Ciri-ciri Kelainan Jantung Bawaan Pada Bayi

Penyakit tidak hanya akan menyerang seseorang yang sudah dewasa. Jika tidak dijaga pola makan secara tepat, anak-anak juga bisa terkena penyakit mematikan seperti jantung. Sayangnya, kelainan jantung pada bayi atau anak-anak seringkali tidak terdeteksi sejak dini. Bisa saja, penyebab utamanya ada pada orang tua si bayi, mulai dari bawaan penyakit jantung hingga pola makan yang salah saat mengandung.

Ciri-ciri Kelainan Jantung Bawaan Pada Bayi

Ciri-ciri Kelainan Jantung Bawaan Pada Bayi (Cardiac-surgeon-india)

Misalnya pada ibu hamil, apa saja yang anda konsumsi akan berdampak dan juga dirasakan oleh bayi dalam kandungan. Itulah mengapa untuk ibu hamil disarankan untuk tidak mengkomsumsi makanan yang merugikan seperti soda, alkohol dan juga makanan berlemak. Ini akan merugikan bayi anda karena juga akan mendapatkan asupan makanan seperti itu.

Kelainan Jantung Pada Bayi: Warna Biru

Umumnya, bayi lahir dengan warna kulit dan juga bersemua merah, namun untuk beberapa kasus kelainan jantung pada bayi adalah munculnya warna biru pada beberapa tempat, mulai dari bayi yang terlihat lebih biru saat menangis, mulai dari kuku, bibir serta lidah. Hal ini akan terjadi lagi saat bayi menggunakan banyak tenaganya, seperti menyejan saat buang air besar, menyusui dan melakukan beberapa hal yang menguras tenaga.

Selain itu, wajah bayi yang menunjukkan roda berbeda dengan jantungnya akan terlihat lebih pucat dan kebiruan. Ini adalah suatu kelainan yang harus diwaspadai. Anak yang menderita kelainan jantung sejak bayi akan lebih banyak diam. Ini bukan normal untuk bayi yang baru lahir.

Kelainan Jantung Pada Bayi: Tidak Berwarna Biru

Justru, tidak terjadinya perubahan pada kulit bayi lebih berbahaya, karena dokter dan orang tua tidak tahu bahwa bayi tersebut menderita kelainan jantung bawaan. Akibatnya, diagnosis penyakit seringkali terlambat. Namun, ada beberapa gejala yang perlu mendapat perhatian, seperti: sesak nafas, malas menyusui dan tidak aktif bergerak, bahkan terkesan tidur pulas terus menerus. Tanda ini akan terlihat semakin jelas setelah mengalami nafas tersengal sengal dan kejang akibat jantungnya tidak normal.

Sebaiknya, anda mengantisipasinya dengan meminta dokter untuk memeriksa bayi secara menyeluruh. Bayi yang menderita kelainan pada jantung namun tidak berwarna biru ini akan lebih serius dan sulit untuk melakukan penanganan karena tidak adanya kontraksi ataupun tanda-tanda secara langsung. Untuk ibu sebagai calon orang tua, suami dan istri harus mempunyai pengetahuan luas tentang bayi, sebaiknya mulai mencari informasi sebelum merencanakan kehamilan. Banyak orang tua yang terlambat mengenali gejala kelainan jantung pada anak-anak. Akibatnya, kondisi anak terdeteksi dengan terlambat dan dokter tentu tidak bisa melakukan banyak hal, apalagi jika dalam kondisi bayi.

Penting untuk menjaga pola makan dan pola hidup anda selama mengandung. Jangan lupa untuk memberikan asupan makanan sehat dan hindari beberapa makanan yang merugikan. Bayi akan lebih banyak terkena efeknya dari pada sang ibu.