Cara Mencegah Penyakit Jantung Dengan Pola Hidup Sehat

Serangan jantung yang dipicu oleh penyakit jantung koroner adalah salah satu penyakit yang paling banyak membunuh orang di dunia. Penyakit ini terjadi karena penyempitan pembuluh darah yang mempunyai tugas menyalurkan oksigen dan darah ke jantung dan otak. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara mencegah penyakit jantung, mengingat salah satu penyebab penyakit ini semakin banyak menjangkiti masyarakat di tanah air karena kurangnya informasi atas penyakit yang bersangkutan, pola hidup dan pola makan tidak sehat yang dilakukan secara terus-menerus, dan kebiasaan buruk merokok serta mengonsumsi alkohol.

Cara alami mencegah penyakit jantung - Digjamaica

Cara alami mencegah penyakit jantung – Digjamaica

Cara Mencegah Penyakit Jantung Dengan Gaya Hidup

Sebelum membahas tentang cara mencegah penyakit jantung sejak dini, akan lebih baik bila Anda mengetahui terlebih dahulu gejala-gejala yang dirasakan bila mengidap penyakit jantung koroner. Bila Anda sering merasakan rasa nyeri pada dada, merasa lelah walaupun tak banyak melakukan aktifitas fisik, nafas sering terengah-engah atau sesak, dan bagian jantung terasa seperti diremas, maka Anda layak waspada. Ini adalah gejala umum orang yang mengalami gangguan pada jantungnya. Jangan mengabaikan rasa nyeri pada jantung, karena akibatnya bisa sangat fatal bila sewaktu-waktu terjadi serangan.

Sebagai tindakan antisipasi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, yaitu: cara paling mudah untuk memeriksa kondisi jantung adalah dengan melihatnya saat Anda tengah menggunakan treadmill di pusat kebugaran:

  • Setiap hari usahakan untuk memenuhi pola makan sehat dan seimbang dengan lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya serat.
  • Kurangi atau hentikan sama sekali kebiasaan merokok, termasuk menghindari para perokok agar asapnya tak terhirup oleh Anda.
  • Kurangi makanan berkarbohidrat tinggi, seperti roti manis, nasi putih, pasta, mie, termasuk makanan berkadar gula tinggi.
Cara mencegah penyakit jantung - Forthoodsentinel

Cara mencegah penyakit jantung – Forthoodsentinel

  • Orang dengan kelebihan berat badan, mempunyai resiko lebih besar terserang jantung koroner dibandingkan mereka yang selalu menjaga tubuhnya tetap ideal. Kurangi konsumsi minyak yang mengandung omega 6, karena bahan ini berdampak buruk bagi pembuluh darah, juga dapat memicu hormon stres.
  • Konsumsi bahan makanan yang mengandung omega 3 yang terdapat pada minyak ikan karena dapat menyehatkan jantung Anda.
  • Terakhir, sebisa mungkin atasi efek buruk radikal bebas dengan mengonsumsi buah-buahan berjenis berry dan sayuran yang mengandung antioksidan.

Cara Mencegah Penyakit Jantung dan Pengobatan Alami

Untuk menjaga agar jantung tetap sehat sekaligus pengobatan alternatif cara mengobati penyakit jantung dengan alami, Anda dapat menggunakan bahan-bahan yang mudah diperoleh. Minyak buah merah dikonsumsi sehari sekali, buatlah jus melon dengan memblender buah melon dan 50 cc air matang lalu dikonsumsi rutin dua kali sehari setiap pagi dan sore, jus bawang putih dan madu juga dapat menjadi solusi bagi penyakit jantung, dan terakhir adalah jus semangka yang dikonsumsi dua kali sehari. Nah, tak sulit bukan menerapkan cara mencegah penyakit jantung dalam keseharian Anda?