Dapatkah Menentukan DBD Tanpa Tes Darah?

Dapatkah menentukan DBD tanpa tes darah? Penyakit demam berdarah dengue (DBD) disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti betina yang membawa virus dengue. Gejala demam berdarah mirip sekali dengan penyakit lain yang sama-sama disebabkan oleh virus sehingga tidak mungkin memastikan seseorang menderita DBD tanpa periksa darah terlebih dahulu.

Tetapi kita dapat mengamati setiap gejala DBD yang akan muncul pada 4-7 hari setelah anda digigit nyamuk aedes aegypti yang telah terinfeksi. Yang perlu diingat adalah kita hanya bisa menduga-duga saja dengan mengamati gejalanya yang akan menjadi bahan pertimbangan kapan waktunya anda check up ke dokter.

Dapatkah Menentukan DBD Tanpa Tes Darah
Ilustrasi tes darah (credit to shutterstock)

Gejala DBD yang perlu diwaspadai

Salah satu gejala utama yang perlu anda waspadai yaitu demam tinggi. Suhu badan orang yang terkenan DBD berkisar 38-400C. Demam tinggi ini terjadi selama 7 hari. Adapun waktu yang direkomendasikan ketika anda perlu cek darah yaitu demam di hari ke 3-4.

Gejala Demam berdarah lain yang perlu diwaspadai adalah pusing, sakit di belakang bola mata, pegal di badan, ruam atau bintik pada kulit tanpa disertai rasa gatal.

Mengapa Tes Darah harus di hari ke 3

Tes darah perlu dilakukan untuk memeriksa eksistensi antibodi dalam melawan virus dengue, yang disebut IgM anti Dengue. Tubuh manusia perlu waktu beberapa hari untuk dapat menghasilkan antibodi tersebut. Itulah asalan mengapa perlu waktu minimal hari ke 3 anda demam.

Selain memeriksa antibodi, dokter juga biasanya akan memeriksa darah untuk mengukur jumlah trombosit darah. Jika jumlah trombosit rendah, maka kemungkinan besar terkena DBD. Kepastian anda terkena DBD saat anda memperoleh hasil positif pada tes yang pertama (antibodi dengue).

Sedikitnya kadar trombosit dan meningkatnya kadar hematokrit adalah hal berbahaya untuk penyakit demam berdarah. Sebab jika trombosit terlalu rendah maka dapat mengakibatkan rentan pendarahan di organ dalam yang tidak terlihat. Jika tidak segera mendapatkan perawatan medis maka dapat mengancam jiwa.

Oleh sebab itulah banyak dokter lebih menyarankan jika anda terkena demam tinggi lebih dari 3 hari maka jangan dianggap hal sepele. Segera lakukan cek darah untuk mengetahui antibodi dan trombosit di tubuh anda.

Baca juga:

Jadi jawaban untuk pertanyaan Dapatkah Menentukan DBD tanpa tes darah? adalah tidak bisa, karena dokter tidak mungkin dapat mendiagnosis penyakit demam berdarah tanpa melalui tes darah.