Cara Diet yang Sehat pada Penderita PCOS

Polycystic Ovarium Syndrome, atau sindrom ovarium polikistik, merupakan gejala pada wanita yang menganggu keseimbangan kadar hormonal di mana tubuh memproduksi androgen atau hormon laki-laki secara berlebihan. Yang paling terlihat dari gejala ini adalah wajah yang berminyak dan rambut tumbuh secara berlebihan. Selain itu wanita dengan sindrom ini juga mengalami gangguan haid. Para ahli kesehatan mempunyai cara diet yang sehat bagi penderita PCOS, terutama bagi mereka yang ingin cepat hamil. Diet di sini bukanlah untuk menurunkan berat badan, namun untuk menghindari gangguan metabolisme.

Cara diet yang sehat bagi penderita PCOS - Shutterstock

Cara diet yang sehat bagi penderita PCOS – Shutterstock

Cara Diet yang Sehat Bagi Penderita PCOS: Kendala Umum

Kendala umum yang sering ditemukan selama proses diet bagi penderita PCOS adalah mengatur pola makan yang sesuai anjuran. Selain itu menu makanan pada diet ini juga terbilang tidak umum, meskipun bahan-bahan dasarnya mudah ditemukan. Banyak penderita yang belum menerapkan pola dietnya secara rutin sehingga hasil yang didapat kurang maksimal.

Menu diet PCOS berbeda-beda di setiap waktu makan yang bahkan jam makannya juga sudah ditentukan. Seperti misalnya sarapan pagi sebaiknya antara jam 6 sampai jam 7. Selain menjalani program diet, penderita PCOS yang ingin cepat hamil juga disarankan mengonsumsi suplemen seperti ovumgel, fertilmom, atau capsules.

Makanan kaya sehat untuk penderita PCOS - Shutterstock

Makanan kaya sehat untuk penderita PCOS – Shutterstock

Rekomendasi cara diet bagi penderita PCOS

Untuk penderita PCOS, cara diet yang sehat dan cepat adalah dengan diet glikemik rendah. Diet glikemik rendah adalah penerapan pola makan yang mengutamakan makanan kaya serat dan tidak membuat kita cepat lapar; misalnya adalah makanan dengan karbohidrat kompleks dan kaya akan serat. Makanan yang rendah lemak dan tinggi karbohidrat seperti nasi putih, jagung, dan pasta putih, dipercaya tidak cocok bagi penderita PCOS. Berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa anda terapkan:

  • Makanan dengan glikemik rendah antara lain semua jenis kacang-kacangan, buah dan sayuran kecuali kentang dan semangka, pasta, yoghurt, dan roti kasar.
  • Berhenti mengonsumsi karbohidrat buruk seperti makanan berbahan tepung, termasuk buah-buahan yang mengandung zat tepung seperti jagung dan pisang
  • Penderita PCOS juga bisa mengonsumsi gandum murni dalam jumlah yang sedikit namun harus bebas gluten.
  • Penderita PCOS juga sebaiknya menghindari segala jenis pemanis buatan apalagi minuman soda. Konsumsi rempah-rempah seperti kunyit dan kayu manis pada menu makanan untuk meningkatkan rasa.
  • Seperti program diet pada umumnya, diet PCOS juga merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan berserat untuk memperlambat laju penyerapan gula darah.
Contoh menu diet penderita PCOS – Shutterstock

Contoh menu diet penderita PCOS – Shutterstock

Cara diet yang sehat pada penderita PCOS intinya adalah menjaga keseimbangan hormon. Minum air putih yang banyak juga sangat direkomendasikan dalam diet ini. Terutama bagi yang ingin cepat hamil, jalanilah diet dengan senang dan rutin untuk hasil yang terbaik.