Cara Diet Tanpa Nasi dan Alternatif Sumber Karbohidrat

Banyak orang yang ingin berpenampilan menarik sehingga mereka melakukan berbagai cara termasuk diet ketat. Salah satunya adalah melakukan diet tanpa nasi. Diet ini dianggap cukup efektif bagi orang-orang yang ingin rendah gula dan lemak. Karbohidrat mengandung sumber gula dalam darah yang cukup tinggi; dan jika gula tersebut berlebih akan menjadi lemak yang tersimpan dalam tubuh, maka semakin banyak asupan karbohidrat semakin banyak pula asupan gula dalam darah.

Diet tanpa nasi - Shutterstock

Diet tanpa nasi – Shutterstock

Untuk itu, bagi yang melakukan diet ini, nasi bisa digantikan dengan menu-menu lain yang mengandung karbohidrat dengan indeks glikemiks lebih rendah. Diet tanpa makan nasi cukup banyak dilakukan para selebritis dan orang awam. Caranyapun bervariasi, ada yang mengganti nasi dengan karbohidrat lainnya seperti gandum, kentang dan lain-lain ada juga yang sama sekali tidak mengkonsumsi nasi.

Contoh Menu Diet Tanpa Nasi Dalam Satu Hari

Bagi orang Indonesia, nasi adalah sumber karbohidrat yang utama. Tubuh memang membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup sebagai sumber energi. Namun, nasi sebenarnya bisa digantikan oleh sumber karbohidrat lain. Berikut adalah contoh menu diet tanpa nasi dalam satu hari:

  • Sarapan: roti gandum satu lembar dan teh manis rendah kalori
  • Siang: kentang 1 buah yang direbus, sayur bening, tempe atau tahu
  • Malam: 1 buah jagung rebus dan buah apel
Kentang, sumber karbohidrat pengganti nasi - Shutterstock

Kentang, sumber karbohidrat pengganti nasi – Shutterstock

Untuk melakukan diet ini, selain mengganti nasi dengan karbohidrat yang lain juga harus perbanyak sayuran dan buah. Jika ingin hasil yang maksimal imbangilah dengan berolahraga rutin setiap hari. Dengan tidak adanya asupan nasi maka tubuh member ruang untuk penambahan porsi protein, vitamin, dan mineral yang berfungsi sebagai pembentukan otot. Ingat, untuk melakukan diet apapun asupan mineral seperti air harus selalu tercukupi.

Cara Diet Tanpa Nasi Dengan Olahraga Ringan

Seperti yang dijabarkan di atas, diet tanpa nasi ini tidak akan berhasil seratus persen jika anda hanya duduk diam tanpa melakukan aktifitas. Dikarenakan itu, imbangilah dengan berolahrga setiap hari agar tubuh anda sehat dan pembakaran lemak di dalam tubuh terjadi secara optomal. Jika anda memiliki aktifitas yang cukup padat, anda dapat melakukannya di sela-sela pekerjaan, seperti bersepeda menuju tempat kerja anda. Di akhir pekan anda memiliki waktu yang cukup luang anda bisa melakukan lari pagi atau yoga.

Diet tanpa nasi harus diimbangi olah raga dan minum air putih - Shutterstock

Diet tanpa nasi harus diimbangi olah raga dan minum air putih – Shutterstock

Jadi intinya, diet tanpa nasi bukan berarti menghilangkan asupan karbohidrat secara total di dalam tubuh tetapi mengganti nasi menggunakan jenis karbohidrat lainnya, seperti kentang, ubi, jagung, oatmeal, sereal dan lain-lain. Yang paling penting adalah cara pengolahannya. Asupan yang seimbang serta rutin berolahraga membuat tubuh anda sehat dan bugar. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mendapatkan berat badan ideal.