Cara Menguatkan Otot Kaki Dengan Mudah Tanpa ke Gym

Bagi pria dan wanita anggota tubuh kita yang satu ini tentu setiap hari bekerja sangat keras untuk membawa kita kemana pun tujuan kita. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk memiliki sepasang kaki yang kuat agar aktifitas harian kita tidak mengalami gangguan. Nyeri, pegal, hingga kram pada kaki adalah gangguan kesehatan yang sering kita alami terutama jika aktifitas kita terlalu padat dan kurang istirahat. Demikian ini adalah beberapa cara menguatkan otot kaki dengan olahraga yang tepat dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah tanpa perlu mengunjungi pusat kebugaran.

Cara menguatkan otot kaki - Shutterstock

Cara menguatkan otot kaki – Shutterstock

Cara Menguatkan Otot Kaki Dengan Olahraga Yang Tepat

Squat

Salah satu gerakan olahraga paling mudah sebagai cara memperkuat otot kaki adalah gerakan squat. Pertama, berdirilah dengan bahu tegap sambil membuka kaki selebar pundak. Ulurkan tangan ke depan atau letakkan pada pinggang kemudian tekuk lutut Anda. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik dan lakukan berulang kali hingga 8 hitungan. Lakukan gerakan ini dalam 4 set latihan untuk memperoleh hasil yang optimal. Selain dapat memperkuat otot kaki, bonusnya Anda juga akan mendapatkan bentuk kaki yang ramping dan indah.

Lunges

Gerakan yang kedua ini juga cukup mudah untuk Anda lakukan sendiri. Lunges dilakukan dengan cara berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu kemudian tekuk salah satu lutut dan luruskan kembali. Lakukan gerakan ini bergantian dan ulangi sebanyak 15 kali dalam 4 set latihan.

Membentuk otot kaki dengan squat - Shutterstock

Membentuk otot kaki dengan squat – Shutterstock

Cara Menguatkan Otot Kaki Dengan Menyenangkan

Olahraga untuk memperkuat otot kaki dapat Anda lakukan dengan cara yang menyenangkan, yaitu dengan berjalan kaki. Anda tinggal berjalan kaki berkeliling kompleks atau di taman terdekat pada pagi hari di hari libur. Selain otot kaki menjadi terlatih olahraga yang sederhana ini juga dapat merampingkan betis Anda. Lakukan bersama pasangan atau keluarga agar olahraga ini dapat sekaligus menjadi rekreasi bagi Anda.

Lari atau joging saat ini menjadi olahraga yang semakin banyak diminati oleh masyarakat. Anda dapat mencoba olahraga ini selain berjalan kaki untuk menguatkan otot kaki. Sebaiknya kenakan sepatu joging khusus yang dapat meredam getaran agar Anda terhindar dari resiko cedera pada kaki. Selain dilakukan di luar ruangan, Anda juga dapat melakukan olahraga lari menggunakan treadmill. Berenang juga dapat menjadi pilihan untuk mengencangkan otot kaki walaupun sebenarnya olahraga ini dapat melatih hampir keseluruhan otot tubuh kita.

Menguatkan Otot Kaki Dengan Lari - Shutterstcok

Menguatkan Otot Kaki Dengan Lari – Shutterstcok

Saat tengah berada di kantor, Anda dapat memanfaatkan tangga sebagai sarana olahraga sekaligus melatih kaki Anda. Jadi mulai sekarang usahakan untuk tidak terus-menerus menggunakan lift saat hendak berpindah lantai. Sesungguhnya dengan sedikit kreatifitas kita dapat memanfaatkan sarana yang kita temui baik di rumah atau pun di tempat kerja untuk berolahraga termasuk menerapkan cara menguatkan otot kaki. Selamat mencoba!

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

ayat untuk kuatkan kaki untuk berjalan -olaraga apa yg menguatkn otot pingu -olahraga untuk menguatkan lutut -menguatkan otot kaki dan paha -Macam mana nak tegap kaki -lari berjalan menguatkan otot -cara menguatkan kaki -cara memperkuat otot kaki secara singkat -cara cepat membuat otot kaki di rumah -tips menguatkan otot kaki ketika berlari -