Cara Mengatasi Tangan dan Kaki Berkeringat – Bagian 2

Pada artikel sebelumnya telah dibahas bahwa cuka apel dan air jeruk lemon adalah dua dari beberapa obat alami yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi tangan dan kaki berkeringat alias hyperhidrosis. Namun, jika anda kesulitan untuk mendapatkan dua bahan tersebut, atau kulit anda terlalu sensitif terhadap lemon, maka masih ada sejumlah alternatif lain untuk anda coba.


Cara mengatasi tangan dan kaki berkeringat (Fotolia)

Cara mengatasi tangan dan kaki berkeringat (Fotolia)

Cara Mengatasi Tangan dan Kaki Berkeringat Secara Alami

Berikut adalah beberapa bahan alami lainnya yang bisa anda manfaatkan sebagai obat herbal telapak tangan dan kaki berkeringat:

Tepung Kanji

Obat herbal lainnya untuk mengatasi hyperhidrosis adalah tepung kanji, yang berfungsi sebagai anti-perspirant alami. Obat herbal ini bekerja menyerap kelembaban dan menetralisir bau yang kurang sedap pada tubuh anda. Selain itu, kanji mudah dibawa ke mana saja, sehigga cocok untuk orang yang kerap bepergian. Cara menggunakannya adalah:

  • Campurkan tepung kanji dan baking soda dalam jumlah yang sama. Simpan di dalam botol bedak
  • Bersihkan keringat pada bagian tubuh yang akan diberi obat herbal menggunakan handuk atau tisu
  • Semprotkan campuran tepung tersebut ke area tersebut.
  • Gunakan setiap kali dibutuhkan
Mengatasi tangan dan kaki berkeringat dengan tomat (Fotolia)

Mengatasi tangan dan kaki berkeringat dengan tomat (Fotolia)

Tomat

Tomat mengandung sifat pendingin dan astringent alami untuk membantu mengendalikan masalah telapak tangan dan kaki yang berkeringat. Tomat membantu menyusutkan pori-pori dan menghambat saluran sekresi keringat. Bahkan, dengan meminum jus tomat saja, anda bisa menurunkan suhu tubuh, dan pada akhirnya mengurangi produksi keringat. Cara menggunakannya:

  • Cara 1: Iris 1 buah tomat berukuran sedang dan gosokkan pada area tubuh yang berkeringat secara berlebihan
  • Cara 2: oleskan jus tomat segar pada area tubuh yang berkeringat. Diamkan selama 10 hingga 15 menit. Cuci dengan air suam-suam kuku. Lakukan sekali sehari.
  • Cara 3: Minum 1 gelas jus tomat setiap hari selama 1 minggu, dan kurangi dosisnya hingga 1 gelas per 2 hari secara perlahan.

Teh Hitam

Teh hitam yang biasa anda konsumsi pada pagi atau sore hari bisa menjadi obat herbal telapak tangan dan kaki berkeringat. Teh hitam kaya akan tannin yang berperan sebagai astringet. Artinya, teh dapat menghambat pori dan mencegah keringat berlebih. Selain itu, tannin membantu menjaga suhu tubuh agar tetap sejuk, sehingga peluang terjadinya keringat berlebih akan berkurang. Cara menggunakannya:

  • Cara 1: Genggam kantong teh yang masih basah di telapak tangan selama 5 menit. Lakukan 2 atau 3 kali sehari
  • Cara 2: Siapkan satu mangkok besar air teh dari kantong teh sisa. Dinginkan dan celupkan tangan dan kaki anda ke dalamnya selama 30 menit. Lakukan 2 kali sehari.
  • Cara 3: jangan lupa minum 2 hinga 3 cangkir teh hitam setiap hari.
Manfaat teh hitam untuk mengatasi tangan dan kaki berkeringat (Fotolia)

Manfaat teh hitam untuk mengatasi tangan dan kaki berkeringat (Fotolia)

Tips Mengatasi Tangan dan Kaki Berkeringat dengan Pola Makan

Salah satu penyebab keringat berlebih pada telapak tangan dan kaki adalah kekurangan magnesium di dalam tubuh. Magnesium berfungsi mengendalikan aktivitas kelenjar keringat untuk mencegah produksi keringat berlebih, sekaligus menetralisir zat-zat kimia penyebab bau tidak sedap. Jadi, untuk mengendalikan hyperhidrosis, anda harus memeriksakan terlebih dahulu kadar magnesium dalam tubuh anda.

Jika ternyata anda kekurangan magnesium, maka anda harus mengkonsumsi makanan yang gaya magnesium, seperti almond, pisang, kacang-kacangan, biji labu, tahu, susu soya, kentang (dengan kulitnya), yogurt, gandum utuh, dan sayuran berdaun hijau. Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen magnesium citrate (400 mg), namun pastikan anda konsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Itulah beberapa cara alami yang bisa anda lakukan sebagai cara mengatasi tangan dan kaki berkeringat atau hyperhidrosis. Dengan produksi keringat normal, maka rasa percaya diri anda akan kembali lagi – tanpa telapak tangan yang basah dan tanpa bau kaki. Selamat mencoba.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

Obat mengobati gondongan pd anak; cara mengatasi kaki berkeringat; mencari obat ramuan untuk ambeien atau wasir; Obat alami wasir atau ambeien; ramuan jawa untuk ambeien; tanaman menurunkan panas;

Content Protection by DMCA.com