Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Bahan Alam – Bagian 1

Stretch mark ditandai dengan garis-garis (biasanya berwarna putih) yang terlihat kentara di permukaan kulit, khususnya di sekitar perut. Namun, stretch mark juga lazim terlihat di area paha, lengan atas,  bokong, maupun dada. Bahkan, garis-garis putih ini bisa terlihat di area yang cukup luas. Lalu, bagaimana cara menghilangkan stretch mark yang mengganggu keindahan kulit anda? Kondisi ini umumnya terjadi karena kehamilan, namun juga bisa karena faktor lain, seperti pertambahan berat badan secara tiba-tiba, faktor keturunan, stress, maupun perubahan kondisi fisik.


Cara Menghilangkan Stretch Mark (Fotolia)

Cara Menghilangkan Stretch Mark (Fotolia)

Bahan Alami Sebagai Cara Menghilangkan Stretch Mark

Garis-garis putih yang muncul pada permukaan kulit terkadang membuat pemiliknya merasa tidak nyaman. Untungnya, adaa beberapa bahan alam yang bisa dimanfaatkan sebagai obat alami stretch mark, antara lain:

Minyak Jarak

Minyak jarak memang kerap digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti keriput, bintik hitam akibat proses penuaan, tahi lalat, komedo, maupun garis-garis halus pada wajah. Ternyata, minyak atsiri dari tanaman jarak ini juga bermanfaat untuk mengatasi stretch marks. Caranya:

  • Oleskan minyak jarak pada garis-garis putih di permukaan kulit; pijat lembut dengan arah melingkar selama 5 hingga 10 menit
  • Bungkus area tersebut menggunakan kain lembut yang tipis.
  • Gulingkan botol berisi air hangat pada area yang telah diolesi minyak jarak selama sekitar setengah jam
  • Ulangi proses ini setiap hari, minimal selama 1 bulan, dan anda akan merasakan manfaatnya.
Manfaat minyak jarak untuk menghilangkan stretch mark (Fotolia)

Manfaat minyak jarak untuk menghilangkan stretch mark (Fotolia)

Lidah Buaya

Anda tentu tahu bahwa lidah buaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah sebagai cara mengatasi stretch mark. Lidah buaya memiliki khasiat penyembuhan sekaligus mendinginkan. Ada beberapa pilihan cara yang bisa anda lakukan:

  • Anda bisa menggosokkan daging lidah buaya secara langsung ke permukaan kulit yang mengalami stretch mark. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas menggunakan air hangat-hangat kuku
  • Cara lainnya adalah mencampurkan ¼ cangkir jel lidah buaya, minyak dari 10 kapsul vitamin E, dan minyak dari 5 kapsul vitamin A. Aduk rata. Gosokkan campuran tersebut ke permukaan kulit hingga terserap merata. Ulangi proses ini setiap hari.

Air Lemon

Cara sederhana berikutnya untuk mengatasi stretch mark yang mengganggu adalah air jeruk lemon. Buah sitrus ini secara alami memiliki banyak khasiat, termasuk untuk menyembuhkan dan menyamarkan garis-garis pada permukaan kulit maupun noda bekas jerawat. Ada beberapa pilihan cara menghilangkan stretch mark menggunakan lemon, antara lain:

  • Gosokan air perasan lemon segar secara tipis dan merata pada permukaan kulit (area stretch mark) dengan cara melingkar. Biarkan air lemon tersebut membasahi kulit anda setidaknya selama 10 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat.
  • Campurkan air mentimun dan air jeruk lemon dalam jumlah yang sama. Oleskan pada permukaan stretch mark, dan anda akan merasakan efek dinginnnya.

Lakukan proses ini secara berulang hingga garis-garis putih pada permukaan kulit menipis dan perlahan hilang.

Manfaat kentang untuk menghilangkan stretch mark (Fotolia)

Manfaat kentang untuk menghilangkan stretch mark (Fotolia)

Kentang

Air yang terkandung dalam kentang mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi memacu pertumbuhan dan pemulihan sel-sel kulit. Adapun cara menggunakannya:

  • Siapkan satu buah kentang berukuran sedang, dan potong tebal
  • Ambil satu potongan kentang dan gosokkan secara lembut pada area stretch mark selama beberapa menit. Pastikan air yang terkandung dalam kentang menutupi area kulit
  • Biarkan selama beberapa menit hingga meresap, sebelum dibilas dengan air hangat kuku.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan stretch mark dengan bahan alami. Jika anda menginginkan alternatif lainnya, jangan lewatkan pada pembahasan berikutnya……….



Permasalahan yang ada dalam artikel :

cara menghilangkan bekas seperri strerch mark tapi permukaannya tidak rata; daun ubat sreetch mark; daun untuk menghilangkan strechmark; manfaat kentang pada strechmark; obat menghilangkan garis di perut yang alami;

Content Protection by DMCA.com