Demam, Penyebab Penyakit Jantung Rematik?

Anda mungkin masih sedikit asing terhadap penyakit jantung rematik yang merupakan salah satu jenis penyakit kardiovaskuler. Penyakit ini terjadi karena ditemukannya katup-katup pada jantung yang rusak secara permanen. Katup tersebut mengalami kerusakan karena adanya bakteri streptococcus β hemoliticus tipe A yang pada akhirnya menimbulkan demam rematik.

Penyakit jantung rematik - healthtap

Penyakit jantung rematik – healthtap

Waspadai Penyakit Jantung Rematik Pada Anak

Penyakit ini juga bisa terjadi pada anak-anak usia 5-15 tahun. Penyakit jantung rematik pada anak juga disebabkan oleh bakteri streptococcus β hemoliticus tipe A yang senang berada di tempat-tempat yang kotor seperti taman bermain atau tempat yang berada di luar ruangan. Setelah bakteri tersebut masuk, maka anak anda akan mulai demam rematik yang bila tidak segera diatasi bakterinya akan menuju ke jantung melalui peredaran darah dan menyebabkan radang.

Sitem imun tubuh pada anak-anak tentu belum sekuat yang dimiliki oleh orang dewasa, dan bakteri penyebab penyakit jantung rematik sayangnya tidak bisa dikenali oleh sistem imun. Hal tersebut dikarenakan bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh bersamaan dengan protein dan terlihat seperti protein yang normal. Sehingga bisa dengan mudah masuk ke dalam jantung tanpa perlawanan.

Berikut beberapa gejala yang ditimbulkan penyakit jantung rematik pada anak-anak.

  • Sesak napas
  • Nyeri yang sering berpindah tempat
  • Sakit perut
  • Cepat lelah dan tidak bersemangat
  • Ditemukannya benjolan pada kulit
  • Berat badan terus menurun
Demam adalah gejala yang harus diwaspadai pada anak - drronoberstein

Demam adalah gejala yang harus diwaspadai pada anak – drronoberstein

Untuk mengobatinya penggunaan antibiotik dan anti radang untuk mengurangi peradangan dan membersihkan bakteri yang ada di dalam jantung. Sedangkan untuk meminimalisasi adanya komplikasi pada penyakit ini, asupan gizi yang dikonsumsi harus benar-benar dalam kontrol dari dokter. Jika kondisi radang pada katup jantung semakin memburuk, tentu satu-satunya jalan yang bisa ditempuh adalah operasi.

Faktor Penyebab Komplikasi Penyakit Jantung Rematik

Penyakit jantung rematik bisa saja diawali dari infeksi yang terdapat pada tenggorokan atau biasa disebut dengan faringitis yang tidak mendapatkan pengobatan yang tepat. Terdapat beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab komplikasi penyakit jantung rematik, yaitu sebagai berikut :

  • Faktor genetik dengan adanya antigen limfosit dalam jumlah yang tinggi
  • Usia kisaran 5-15 tahun
  • Ras dan etnik yang dimiliki, karena lebih banyak dialami oleh orang kulit hitam daripada kulit putih
  • Kondisi kecukupan gizi
  • Jenis kelamin dengan ditemukannya lebih banyak pada anak perempuan daripada anak laki-laki
  • Adanya kemiripan antara dinding bakteri dengan polisakarida pada glikoprotein menyebabkan miokarditis dan valvulitis saat terjadi demam rematik

Anda harus memperhatikan aspek-aspek tersebut untuk bisa menghindari penyakit jantung rematik yang berbahaya ini. Jangan abaikan setiap gejala yang muncul mulai dari sakit tenggorokan dan demam yang terjadi, karena merupakan gejala awal yang bisa dikenali.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

mengapa bisa terjadi gangguan jantung karena demam -Obat demam buat penyakit jantung -rematik jantung -rematikjantung -sakit jantung demam -

Content Protection by DMCA.com