Cara Mengenali Penyakit Menular dan Tidak Menular

Menurut ilmu kesehatan, terdapat dua jenis penyakit yang bisa menimpa manusia, yang pertama adalah penyakit menular dan juga jenis yang tidak menular. Untuk bisa mengetahui apakah sebuah penyakit menular atau tidak, maka Anda harus bisa mengenali karakteristiknya terlebih dahulu. Dengan demikian, anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk menghindarinya.


Contoh Penyakit Menular - Herpes (Shutterstock)

Contoh Penyakit Menular – Herpes (Shutterstock)

Karakteristik Umum Penyakit Menular

Ada beberapa karakteristik untuk mengenali jenis penyakit yang menular di antarannya:

Penyakit Kulit

Hampir semua jenis penyakit yang mengenai kulit bisa menular dengan cepat dan media penularannya adalah melalui kulit. Apabila orang yang sehat menyentuh orang yang terkena penayakit kulit, maka bisa dipastikan orang yang sehat juga bisa terkena penyakit yang sama dalam beberapa hari.

Penyakit Yang Ditularkan Melalui Udara

Udara juga menjadi sebuah karakteristik tersendiri dari penyakit menular. Terdapat beberapa penyakit yang bisa menular melalui udara karena bakteri serta virus ikut terbang dan masuk ke dalam saluran pernapasan manusia. Proses penularan penyakit ini tergolong sangat cepat sehingga daya tahan tubuh manusia bisa cepat menurun.

Penyakit Kelamin

Berhubungan intim tanpa menggunakan alat pengaman dan juga sering bergonta-ganti pasangan merupakan salah satu karakteristik utama sebuah penyakit bisa menular karena secara tidak langsung sel orang yang sehat bercampur dengan orang yang memiliki penyakit sehingga virus bisa bersarang dan tumbuh pada orang yang sehat.

Cara Mengenali Penyakit Tidak Menular

Dengan mengenali penyakit menular dan tidak menular, maka Anda bisa melakukan tindakan pencegahan supaya tidak ikut tertular. Terdapat beberapa karakteristik untuk mengenali penyakit yang tidak menular di antarannya:

Contoh penyakit tidak menular pada organ dalam tubuh - Shutterstock

Contoh penyakit tidak menular pada organ dalam tubuh – Shutterstock

Tidak Ada Media Penularan

Jenis penyakit yang tidak menular memang tidak memiliki media atau sarana yang bisa membuat sebuah virus menempel pada orang lain karena sifat penyakit langsung timbul dan muncul dari sel di dalam tubuh secara independen sehingga tidak ada rantai penularan.  Salah satu contohnya adalah penyakit yang terjadi di organ tubuh bagian dalam, seperti penyakit jantung atau penyakit ginjal.

Masa Inkubasi Yang Panjang

Terkadang jenis penaykit yang tidak menular merupakan jenis yang paling berbahaya karena tumbuh sendiri di dalam sel tubuh dengan jangka waktu yang lama. Dalam masa inkubasi yang panjang tersebut, penyakit akan secara perlahan menggerogoti bagian sel di dalam tubuh tanpa Anda sadari sehingga ketika Anda merasakan efeknya, penyakit tersebut sudah berada dalam level yang tinggi.

Sulit Untuk Didiagnosa

Dikarenakan jenis penyakit yang tidak menular tersebut muncul dari dalam sel-sel tubuh sehingga sangat sulit didiagnosa karena biasanya pengidap penyakit tersebut tidak berbeda dari kebanyakan orang sehat lainnya yang tidak memiliki penyakit sehingga tidak ada yang mengetahui gejala-gejala ataupun efek samping yang diderita oleh orang tersebut. Selain itu, jenis penyakit tersebut juga memiliki pengobatan serta perawatan yang tinggi karena membutuhkan kemampuan medis yang tinggi untuk menanganinnya

Apabila Anda sudah mengetahui berbagai macam cara untuk mengenali jenis penyakit menular ataupun yang tidak menular, maka Anda bisa mengambil tindakan pencegahan utama sehingga penyakit tersebut tidak menimpa Anda dan tetap bisa hidup dengan sehat untuk melakukan segala aktivitas.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

apakah asam urat menular; apakah asam urat bisa menular; Apakah asam urat it menular; apakah asam urat menular ?; apakah penyakit asam urat menular; apakah sembelit menular?; Asam urat menular; bagaimana cara mengetahui pria itu sehat dan tidak punya penyakit menular;

Content Protection by DMCA.com