Cara Mengatasi Epilepsi dengan Bahan Alami – Bagian 2

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi epilepsi atau serangan ayan. Di antaranya adalah minyak kelapa murni, air perasan jeruk nipis, dan bawang putih. Selain ketiga bahan tersebut, masih ada beberapa alternatif lain yang bisa anda gunakan untuk meringankan gejala ayan, baik pada diri anda sendiri maupun orang-orang tercinta di sekitar anda. Apa saja? Berikut ulasannya.


Cara mengatasi epilepsi secara alami (Fotolia)

Cara mengatasi epilepsi secara alami (Fotolia)

Cara Mengatasi Epilepsi Secara Alami di Rumah

Selain memanfaatkan obat herbal epilepsi, anda juga bisa memadukannya dengan perubahan pola hidup. Berikut adalah beberapa pilihannya:

Buah Kundur

Buah kundur atau yang dikenal dengan Beligo atau winter melon ternyata efektif untuk mengatasi epilepsi karena kandungan gizi maupun khasiat penyembuhan yang terdapat di dalamnya. Sayuran ini membantu menjaga kesehatan sistem saraf dan menjaga agar sel-sel otak tetap berfungsi dengan baik. Berikut adalah pilihan cara menggunakannya:

  • Minum ½ gelas jus buah kundur setiap hari di pagi hari sebelum sarapan. Untuk menambah rasanya, anda bisa menambahkan sedikit gula.
  • Cara lainnya adalah mengambil ekstrak dari satu mangkok buah kundur yang telah dihaluskan. Tambahkan dengan 2 sendok teh bubuk akar manis dan campurkan hingga rata. Minuman cairan ini sekali sehari.
Manfaat buah kundur untuk mengatasi epilepsi (Fotolia)

Manfaat buah kundur untuk mengatasi epilepsi (Fotolia)

Olah Raga

Olah raga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh secara umum, menambah energi, maupun menjaga kondisi mental. Ternyata, olah raga juga dapat membantu mencegah serangan ayan; pasalnya, aktivitas fisik dapat membantu melepaskan hormon positif ke otak dan meningkatkan aliran oksigen ke otak. Berikut adalah pengobatan alami epilepsi yang bisa anda lakukan melalui olah raga:

  • Lakukan stretching atau pemanasan setiap hari agar anda merasa rileks
  • Jalan kaki merupakan olah raga paling mudah dan aman untuk penderita epilepsi. Lakukan aktivitas ini selama 45 menit, setidaknya 4 kali seminggu
  • Renang adalah olah raga lain yang baik untuk penderita epilepsi
  • Aktivitas ringan, seperti berkebun dan aktivitas relaksasi lainnya juga baik untuk anda
  • Jangan lupa minum air putih sebelum dan setelah olah raga untuk mencegah dehidrasi.

Yoga

Yoga adalah praktik yang baik untuk menghilangkan stress, membuat fikiran anda rileks, dan bermanfaat untuk kesehatan secara umum bagi penderita epilepsi. Kombinasi latihan pernafasan, postur fisik, dan meditasi dapat membantu mengendalikan serangan ayan, serta mengurangi gejala epilepsi lainnya. Pose seperti Balasana, Nadi Shodhana, Sirsasana, Kapotasana, maupun Camatkarasana cocok untuk penderita epilepsi.

Manfaat akupuntur untuk mengatasi epilepsi

Manfaat akupuntur untuk mengatasi epilepsi

Akunpuntur

Akupuntur juga dikenal sebagai pengobatan yang baik untuk penderita epilepsi. Dalam akupuntur, tekanan diberikan pada titik-titik tertentu pada tubuh menggunakan jarum-jarum halus. Meski mekanisme kerjanya belum diketahui secara pasti, akupuntur dapat membantu mengubah aktivitas otak dan mengurangi resiko serangan ayan dengan mengembalikan aliran energi ke seluruh tubuh.

Vitamin

Selain mempraktekkan beberapa cara mengatasi epilepsi di atas, anda juga bisa membantu mengatasi gejala ayan dengan mengkonsumsi vitamin, seperti vitamin E yang membantu mengendalikan neuron. Epilepsi juga bisa terjadi karena kekurangan vitamin B1; jadi, konsumsi makanan yang kaya vitamin B1 atau suplemennya. Vitamin lainnya adalah B12, B6, dan D. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan vitamin dalam bentuk suplemen.

Tips cara mengatasi epilepsi lainnya adalah tidur cukup, mengendalikan stress dan menghindari situasi yang memicu stress, minum ½ gelas jus anggur setiap hari, membatasi atau menghindari konsumsi alkohol dan rokok, serta menghindari pemanis buatan. Jika serangan ayan sering terjadi, sebaiknya pasangkan gelang peringatan pada penderita, agar anggota keluarga tahu setiap kali terjadi serangan.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

bawang putih kendalikan epilepsi?; Jenis obat yang berdampak buruk bagi penderita epilepsi; kenapa perut terasa begah terus; obat menghilangkan penyakit maag;

Content Protection by DMCA.com