Cara Mengatasi Stress Pada Penderita Diabetes Mellitus

Meskipun bisa disembuhkan dengan beberapa terapi, namun penyakit diabetes mellitus merupakan sebuah jenis penyakit yang harus dijaga dan diperhatikan seumur hidup karena jenis penyakit yang kronis dan bisa mengancam nyawa kapanpun. Tak heran jika stress pada penderita diabetes mellitus bisa lebih memperburuk keadaan dan situasi dari penyakit sehingga Anda harus mencoba untuk mengatasinya demi mampu mendukung sebuah metode penyembuhan.


Cara Mengatasi Stress Pada Penderita Diabetes Mellitus (Shutterstock)

Cara Mengatasi Stress Pada Penderita Diabetes Mellitus (Shutterstock)

Jenis Stress Pada Penderita Diabetes Mellitus dan Cara Menguranginya

Pada dasarnya stres merupakan sebuah respon dan reaksi yang alami atau wajar terhadap sebuah kondisi apabila Anda merasa terancam. Dalam bahasa yang sederhana, bila Anda mengalami sebuah shock hebat atau sedang merasa kondisi terancam, maka organ yang terdapat dalam tubuh Anda akan melepaskan hormon pertumbuhan, adrenalin, dan kortisol. Hormon ini akan secara bertahap membantu Anda untuk bertahan dalam situasi sulit dan memungkinkan Anda untuk berjuang hidup.

Hormon stres yang dialami oleh seseorang akan meningkatkan tekanan darah beserta denyut jantung sehingga otak akan menyuruh organ lain untuk menyuplai lebih banyak oksigen dan juga gula ke dalam darah. Meningkatkan sistem pernapasan juga merupakan sebuah upaya untuk mampu menyuplai energi guna konversi energi. Sistem kekebalan tubuh pun akan segera diaktifkan dan memberikan oksigen pada bagian tubuh yang terluka jika menderita diabetes mellitus.

Untuk mengetahui cara mengatasi stress pada penderita diabetes, maka Anda harus mengetahui jenisnya. Baik penderita diabetes tipe 1 dan 2, tekanan mental yang berujung pada depresi merupakan suatu hal yang umum dan sering terjadi. Namun perlu diketahui jika stres mampu meningkatkan kadar gula dalam darah dan bisa menimbulkan berbagai macam komplikasi dari hiperglikemia atau suatu kondisi dimana kadar gula di dalam darah mengalami kenaikan yang melebihi dari batas normal.

Ketika kadar gula bertambah tinggi dan komplikasi karena stres, maka situasi yang buruk akan cepat terjadi sehingga kerja jantung menjadi lebih cepat, adanya sirkulasi yang sangat buruk sekaligus kerusakan pembuluh darah yang disebabkan kadar gula meningkat. Untuk mengurangi stres, maka cobalah sejenak tidak memikirkan tentang penyakit Anda dan tetap berpikir optimis jika penyakit bisa disembuhkan atau dikurangi resikonya sehingga stres tidak menguasai diri Anda.

Mengatasi Stress Akibat Penyakit Diabetes Mellitus

Dikarenakan stres timbul dan berasal dari dalam diri sendiri, maka cara terbaik untuk mengatasi stres dan diabetes mellitus adalah dengan menghindarinya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan:

  • Cobalah untuk tidak memikirkan hal negatif yang akan terjadi jika Anda menderita penyakit gula ataupun akibat ke depannya. Namun berpikirlah jika penyakit ini adalah sebuah ujian yang harus dilalui agar Anda merubah pola hoidup yang lama dengan pola hidup sehat.
  • Latihan pernapasan dan juga meditasi akan mampu mengendalikan stres Anda dan lebih memberikan suplai oksigen baik untuk pikiran dan hati.
  • Cobalah untuk meminta bantuan terapis atau keluarga untuk membantu Anda melepaskan stres.
  • Ambil waktu untuk berlibur sejenak dari tempat kerja untuk melepaskan stress akibat pekerjaan dan menikmati pemandangan alam bersama keluarga sehingga pikiran menjadi lebih rileks sekaligus tenang.
  • Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk berlibur karena kesibukan pekerjaan, maka Anda bisa berendam di kamar mandi dengan aromaterapi dan air hangat sehingga mampu menstimulasi aliran darah lebih lancar dan juga merelaksasi pikiran sehingga tidak terlalu stress.
  • Berolahraga juga bisa menjadi pilihan untuk Anda dalam menghilangkan stres sekaligus membuat sistem imun dalam tubuh menjadi lebih baik dan sehat. Otot-otot yang kaku akan menjadi lentur dan mampu menciptakan hormon endorphin yang mampu menenangkan pikiran akibat stres terkena diabetes mellitus.

Bila Anda mampu menjalankan beberapa cara mudah tersebut, maka stress pada penderita diabetes mellitus pun bisa diatasi dengan mudah sehingga Anda bisa mendapatkan proses penyembuhan yang cepat dan efektif.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

diabetes bisa disembuhkan dengan terapi hormon pertumbuhan; penderita diabetes melitus dilarang stress karena; cara menangani keluarga penderita diabetes melitus; sistem organ yg di lalui saat stres; penderita diabetes melitus dilarang menderita stress sebab stress akan; menghadapi penderita diabetes akut; menghadapi penderita diabetes; gambar pasien yang stres; cara menghidari kelebihan gula pada makanan pada penderita diabetesmellitus; cara menangani pasien yang stress karena ketakutan akan penyakit diabetes;

Content Protection by DMCA.com