Cara Mengatasi Batuk Kronis dengan Bahan Alami di Rumah

Batuk tentunya merupakan gangguan kesehatan yang sangat mengganggu, meski tidak dianggap sebagai kondisi yang fatal. Batuk dapat mengganggu kenyamanan anda, apalagi jika terjadi dalam waktu lama alias kronis. Sebelum membahas cara mengatasi batuk menggunakan bahan-bahan alami, tidak ada salahnya mengenal lebih jauh tentang batuk kronis.


Cara Mengatasi Batuk Kronis (Shutterstock)

Cara Mengatasi Batuk Kronis (Shutterstock)

Batuk umunya dikelompokkan menjadi dua, yakni batuk akut yang bisa berlangsung hingga 3 minggu dan batuk kronis yang bisa berlangsung lebih dari 8 minggu. Terkadang, ada juga yang menambah satu kategori lagi, yakni batuk sub-akut, untuk kasus yang terjadi antara 3 hingga 8 minggu.

Cara Mengatasi Batuk Kronis Secara Alami

Batuk kronis adalah suatu kondisi kesehatan yang cukup sering terjadi. Meski tidak mematikan, kondisi ini akan sangat mengganggu dan membuat penderita harus bolak-balik ke dokter. Nah, berikut adalah beberapa pilihan obat batuk kronis alami yang bisa anda coba di rumah:

Madu

Penggunaan madu untuk mengobati batuk kronis telah lama dikenal dalam praktek pengobatan tradisinal Cina. Madu merupakan salah satu expectorant alami yang bekerja untuk memperlancar aliran mucus (atau dahak). Cara menggunakannya sangat simple: campurkan 1 sendok makan madu dengan secangkir air hangat. Anda juga bisa mencampurkan beberapa tetes air lemon sebelum diminum, dan minum selagi hangat.

Obat batuk kronis alami dengan madu dan lemon (Fotolia)

Obat batuk kronis alami dengan madu dan lemon (Fotolia)

Bawang Putih

Banyak orang yang tidak menyukai aroma bawang putih, apalagi jika harus mengkonsumsinya dalam keadaan mentah. Namun, siapa sangka jika bawang putih ternyata salah satu bahan yang efektif untuk mengobati batuk kronis. Bawang putih digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional karena khasiat yang kaya di dalamnya, seperti khasiat antibiotik dan anti-virus, serta khasiatnya sebagai ekpektoran alami. Dengan mengkonsumsi abwang putih, bakteri bandel dan akumulasi cairan di dalam tenggorokan akan didorong keluar.

Merica

Rasanya yang pedas membuat banyak orang enggan mengkonsumsi mereka. Namun, khasiat alami yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat bagi penderita batuk kronis, khususnya batuk yang disertai dahak kental. Merica merangsang aliran mucus di saluran nafas dan sinus. Cara menggunakan obat batuk kronis alami ini juga cukup sederhana:

  • Masukkan 1 sendok teh merica hitam ke dalam mangkok
  • Tambahkan 1 sendok makan madu alami untuk mengurangi rasa pedasnya
  • Tambahkan satu gelas air mendidih ke dalam mangkok, dan biarkan hingga menguap selama 10 hingga 15 menit
  • Aduk rata dan minum selagi hangat.

Jahe

Jahe kaya akan khasiat anti-virus. Tidak heran jika jahe dianggap sama khasiatnya dengan licorice dan adas manis untuk mengatasi batuk kronis. Anda bahkan bisa menggunakan ketiga bahan tersebut sekaligus. Caranya:

  • Campurkan dua sendok teh jahe segar yang dihaluskan dengan dua sendok teh biji adas manis dan akar licorice kering
  • Rebus campuran bahan tersebut di dalam dua mangkok air
  • Tutup ramuan dan biarkan menguap selama 10-15 menit, dan saring
  • Tambahkan dua sendok teh madu untuk menambah rasanya
  • Minum ramuan tersebut dalam interval 2 jam, dengan dosis maksimal 3 mangkok penuh setiap harinya.
Contoh makanan yang kaya vitamin B12 (Shutterstock)

Contoh makanan yang kaya vitamin B12 (Shutterstock)

Permen Pelega Tenggorokan

Permen pelega tenggorokan (lozenge) juga dapat membantu melegakan tenggorokan dan mengurangi reflex batuk. Sejumlah studi klinis juga menunjukkan bahwa permen ini dapat mendinginkan dan melegakan tenggorokan dengan mengkonsumsinya bersama teh hangat yang dicampur madu.

Selain menggunakan 5 pilihan obat batuk kronis alami di atas, pastikan anda atau penderita mengkonsusi makanan yang bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan. Konsumsi makanan yang kaya vitamin B12 adalah cara mengatasi batuk melalui pola makan yang tepat. Vitamin ini banyak terdapat pada bahan makanan dari daging, telur, susu, ikan, dan produk susu lainnya.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

obat batuk kronis; cara mengobati batuk kronis; cara menghilangkan batuk kronis; obat herbal batuk kronis; Obat herbal untuk batuk kronis; cara menyembuhkan batuk kronis; mengobati batuk kronis; obat alami batuk kronis; obat batuk akut; obat tradisional batuk kronis;

Content Protection by DMCA.com