Cara Mengatasi Tangan dan Kaki Berkeringat – Bagian 1

Anda mungkin merasa minder untuk bersalaman dengan orang lain karena telapak tangan anda kerap basah. Atau, apakah anda merasa malu membuka sepatu di depan umum karena takut bau telapak kaki anda menyebar? Anda tidak sendiri. Banyak orang lain yang mengalami masalah serupa, yakni telapak tangan dan kaki yang kerap berkeringat. Sebelum membahas cara mengatasi tangan dan kaki berkeringat, ada baiknya anda mengetahui kenapa telapak dan tangan anda kerap basah.


Cara mengatasi tangan dan kaki berkeringat (Shutterstock)

Cara mengatasi tangan dan kaki berkeringat (Shutterstock)

Cara Mengatasi Tangan dan Kaki Berkeringat: Apa Penyebabnya?

Keringat berlebih kerap dipengaruhi oleh suhu di sekitar anda, tingkat aktivitas, maupun stress. Dalam istilah medis, kondisi ini dikenal dengan hyperhidrosis, sebuah kondisi yang dapat menyerang hampir semua bagian tubuh. Namun, bagian yang paling kerap dipengaruhi adalah tangan, telapak kaki, ketiak, dan wajah.

Penyebab utama dari keringat berlebih ini adalah overaktivitas saraf yang memicu kelenjar keringat. Biasanya, overaktivitas ini dipicu oleh obat-obatan tertentu, obesitas, penggunaan zat tertentu, gula darah rendah, tiroid yang overaktif, serangan jantung, atau penyakit menular seperti malaria dan tuberculosis. Bahkan, kekurangan gizi, diet yang tidak sehat, serta gaya hidup yang tidak higienis pun bisa mempengaruhi produksi keringat berlebih ini.

2 Bahan Alami sebagai Cara Mengatasi Tangan dan Kaki Berkeringat 

Hyperhidrosis memang kerap menimbulkan rasa tidak nyaman, keresahan, dan rasa malu. Namun, sejumlah bahan herbal yang sederhana ternyata dapat digunakan sebagai obat telapak tangan dan kaki berkeringat, antara lain:

Khasiat cuka apel untuk mengatasi telapak tangan dan kaki berkeringat (Fotolia)

Khasiat cuka apel untuk mengatasi telapak tangan dan kaki berkeringat (Fotolia)

Cuka Apel

Salah satu obat herbal yang paling efektif untuk mengatasi telapak tangan dan kaki berkeringat adalah cuka apel. Obat herbal ini mengandung, Jika dikonsumsi, cuka apel membantu menjaga keseimbangan pH tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh untuk mengatasi obesitas yang merupakan salah satu penyebab hyperhidrosis. Cara menggunakannya adalah:

  • Cuci bagian yang berkeringat dengan air suam-suam kuku.
  • Kemudian, gunakan kapas untuk mengoleskan cuka apel ke bagian tersebut. Biarkan semalaman.
  • Paginya, mandi dan oleskan baby powder pada bagian tubuh yang berkeringat.
  • Atau, anda juga bisa mencampurkan cuka apel dengan air mawar dan oleskan pada bagian yang berkeringat 2 hingga 3 kali sehari.
  • Pilihan lainnya adalah mencampur 1 hingga 2 sendok teh cukaa apel dengan sedikit madu ke dalam satu gelas air suam kuku dan minum dua kali sehari.

Air Perasan Jeruk Lemon

Lemon adalah obat alami telapak tangan dan kaki berkeringat berikutnya, karena sifatnya sebagai deodorant alami. Selain itu, lemon membantu membasmi bakteri dan mencegah bau kurang sedap. Caranya:

Khasiat lemon untuk mengatasi telapak tangan dan kaki berkeringat (Fotolia)

Khasiat lemon untuk mengatasi telapak tangan dan kaki berkeringat (Fotolia)

  • Cara 1: Peras jeruk lemon dan campurkan dengan 1 sendok teh baking soda. Campur hingga membentuk pasta. Oleskan pada area yang berkeringat. Biarkan 10 menit dan kemudian cuci. Lakukan satu kali sehari.
  • Cara 2: masukkan air perasan 1 buah jeruk lemon ke dalam 1 cangkir air. Celupkan kain bersih dan gosokkan ke area tubuh yang berkeringat. Biarkan selama 20 menit dan kemudian mandi. Lakukan sekali sehari.
  • Cara 3: campurkan sedikit garam pada irisan lemon dan gosokkan secara perlahan pada area yang berkeringat. Biarkan hingga kering. Cara ini membantu memperlambat aktivitas kelenjar keringat.

Jika anda menggunakan lemon sebagai cara mengatasi tangan dan kaki berkeringat, pastikan anda tidak langsung beraktivitas di bawah sinar matahari, karena lemon bisa membuat kulit anda sensitif terhadap sinar ultraviolet. Namun, efek ini hanya bersifat sementara. Setelah beberapa saat, anda bisa beraktivitas normal kembali.

Selain 2 bahan di atas, tentu masih ada sejumlah obat alami telapak tangan dan kaki berkeringat yang bisa anda coba. Nantikan pada artikel berikutnya………



Permasalahan yang ada dalam artikel :

kaki dan tangan berkeringat cuka apel;

Content Protection by DMCA.com