dan tumor pada bagian tubuh manusia. Jika kemudian terjadi benjolan atau pembengkakan, maka perlu diwaspadai apakah benjolan tersebut adalah kanker atau tumor.

Perbedaan tumor dan kanker

Perbedaan tumor dan kankerĀ (Theplexusblog)

Perbedaan tumor dan kanker: Benjolan

Tumor secara umum disebut juga sebagai benjolan atau pembengkakan yang terjadi secara tidak normal (abnormal) pada bagian tubuh baik itu tumor ganas maupun tumor jinak. Benjolan tersebut lama kelamaan mungkin akan semakin membesar dan akan terasa sakit. Secara umum, tumor disebut juga sebagai kondisi dimana terjadinya sel yang pertumbuhannya terjadi pada tubuh secara jinak. Sel tumor tidak menyebar, akan tetapi bertumbuh di satu tempat tertentu dan akan terus membesar seiring berjalannya waktu.

Tumor berasal dari bahasa latin yang artinya pembengkakan dan merujuk kepada jaringan di dalam tubuh yang memiliki massa yang tidak normal. Misalnya saja adanya pembengkakan pada bagian payudara dengan setiap harinya terus berkembang dan terasa sakit. Tumor tersebut bersifat tidak menyebar hanya saja akan terus membesar jika tidak segera di angkat.

Perbedaan Tumor dan Kanker: Proses Sel

Jika tumor tidak menyebar, maka yang menjadikan kanker berbeda dengan tumor ialah adanya proses pembelahan sel yang tidak terkendali. Sel sel tersebut kemudian mampu menyerang jaringan biologis lain pada bagian tubuh sehingga dapat menyebar dan langsung mengivansi jaringan di sebelahnya. Pertumbuhan yang tidak terkontrol ini disebabkan adanya kerusakan pada DNA dan menyebabkan proses mutasi gen vital yang biasanya mengontrol pembelahan sel. Dengan kerusakan tersebut maka tidak menutup kemungkinan sel yang normal lama kelamaan akan berubah menjadi sel kanker.

Penyebab kanker disebut karsinogen yang dibawa oleh makanan secara kimia dan aktifitas fisik juga diwariskan. Jika tumor ada yang bersifat jinak dan ganas, maka sel kanker bersifat ganas, invasif dan juga merusak jaringan dan menyebar dengan cepat. Jika tumor akan semakin membesar dalam hal masa benjolan atau pembengkakan dan ada di suatu tempat saja, maka kanker akan bersifat menyebar sehingga ketika jaringan atau sel awal sudah rusak maka akan berpindah ke jaringan lain sehingga seluruh sel akan menjadi sel kanker.

Dengan mengetahui perbedaan tumor dan kanker maka dalam menjalani hidup harus lebih hati hati dan tidak menjudge dengan cepat sebuah benjolan sebagai kanker. Sebaiknya dihindari berbagai makanan yang bersifat karsinogen dan mengatur pola makan sehingga tidak ada bahan kimia yang berbahaya yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan tumor atau kanker yang akan membahayakan kehidupan.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

perbedaan TUMOR dan KANKER -perbedaan kanker dan tumor -apa benjolan tumor cepet membesar -perbedaan penyakit tumor dengan kanker -perbedaan kanser dan barah -perbedaan benjolan kangker dan non kangker -kangker -cara membedakan benjolan kanker dan nonkanker -cara membedakan benjolan kanker dan non kanker -benjolan yang semakin membesar dan sakit -badan sehat tapi benjolan semakin membesar -apa itu masa tumor -tumor dan kangker apakah sama -

Content Protection by DMCA.com