Cara Mengobati Penyakit Cacar Air

Penyakit Cacar Air merupakan merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster. Persebaran penyakit ini melalui media udara sehingga bisa menular secara masif. Penyakit ini bisa menginfeksi siapa saja mulai dari balita hingga dewasa. Selayaknya penyakit yang disebabkan oleh virus, cacar air menginfeksi orang yang kekebalan tubuhnya sedang menurun, terutama yang belum pernah terserang penyakit ini.

Penyakit Cacar Air (disehat)

Penyakit Cacar Air (disehat)

Proses inkubasi penyakit cacar air

Cacar air atau chicken pox dikenal dengan bahasa medis Varicella Simplex. Virus Varicella yang mudah tersebar melalui udara ini biasanya akan memberikan tanda bahwa dia sudah menyerang korbannya dalam waktu 2 sampai 3 minggu. Korban yang terserang cacar air ini badannya akan terasa panas, namun bukan seperti demam biasa.

Pada kondisi awal penderita akan merasa seperti demam, pilek, cepat lelah, lemah dan lesu. Pada kondisi yang ekstrem, pasien bisa menderita sakit pada persendian dan sakit kepala. Kemudian setelah beberapa hari muncullah bintik kemerahan pada kulit sekitar dada, punggung dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Bintik merah tersebut lalu berubah menjadi bintil yang berisi cairan dan biasanya terasa gatal. Hal inilah yang menyebabkan penderita cacar air, terutama anak-anak, akan merasa gatal dan menggaruknya hingga pecah.

Penanganan Penyakit Cacar Air Pada Anak membutuhkan perhatian ekstra dan ketelatenan dari orang yang merawat. Sebab seringkali anak akan mengeluh karena tubuhnya gatal dan perih di saat yang bersamaan. Namun sebagai orang tua, Anda wajib tetap memberikan asupan gizi yang sehat dan berusaha membuat anak untuk istirahat yang cukup. Karena peningkatan kekebalan tubuh adalah obat terbaik bagi segala penyakit termasuk cacar air.

Penyakit Cacar Air Pada Balita bisa dihindari dengan bantuan imunisasi, dengan cara menyuntikkan vaksin cacar ke dalam tubuh balita Anda. Namun jika sudah terlanjur terinfeksi maka penanganannya harus lebih ekstra ketimbang pada anak yang berusia 5 tahun ke atas. Karena balita masih sulit untuk berkomunikasi sehingga yang mungkin terjadi adalah balita Anda akan sering menangis dan amat sulit untuk memberikan pengertian kepada balita agar jangan menggaruk bintil cacarnya karena bisa menyebabkan infeksi yang lebih lanjut.

Penyakit Cacar Air Dan Pengobatannya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Berobat ke dokter, karena dokter akan memberikan obat tertentu untuk menekan pertumbuhan virus Varicella dan memberikan vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  2. Selain itu mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan seperti tomat dan jambu merah juga dipercaya membantu mendongkrak daya tahan tubuh.
  3. Usahakan tetap menjaga kesehatan kulit dengan tetap mandi selama terserang cacar. Karena mandi akan membantu mengurangi kemungkinan infeksi lanjutan yang disebabkan oleh terbukanya bintil cacar akibat digaruk.

Penyakit Cacar Air merupakan penyakit yang umum dan bisa menyerang siapa saja terutama yang belum pernah terinfeksi. Oleh karena itu selalu menjaga kebersihan dan kekebalan tubuh adalah cara terbaik untuk mencegah terserang cacar air, terutama jika Anda belum pernah terinfeksi.

Artikel Sehat Alami ini dikenal, sbb :

cara menurunkan panas karena cacar -cara pengobatan penyakit carp pox -obat panas dan cacar -obat untuk carp pox -saat sedang cacar air mandi terasa perih bagaimana? -

Content Protection by DMCA.com