Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Terapi Jus Buah

Buah dan sayuran memang merupakan bahan makanan alami yang harus dikonsumsi setiap hari dalam porsi yang lebih dominan dibandingkan daging atau makanan berlemak. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, buah dan sayuran juga bermanfaat sebagai sarana terapi kesehatan dan salah satunya merupakan cara menurunkan kolesterol. Berikut ini adalah beberapa resep yang bisa membantu Anda terutama yang tengah mengalami permasalahan ini.


Cara menurunkan kolesterol (Fotolia)

Cara menurunkan kolesterol (Fotolia)

Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Jus Buah-Buahan

Agar upaya ini membawa hasil yang optimal sebaiknya pilihlah bahan buah-buahan yang masih segar agar nutrisinya bisa terserap maksimal oleh tubuh. Jenis-jenis buah yang bisa Anda gunakan adalah jeruk manis dan jeruk bali, pisang, alpukat, jambu biji, semangka, belimbing, anggur, apel, pepaya, serta melon.

Resep 1: Jeruk dan Pepaya dan Pisang

Untuk membuat resep 1 ini bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah 2 buah jeruk yang telah dikupas serta dipisahkan dari kulit arinya, 120 gram pepaya yang telah dikupas dan dipotong-potong, 2 buah pisang yang juga telah dikupas dan dipotong-potong, dan es batu secukupnya bila suka.

Cara membuat: Pertama, masukkan jeruk, pepaya, dan pisang pada gelas blender dengan air matang secukupnya atau dua gelas dan blender hingga hancur. Sebelum dihidangkan Anda bisa menyaring jus buah-buahan ini terlebih dahulu. Agar lebih segar es batu bisa ditambahkan.

Resep 2: Buah Bit, Wortel, dan Apel

Cara sehat menurunkan kolesterol yang berikutnya adalah dengan jus buah bit, wortel, dan apel. Bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah, 1 buah bit, 3 buah wortel berukuran sedang, 1 buah apel yang sudah dikupas dan dipotong-potong, 1 sendok teh bubuk lada hitam, dan es batu secukupnya.

Manfaat buah bit untuk menurunkan kolesterol (Shutterstock)

Manfaat buah bit untuk menurunkan kolesterol (Shutterstock)

Cara membuat: Masukkan buah apel, wortel, bit, dan jahe ke dalam blender dengan air matang secukupnya dan blender hingga halus. Setelah itu saring hasilnya lalu bubuhkan lada hitam dan diaduk dengan sendok hingga merata. Bila menyukainya Anda juga bisa menambahkan es batu.

Resep 3: Rambutan, Belimbing, dan Jamu Biji

Untuk membuat resep 3 ini Anda membutuhkan 50 gram rambutan, 50 gram belimbing, 100 gram jambu biji merah, ½ gelas air putih, dan es batu secukupnya. Buah-buahan sebelumnya harus dikupas dan dipotong-potong terlebih dahulu

Cara membuat: Masukkan buah-buahan ke dalam blender, tambahkan air putih, dan blender seluruh bahan hingga halus. Anda bisa menyaring terlebih dahulu hasil blenderan ini serta menambahkan es agar lebih nikmat saat dikonsumsi.

Resep 4: Jambu Biji dan Mangga

Jus untuk menurunkan kolesterol berikutnya adalah jus jambu biji jeruk keprok dengan bahan-bahan 100 gram jambu biji (dicuci dan dipotong-potong), ½ gelas  air sari jeruk keprok, 100 gram buah mangga (dicuci dan dipotong-potong), ½ gelas yoghurt tanpa rasa (plain), dan es batu secukupnya.

Cara membuat: Masukkan buah-buahan ke dalam gelas blender, termasuk air jeruk dan yoghurt kemudian blender hingga halus. Terakhir tuangkan ke dalam gelas saji ditambah es batu bila suka.

Jantung sehat dengan terapi buah (Shutterstock)

Jantung sehat dengan terapi buah (Shutterstock)

Yang menjadi pemicu utama peningkatan kadar kolesterol dalam darah adalah konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dalam keseharian Anda. Bila kondisi tersebut tak diimbangi dengan asupan makanan dengan lemak baik atau LDL (low density lipoprotein) maka resiko terserang penyakit jantung serta penyakit-penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah akan meningkat.

Untuk itu, selain melakukan terapi jus dengan resep di atas sebagai cara menurunkan kolesterol sebaiknya Anda juga membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi seperti keju, mentega, jeroan, serta gajih. Semoga bermanfaat!



Permasalahan yang ada dalam artikel :

jus untuk kolesterol; buahbitkolestrol; jus untuk menurunkan kolesterol; jus menurunkan kolesterol; jus buah untuk menurunkan kolesterol; jus penurun kolesterol dengan cepat; untuk menurunkan kolestrol jus jeruk pake es apa engga; jus buah untuk kolestrol; jus buah bit dapat mengurangi kolestrol; cara menyaring biji jambu setelah di blender;

Content Protection by DMCA.com