Cara Mengatasi Epilepsi dengan Bahan Alami – Bagian 1

Epilepsi atau ayan merupakan suatu gangguan neurologi yang menyebabkan serangan berulang-ulang. Episode ini bisa berlangsung singkat hingga lama, tergantung kondisi pasien. Sebelum membahas cara mengatasi epilepsi menggunakan bahan-bahan alami, ada baiknya diulas sedikit tentang gejala maupun pemicu penyakit ini. Serangan epilepsi biasanya terjadi karena ledakan aktivitas elektrik yang tidak normal di dalam otak. Meski demikian, para ahli masih mencari apa sebenarnya penyebab epilepsi.


Cara mengatasi epilepsi (Fotolia)

Cara mengatasi epilepsi (Fotolia)

Penyebab dan Gejala Epilepsi

Gejala utama epilepsi adalah serangan berulang yang terjadi tanpa tanda-tanda yang spesifik. Akibatnya, penderita mengalami kejang dan kesulitan mengendalikan otot, gerakan, ucapan, pandangan, dan bahkan kesadaran. Kadang-kadang, penderita bahkan bisa pingsan dan hilang kesadaran. Umumnya, tanda awal epilepsi terlihat di awal masa kanak-kanak atau setelah usia 60 tahun. Meski demikian, epilepsi bisa terjadi kapan saja.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resikp epilepsi pada seseorang. Di antaranya adalah riwayat keluarga, cedera pada kepala, penyakit vaskuler, stroke, dementia, infeksi otak, tumor otak, keracunan tembaga, atau kelainan yang terjadi saat bayi dalam kandungan. Serangan epilepsi mungkin sangat menakutkan, namun biasanya tidak menimbulkan penyakit kejiwaan atau kelemahan secara intelektual.

Cara Mengatasi Epilepsi dengan Bahan Alami

Untungnya, epilepsi bisa dikendalikan dengan menggunakan obat-obatan, perubahan gaya hidup, maupun menggunakan bahan-bahan herbal. Nah, berikut adalah  beberapa pilihan pengobatan alami epilepsi yang bisa anda siapkan di rumah. Meski demikian, obat-obatan herbal di bawah ini bukanlah pengganti obat yang diberikan oleh dokter:

Cara mengatasi epilepsi dengan minyak kelapa murni (Fotolia)

Cara mengatasi epilepsi dengan minyak kelapa murni (Fotolia)

Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa sangat efektif untuk mengatasi epilepsi. Asam lemak yang terkandung di dalamnya memiliki efek terapis yang bermanfaat untuk sel-sel otak. Pasalnya, minyak kelapa menjadi sumber energi bagi sel-sel otak, sehingga penyembuhan gejala epilepsi menjadi lebih mudah dan cepat. Cara menggunakannya adalah:

  • Berikan 1 sendok teh minyak kelapa murni sebanyak 3x sehari kepada penderita. Anda bisa menaikkan dosisnya secara perlahan, hingga beberapa sendok makan per hari.
  • Atau, gunakan minyak kelapa murni untuk memasak atau untuk salad.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan bahan yang sangat populer digunakan untuk berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Siapa sangka jika buah sitrus ini juga merupakan obat herbal epilepsi? Jeruk nipis membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak, sekaligus menormalisasi kalsium berlebih yang dapat mengganggu fungsi otak. Ada dua cara menggunakannya, yakni:

  • Campurkan dua sendok makan air jeruk nipis segar dengan ½ sendok teh baking soda di dalam segelas air. Minum setiap hari sebelum tidur
  • Anda juga bisa mengoleskan air jeruk nipis segar ke kepala dan pijat perlahan dan merata selama beberapa menit. Lakukan hal ini setiap hari sebelum mandi.
Cara mengatasi epilepsi dengan bawang putih (Fotolia)

Cara mengatasi epilepsi dengan bawang putih (Fotolia)

Bawang Putih

Bawang putih juga sangat bermanfaat untuk mengatasi epilepsi. Pasalnya, bawang putih kaya akan khasiat anti-oksidan, anti-kejang, dan anti-inflamasi yang membantu menghancurkan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Bawang putih juga diketahui dapat meningkatkan fungsi sistem saraf, dan pada akhirnya mencegah serangan maupun gejala epilepsi. Cara menggunakannya adalah:

  • Campurkan ½ mangkok air dan susu. Panaskan hingga mendidih. Tambahkan 4-5 siung bawang putih yang sudah dihancurkan dan rebus hingga cairan tersebut tinggal separuhnya. Saring dan minum sekali sehari.
  • Atau, konsumsi suplemen bawang putih setiap hari. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui dosis yang sesuai untuk anda.

Itulah beberapa pilihan cara mengatasi epilepsi dengan bahan alami. Tentunya, masih ada pilihan bahan alami lain yang dapat membantu mengatasi gejala epilepsi pada anda maupun anggota keluarga anda tercinta. Nantikan pada artikel berikutnya………….



Permasalahan yang ada dalam artikel :

bawang putih untuk mencegah epilipsi; manfaat bawang putih untuk epilepsi; minyak kelapa untuk epilepsi;

Content Protection by DMCA.com