Cara Mengobati Mata Silinder

Apakah anda menderita mata silinder? Pengobatan mata silinder secara medis perlu dilakukan agar penglihatan anda tidak lagi mengalami gangguan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada beberapa cara mengobati mata silinder yang biasanya diterapkan bagi penderitanya, mulai dari penggunaan kacamata hingga operasi mata silinder.


Mata silinder atau astigmatism merujuk pada kondisi mata yang mengalami penglihatan kabur dan berbayang karena bentuk kornea atau lensa mata yang tidak cembung sempurna.

Baca juga: Penyebab mata silinder

Tanda-tanda atau gejala mata silinder secara umum yaitu penglihatan kabur atau berbayang. Jika kita amati, penderita mata silinder akan sering memicingkan mata saat melihat objek jauh maupun dekat. Selain itu, penderita biasanya mengeluh kesulitan untuk membaca tulisan kecil, sakit kepala, mata tegang, dan lelah setelah membaca atau menggunakan komputer. Kondisi tersebut akan semakin terasa manakala mata silinder tidak diobati secara medis. Pada kasus gangguan mata silinder yang ringan, gangguan penglihatan mungkin tidak akan terlalu terasa secara signifikan.

Yang perlu diperhatikan adalah jika mata silinder dialami oleh anak-anak, karena kemungkinan besar mereka belum menyadarinya. Gejala mata silinder pada anak-anak dapat berupa sulit fokus melihat tulisan cetak di buku. Mereka juga dapat mengalami tanda-tanda lainnya seperti sakit kepala, mata lelah, dan mata tegang.

Cara mengobati Mata Silinder

Ilustrasi Pemeriksaan Mata Silinder (Credit to HKSG)

Cara Mengobati Mata Silinder

Pengobatan mata silinder dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut:

1. Memakai kacamata

Dengan menggunakan lensa khusus, kacamata dapat dijadikan sebagai alat untuk mengoreksi penglihatan kabur atau berbayang akibat mata silinder.

2. Menggunakan lensa kontak

Prinsip lensa kontak sebetulnya sama dengan kacamata. Pemilihan yang tepat sangat tergangung pada selera penderitanya. Nah, agar anda tidak salah memilih lensa kontak (contact lens), berkonsultasilah dengan dokter spesialis mata.

Berbeda dengan mata Myopia atau Minus atau Rabun Jauh, silinder cenderung tidak akan bertambah jika kita memakai kacamata atau lensa dengan ukuran yang tepat. Silinder justru akan bertambah jika kita tidak menggunakan ukuran aslinya. Pada umumnya, penderita yang menggunakan kacamata atau lensa dengan ukuran yang sebenarnya maka silindernya akan tetap pada ukuran tersebut.

3. Operasi LASIK

Tujuan operasi lasik untuk mata silinder yaitu untuk memperbaiki kesalahan bias dengan membentuk kembali kornea mata.

Melalui operasi lasik maka cahaya yang jatuh pada kornea dapat fokus pada retina dengan benar. Berbeda dengan kacamata dan lensa kotak yang hanya sebagai alat bantu, operasi LASIK untuk mengobati mata silinder adalah tindakan pembedahan mata dengan bantuan alat laser yang modern.

Prosedur operasi lasik membutuhkan waktu sekitar 20 menit tanpa proses penjahitan, karena pembedahannya memakai laser modern. Pembedahan yang dilakukan hanya untuk menyayat lapisan kornea, kemudian dilakukan penyinaran untuk memperbaiki mata yang rusak. Terakhir kornea akan ditutup dan akan menempel dengan sendirinya sehingga operasi lasik tidak menyebabkan bekas luka maupun jahitan.

Apakah operasi lasik itu rasanya sakit? Jawabannya tentu saja tidak. Tetapi pada saat pemulihan, banyak pasien akan merasa nyeri atau gatal pada mata dengan intensitas yang berbeda-beda.

4. Operasi LASEK

Prosedur ini hampir sama dengan LASIK, tetapi flap (lapisan) dibuat lebih tipis hanya setebal lapisan epitel.

*Epitel adalah jaringan yang melapisi sesuatu struktur dan saluran.

5. Photorefractive keratectomy (PRK)

Dengan prosedur Photorefractive keratectomy (PRK), lapisan epitel dapat dihilangkan tanpa membuat flap. Setelah adanya operasi LASIK dan LASEK, maka prosedur PRK jarang digunakan oleh dokter spesialis mata.

Jangan lewatkan, baca sehat alamiku berikut:

Cara mengobati mata silinder perlu dilakukan setelah anda berkoordinasi dengan dokter spesialis mata. Jangan ragu untuk mengunjungi rumah sakit mata agar pengobatan mata silinder dapat ditangani dengan baik.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

Cara menurunkan kolesterol dg ramuan tradisional; olah raga angkat tubuh; Pengobatan penyakit jantung secara alami; Punggung sakit abis bab;

Content Protection by DMCA.com