Cara Mengatasi Depresi Dengan Makanan dan Minuman – Bagian 2

Pada artikel sebelumnya, bahan alami yang dibahas sebagai cara mengatasi depresi adalah almond dan teh hijau. Keduanya merupakan makanan/minuman yang cukup akrab di telinga anda, bukan? Namun, masih ada sejumlah makanan maupun minuman lain yang bisa anda konsumsi untuk mengatasi stress yang dapat mengganggu konsentrasi saat bekerja, hubungan personal, maupun kehidupan sosial anda. Jika tidak ditangani secara serius, depresi juga dapat memicu keadaan yang lebih buruk.


Cara alami mengatasi depresi (Fotolia)

Cara alami mengatasi depresi (Fotolia)

Makanan Sebagai Cara Mengatasi Depresi

Jika anda sedang mengalami depresi yang mengganggu, berikut adalah beberapa pilihan bahan makanan yang bisa anda padukan pada menu harian anda sebagai cara mengatasi depresi secara alami.

Telur

Makanan yang populer untuk sarapan ini kaya akan protein dan zat gizi lainnya, dan ternyata telur juga efektif untuk menatasi depresi. Telur merupakan sumber zinc – suatu mikronutrient yang sangat penting bagi tubuh untuk mendorong produksi maupun fungsi neurotransmiter. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan zinc seperti telur, anda bisa mengatasi kekurangan zinc, depresi, serta kemungkinan penyakit lainnya.

Selain kaya akan zinc, telur juga merupakan sumber vitamin D. Seperti diketahui, kekurangan Vitamin D berkaitan dengan depresi dan masalah kesehatan mental lainnya. Kemudian, telur juga kaya akan vitamin B12, yang membantu proses pembentukan sel-sel darah merah serta menjaga kesehatan sistem saraf. Anda bisa mengkonsumsi telur rebus, telur matasapi, maupun telur dadar.

Manfaat telur untuk mengatasi depresi (Fotolia)

Manfaat telur untuk mengatasi depresi (Fotolia)

Salmon

Ikan air dingin, seperti salmon, kaya akan asam lemak omega 3, yang membantu mengatasi depresi. Penderita depresi umumnya kekurangan asam lemak ini. Jadi, dengan mengkonsumsi salmon, maka fungsi otak akan lebih optima dan resiko peradangan juga semakin kecil. Ikan salmon mengandung 2 jenis asam lemak omega 3 yang sangat penting, yakni docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA).

Keduanya ditemukan dalam konsentrasi yang tinggi di dalam jaringan otak dan berperan penting terhadap fungsi syaraf dan pengaturan suasana hati. Salmon baik untuk kesehatan secara keseluruhan, karena dapat memperbaiki sirkulasi darah serta mengurangi resiko penyakit jantung. Selain salmon, ikan air dingin lainnya yang kaya asam lemak omega 3 adalah tuna dan sarden.

Pisang

Kapan saja anda merasa tertekan atau depresi, konsumsilah 1 atau 2 buah pisang. Mengkonsumsi pisang dikenal sebagai cara mudah mengatasi depresi. Buah ini kaya akan tryptophan, yang diketahui dapat meningkatkan kadar serotonin di dalam tubuh. Selain itu, pisang membantu produksi tyrosine, yang merupakan penopang norepinephrine dan dopamine. Keduanya merupakan neurotransmitter yang sangat penting dan dapat mempengaruhi suasana hati.

Khasiat pisang untuk mengatasi depresi (Fotolia)

Khasiat pisang untuk mengatasi depresi (Fotolia)

Selain itu, pisang mengandung vitamin B6, yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi serotonin dari tryptophan. Pisang juga mengandung empat jenis vitamin B lainnya, yakni riboflavin (B2), thiamin (B1), folate (B9), dan niacin (B3). Selanjutnya, anda juga bisa mengatasi insomnia dan gejala depresi lainnya dengan mengkonsumsi pisang. Oleh sebab itu, cobalah mengkonsumsi pisang dan lanjutkan dengan segelas susu hangat sebelum tidur.

Coklat

Coklat hitam (dark chocolate) juga dapat meningkatkan kadar serotonin di dalam tubuh. Kualitas serotonin ini hampir sama dengan anti-depresan. Coklat juga mengandung karbohidrat yang bersumber dari gula. Selain itu, coklat dapat memperlambat produksi hormon stress, dan pada akhirnya akan mengurangi rasa resah. Bahkan, konsumsi coklat dapat mengurangi efek sindrom kelelahan kronis, berkat kandungan flavonoid.

Itulah beberapa makanan yang bisa anda konsumsi sebagai cara mengatasi depresi tanpa harus berobat ke dokter. Biasakanlah mengkonsumsi makanan tersebut jika anda merasa sedang berada pada kondisi yang dapat memicu stress.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

6bat buat gatal 2; obat alami depresi; OBAT TRADISIONAL GATAL2; Ramuan tradisional paru-paru;

Content Protection by DMCA.com