Cara Membersihkan Hati Dengan Beberapa Jenis Makanan

Hati merupakan organ yang tergolong vital bagi tubuh kita sehingga harus dijaga agar tetap sehat dan salah satu metodenya adalah menerapkan cara membersihkan hati dengan beberapa jenis makanan. Tetapi sebelumnya penting bagi Anda untuk mengetahui fungsi hati, yaitu untuk memproduksi protein sintesis, menghasilkan biokimia yang berguna untuk proses pencernaan, mengatur metabolisme kolesterol, menghilangkan kelebihan cairan empedu, serta mendetoks atau mengeluarkan racun yang diserap oleh usus yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari.


Cara Membersihkan Hati (Fotolia)

Cara Membersihkan Hati (Fotolia)

Terganggunya kesehatan hati bisa memicu komplikasi gangguan kesehatan yang lebih serius seperti infeksi oleh virus hepatitis B, hepatitis C, sirosis hati, hingga kanker hati dan penyakit metabolik lainnya. Ada beberapa ciri orang yang perlu melakukan detoks hati, antara lain adalah, terdapat lingkaran gelap di bawah mata, bab tak teratur, terjadi masalah kulit seperti jerawat batu, eksim, gatal-gatal, perut terasa tidak nyaman dan tak bernafsu makan, bau badan dan bau mulut, sering merasa lelah, dan perut membuncit.

Beberapa Jenis Makanan Sebagai Cara Membersihkan Hati

Menyiram hati atau membersihkan hati sesungguhnya adalah prosedur sederhana yang akan membantu kita untuk meningkatkan kinerja sistem pencernakan. Dengan sendirinya masalah kesehatan akan berakhir bila hati kita bersih. Nah, inilah beberapa makanan untuk membersihkan hati yang bisa menjadi referensi kesehatan Anda.

Wortel

Sayuran berwarna orange yang satu ini kaya akan glutathione atau protein yang menunjang proses detoksifikasi hati. Selain itu kandungan vitamin A dan K dalam dosis tinggi juga membantu membersihkan organ vital ini.

Manfaat wortel dan tomat untuk membersihkan hati (Fotolia)

Manfaat wortel dan tomat untuk membersihkan hati (Fotolia)

Teh Hijau

Cara sehat membersihkan hati yang berikutnya adalah dengan mengonsumsi teh hijau. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau atau catechin berfungsi untuk membersihkan serta meningkatkan fungsi hati. Teh hijau juga dapat mencegah terjadinya kanker.

Tomat

Dalam sayuran ini terdapat 169 miligram glutathione per porsi yang bisa menunjang proses detoksfikasi hati. Tak hanya itu, tomat juga mengandung likopen yang berkhasiat untuk menunjang efek buruk radikal bebas yang salah satunya adalah memicu kanker.

Jeruk

Buah ini cukup banyak digemari karena sangat menyegarkan baik dikonsumsi secara langsung atau dibuat menjadi jus. Vitamin C adalah kandungan dalam buah jeruk yang paling populer walaupun sesungguhnya dalam buah bercitarasa asam manis ini juga terdapat glutathione sekitar 70 miligram yang bisa membantu menyehatkan hati. Buah jeruk lemon juga bisa berfungsi sebagai tonik hati bila dikonsumsi di pagi hari saat perut kosong dengan dicampur air hangat. Minuman ini berkhasiat untuk menguatkan hati Anda sekaligus membasuh lendir sisa pencernakan Anda setelah semalaman hati kita berjuang untuk meluruhkan racun dalam tubuh.

Bayam

Sayuran hijau ini mengandung  166 miligram glutathione per porsinya bila dikonsumsi dalam keadaan mentah. Jadi ingatlah untuk tak mengolahnya terlalu lama agar kandungan nutrisi yang berfungsi untuk menjaga kesehatan hati kita tersebut tidak rusak.

Manfaat bayam untuk membersihkan hati (Fotolia)

Manfaat bayam untuk membersihkan hati (Fotolia)

Selain beberapa bahan makanan yang telah disebutkan di atas, jenis makanan lain yang juga berguna untuk menjaga organ hati adalah selenium, bawang putih, jahe, beras coklat, kacang-kacangan, jambu mete, kacang merah, beras pasta, anggur, brokoli, kembang kol, serta lobak. Agar proses pembersihan hati ini bisa berjalan dengan maksimal sebaiknya pilihlah bahan-bahan alami organik dan segar. Dengan demikian seluruh kandunan nutrisi dan enzimnya akan terserap sempurna dalam tubuh. Semoga ulasan tentang cara membersihkan hati ini bisa menambah wawasan Anda.



Permasalahan yang ada dalam artikel :

cara mengobati lambung; buah membersihkan hati dari virus; ciri c makanan terserap sempurna;

Content Protection by DMCA.com