Cara Mengatasi Depresi Dengan Makanan dan Minuman – Bagian 1

Ketika anda mengalami rasa sedih yang berlebihan, merasa putus asa, kehilangan harapan, dan merasa tidak berarti sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari, anda mungkin sedang mengalami depresi. Jika anda mengalami gejala yang mengarah pada depresi klinis yang serius, anda tentu cara mengatasi depresi secara efektif dan cepat. Pasalnya, depresi dapat memicu gejala yang serius hingga dapat mempengaruhi perasaan, fikiran, dan rutinitas harian anda, seperti tidur, makan, maupun pekerjaan.


Cara mengatasi depresi secara alami (Fotolia)

Cara mengatasi depresi secara alami (Fotolia)

Sebelum menemui dokter untuk membahas masalah yang anda alami, anda bisa mencoba cara alami mengatasi depresi. Di antaranya adalah melalui makanan dan minuman yang anda konsumsi sehari-hari. Pasalnya, sejumlah makanan/minuman diketahui mengandung zat yang dapat membantu menenangkan fikiran. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, tentunya pikiran anda tidak perlu terbebani, karena anda tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan dan tidak perlu menemui dokter secara rutin. Berikut adalah beberapa pilihannya untuk anda:

Cara Mengatasi Depresi dengan Teh Hijau

Siapa yang tidak kenal dengan teh hijau? Minuman ini cukup akrab di masyarakat modern saat ini. Ternyata, teh hijau dapat mengurangi resiko depresi, karena kandungan antioksidan dan asam amino yang kaya di dalamnya. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa orang-orang yang lebih sering mengkonsumsi teh hijau memiliki prevalensi lebih rendah untuk mengalami gejala-gejala depresi.

Khasiat teh hijau untuk menangani depresi (Fotolia)

Khasiat teh hijau untuk menangani depresi (Fotolia)

Efek psikiatrik pada teh hijau ditemukan berkaitan dengan komponen asam amino bernama theanine. Asam amino ini mengandung khasiat psikoaktif yang membantu mengurangi stress dan meningkatkan kadar dopamine di dalam otak.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di tahun 2014 pada Nutritional Neuroscience menunjukkan efek positif theanine di dalam teh hijau dalam pengobatan penyakit-penyakit psikiatri dan neurodegeneratif, termasuk depresi, bipolar disorder, dan schizophrenia. Jadi, untuk meminimalisir resiko depresi, biasakanlah minum 3 hingga 4 cangkir teh hijau.

Cara Mengatasi Depresi dengan Almond

Makanan lain yang baik untuk mengatasi depresi adalah almond. Efek ini berhubungan dengan kandungan magnesium yang kaya di dalamnya. Magnesium mempengaruhi produksi serotonin, yang juga dikenal dengan zat kimia ‘mood baik’ di dalam otak. Mineral ini juga mempengaruhi produksi energi tubuh secara keseluruhan. Faktanya, rendahnya kadar magnesium di dalam tubuh berkaitan dengan depresi dan gangguan suasana hati lainnya.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2006 di Medical Hypothesis menunjukkan bahwa kekurangan magnesium adalah penyebab utama depresi dan masalah kesehatan mental lainnya. Jadi, makanan yang kaya magnesium, seperti almond, merupakan pilihan cara menangani depresi secara sehat.

Khasiat almond untuk mengatasi depresi (Fotolia)

Khasiat almond untuk mengatasi depresi (Fotolia)

Zat gizi lain yang bermanfaat di dalam almond adalah selenium, yang berfungsi mengurangi gejala-gejala depresi. Selenium berperan dalam produksi hormon tiroid untuk mengatasi penurunan fungsi tiroid. Pasalnya, berkurangnya fungsi tiroid ditemukan berkaitan dengan gejala-gejala depresi. Selain itu, almond kaya akan zinc, sebuah mineral yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas dan mendorong produksi serta fungsi neurotransmitter.

Jadi, biasakanlah mengkonsumsi 23 butir kacang almond setiap hari dan anda akan melihat perubahan positif pada suasana hati. Anda bisa menikmati almond sebagai snack sehat dan mencampurnya dengan yogurt rendah lemak, maupun buah-buahan segar.

Selain teh hijau dan kacang almond, tentunya masih banyak makanan lain yang dapat anda konsumsi sebagai cara mengatasi depresi dengan cara yang lebih menyenangkan. Sebagian besar di antaranya sudah akrab dalam kehidupan sehari-hari anda. penasaran? Simak terus pembahasannya dalam artikel berikutnya.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

membuat ramuan obat lambung;

Content Protection by DMCA.com