Cara Menurunkan Berat Badan Alami Pasca Melahirkan

Bagi seorang wanita masa-masa melahirkan buah hati dapat dikatakan sebagai momen yang membahagiakan karena ia telah lengkap sebagai seorang wanita. Tetapi ada kalanya kebahagiaan ini kadang bercampur dengan rasa frustasi bila melihat bentuk tubuhnya yang tak juga ramping pasca melahirkan si kecil. Jangan terburu-buru menggunakan cara-cara penurunan berat badan dengan konsumsi obat karena bisa saja berdampak kepada bayi Anda bila Anda menyusui buah hati. Berikut ini adalah cara menurunkan berat badan alami setelah melahirkan.

Cara menurunkan berat badan alami pasca melahirkan – Shutterstock

Cara menurunkan berat badan alami pasca melahirkan – Shutterstock

Cara Menurunkan Berat Badan Alami Dengan Mudah Pasca Melahirkan

Menyusui

Ada metode yang paling praktis sebagai cara menurunkan berat badan alami setelah melahirkan yaitu menyusui. Memberikan air susu Anda kepada buah hati hingga berusia 6 bulan atau lebih tak hanya membantu membentuk kekebalan tubuh dan menunjang kecerdasan otaknya tetapi juga memberikan manfaat bagi Anda. Ibu yang menyusui bayinya berarti setiap hari dia telah mengurangi kalori dalam tubuhnya sebesar 5000 kalori. Sama dengan berolahraga, bukan?

Makan lebih sering

Ya, Anda tidak salah membaca, untuk menurunkan berat badan kita memang sebaiknya makan lebih sering tetapi dalam porsi yang lebih kecil. Makan sebanyak 4 atau 5 kali sehari akan membantu tubuh Anda tak merasa kelaparan sehingga nafsu untuk ngemil atau mengonsumsi makanan berkalori tinggi akan lenyap. Dengan demikian Anda juga akan lebih mampu mengendalikan jenis makanan yang Anda santap. Agar nutrisi buah hati bisa terpenuhi konsumsilah lebih banyak sayuran dan buah segar yang kaya vitamin, enzim, dan antioksidan.

Menyusui dapat menurunkan berat badan – Shutterstock

Menyusui dapat menurunkan berat badan – Shutterstock

Memilih makanan

Pandai-pandailah memilih makanan yang hendak Anda konsumsi karena Anda juga harus memperhitungkan kebutuhan gizi bayi Anda walaupun berniat menurunkan berat badan pasca melahirkan. Makanan sehat yang rendah kalori dan lemak disarankan bagi Anda. Jauhi fast food dan makanan olahan atau soda yang mempunyai kadar gula tinggi. Agar menu makanan harian Anda lebih tepat, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi.

Air putih

Konsumsilah air putih dalam jumlah yang direkomendasikan karena akan membantu membentuk tubuh Anda menjadi lebih ideal. Air putih akan menjaga tubuh tetap terhidrasi sekaligus menunjang proses metabolisme tubuh termasuk dalam proses detoksifikasi untuk meluruhkan toksin dan lemak. Mengonsumsi air putih sebelum makan juga akan membuat kita lebih cepat kenyang sehingga konsumsi makanan menjadi lebih sedikit.

Olah raga dan air putih penting untuk merampingkan tubuh – Shutterstock

Olah raga dan air putih penting untuk merampingkan tubuh – Shutterstock

Olahraga

Terakhir, Anda bisa berolahraga untuk merampingkan tubuh dengan lebih cepat. Tetapi sebelumnya lakukan konsultasi dengan dokter Anda untuk mengetahui jenis olahraga yang disarankan bagi wanita setelah melahirkan apalagi bila Anda melahirkan dengan cara operasi caesar. Pada umumnya olahraga yang direkomendasikan pasca melahirkan adalah berenang atau yoga.

Nah, semoga ulasan tentang cara menurunkan berat badan alami setelah melahirkan di atas bisa menambah wawasan Anda tentang diet sehat yang aman dan lebih minim efek samping. Selamat mencoba!

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

cara mengurangi berat badan pas melahirkan -menurunkan berat badan pasca melahirkan -cara mwnurunkan berat badan pasca melahirkan -nurunin badan alami yang bisa lahiran -

Content Protection by DMCA.com