Cara Mengobati Sakit Kepala di Belakang Mata

Apakah anda sering mengalami sakit kepala di belakang mata? ketahui dahulu apa penyebabnya. Setelah itu simak keseluruhan artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara mengobati sakit kepala di belakang mata berdasarkan sumber penyebab utamanya.


Seperti telah dijelaskan sebelumnya, bahwa rasa pusing akibat sakit kepala yang terjadi di belakang salah satu atau kedua mata rasaya seperti nyeri yang tajam, tumpul, berdenyut, atau tekanan intens. Nah rasa sakit kepala di belakang mata tidak kalah dibandingkan rasa nyeri akibat penyakit migrain.

Cara Mengobati Sakit Kepala di Belakang Mata

Sakit kepala di Belakang Mata (Gambar istock)

Cara mengobati Sakit Kepala di Belakang Mata

Sakit kepala di belakang mata kemungkinan terjadi karena salah satu atau beberapa faktor yaitu mata kering, gangguan tajam penglihatan, lumpuh saraf kranial, neuritis optik, skleretis, sindrom inflamasi orbial, tension headache, sakit kepala cluster, migren, sinusitis, demam berdarah (DBD), masalah gangguan hormon.

Berikut cara untuk mengobati sakit kepala yang terjadi di area belakang mata berdasarkan penyebabnya.

a. Sakit kepala yang diakibatkan migren

Istirahat atau cukup tidur adalah langkah pertama untuk mengobati migrain. Anda dapat menciptakan suasana kamar yang gelap gulita, tenang, dan sejuk. Selain itu, secangkir teh hitam atau kopi sebagai sumber kafein seringkali cukup untuk meredakan rasa pusing akibat sakit kepala. Opsi lainnya dapat berupa pijat, konsumsi vitamin tambahan, dan menggunakan obat seperti ibuprofen, parasetamol, dan aspirin. Tentu saja, pemakaian obat tersebut harus dengan rekomendasi dan pengawasan dokter.

b. Sakit Kepala yang diakibatkan sinusitis

Anda dapat menggunakan uap untuk meringankan sumbatan dan tekanan di belakang mata. Selain itu, semprotan hidung dengan cairan saline atau yang mirip diketahui juga mampu mengatasi kondisi ini. Jika sakit kepala terus berlanjut, maka berkonsultasilah dengan dokter di klinik atau rumah sakit.

c. Sakit Kepala yang diakibatkan cluster headaches

Sakit kepala cluster dapat diredakan dengan terapi oksigen. Beberapa ahli kesehatan merekomendasikan obat sumatriptan atau dihydroergotamine sebagai opsi meredakan pusing sakit kepala yang terjadi di belakang mata. Obat tersebut biasanya juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit migren.

d. Hindari makanan dan minuman tertentu

Beberapa makanan disinyalir dapat menyebabkan sakit kepala cluster maupun migrain seperti alkohol, tembakau, makanan ber monosodium glutamat (MSG/vetsin). Selain itu kedelai yang tinggi estrogen dapat menyebabkan pusing pada orang yang sensitif.

e. Obat medis

Ada beberapa jenis obat sakit kepala yang dijual apotek dan toko obat Anda dapat menanyakan rekomendasi apoteker untuk jenis sakit kepala anda. Tentu saja, anda mesti terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter agar dapat diketahui sumber utama penyebab sakit kepala di belakang mata.

Baca juga info menarik sehat alamiku berikut:

Demikian cara mengobati sakit kepala di belakang mata. Semoga rasa pusing yang mengganggu aktivitas keseharian anda menjadi lekas sembuh.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

cara hilangkan ngeri belakang mata dan sakit kepala; cara menghilangkan nyeri dibelakang mata; cara meredakan pusing yg diakibatkan pangkal mata;

Content Protection by DMCA.com